PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE DAN LATIHAN KETERAMPILAN PSIKOLOGIS PADA MATA KULIAH PSIKOLOGI OLAHRAGA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1593Kata Kunci:
Metode dan Latihan, Keterampilan Psikologis, Psikologi OlahragaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar metode dan latihan keterampilan psikologis yang dapat digunakan dalam mata kuliah psikologi olahraga. Dalam mata kuliah psikologi olahraga, teori dan teknik latihan psikologis sudah banyak dikenal dan tidak asing lagi, namun implementasinya dalam kurikulum pendidikan olahraga formal masih sangat minim. Mahasiswa seringkali hanya mendapatkan teori tanpa dibekali dengan panduan praktis yang dapat membantu mereka mengaplikasikan keterampilan tersebut dalam konteks nyata. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar yang tidak hanya berfokus pada teori tetapi juga melibatkan praktik keterampilan psikologis yang aplikatif menjadi sangat penting. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan psikomotorik mahasiswa mengalami peningkatan dari kategori rendah pada pretest menjadi sedang pada posttest. Inovasi dari penelitian ini terletak pada pengintegrasian teori dan latihan praktik, yang diharapkan dapat membantu mahasiswa, pelatih, dan praktisi olahraga dalam memahami dan melatih keterampilan psikologis secara efektif. Bahan ajar ini diharapkan dapat menciptakan peningkatan kualitas pelatihan keterampilan psikologis, yang pada akhirnya akan berdampak pada prestasi atlet di masa depan.
Unduhan
Referensi
Edo Erdian, A., & Ramdon Ginanjar, R. (n.d.). 2023. Pengembangan Media Audio Visual Untuk Perilaku Hidup Sehat Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas 2 Sd Negeri Poris Pelawad 3.
Firmansyah, G., Hariyanto, D., & Kurniawan, R. 2019. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1).
Habibi, A. I., Hartati, T. A. W., & Lestari, P. B. 2019. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) IKIP Budi Utomo Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 25(2), 6–11. https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.504
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Saputro, Y. D., & Wahyu, T. A. 2019. Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di IKIP Budi Utomo. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 35– 46. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019.pp35-46
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten