POTRET KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 1 SUSUT
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1626Kata Kunci:
Keterampilan Proses Sains, Siswa, Dan IPAAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami sejauh mana keterampilan proses sains dimiliki oleh siswa, terutama di jenjang pendidikan dasar, sebagai salah satu indikator efektivitas pembelajaran sains. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan proses sains siswa kelas IV di SDN 1 Susut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam dan kuantitatif bagaimana keterampilan proses sains tersebut berkembang di antara 31 siswa kelas IV, serta melibatkan satu guru kelas IV yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Metode penelitian meliputi penggunaan instrumen berupa lembar angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi guna mengumpulkan data yang relevan. Pada setiap alat tersebut sangat penting untuk membantu dalam mendapatkan sumber informasi tentang keterampilan proses sains. Metode analisis data ini yang dilakukan secara deskriptif, dan untuk mengukur hasil angket siswa, skala Likert digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data angket, distribusi keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 1 Susut adalah sebagai berikut: 48,39% siswa termasuk dalam kriteria Sangat Baik (SB), 38,71% dalam kriteria Baik (B), 9,67% dalam kriteria Cukup Baik (CB), dan 3,22% dalam kriteria Kurang Baik (KB). Analisis wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa meskipun keterampilan proses sains siswa sudah berada pada tingkat yang baik, masih diperlukan perbaikan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya dan membantu dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.
Unduhan
Referensi
Aulia, U. K., Nurlina, & Amal, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Inpres Malengkeri Bertingkat 1. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 211–228. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i2.1046
Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638
Devianty, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Cerita Rakyat pada Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. 13(3), 2985–2996.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Ester, T., Tyananda, B. A., & Prayoga, R. D. (2024). Dinamika Identitas Kewarganegaraan Dalam Konteks Globalisasi : Studi Kasus Di Era Digital. 2(3).
Haniva, P., Marta, R., & Rizal, M. S. (2024). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Siswa di Sekolah Dasar. 11(1), 89–104.
Hariyono, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 13(2), 488–494. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.289
Jelita, J., Suzana, Y., & Nuraida, N. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.16392
Marbun, Rini, Septriana, Yuliati, & Endri. (2024). Hubungan Pola Asuh Ibu dan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Danurejan I, Yogyakarta. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, June, 92–101. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/gojhes/index
Miadinar, M. G., & Supriyanto, C. (2021). Tingkat Kesehatan Mental di Tim Atletik Tulungagung selama Pandemi Covid-19 (Sifat Psikometri dan Varians DASS-21) pada Atlet Dan Non-Atlet. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(03), 31–40.
Murniwati, T. D., Hastuti, S., & Pamelasari, S. D. (2024). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Pembiasan Cahaya di SMPN 43 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 1589–1597.
Naofa, M. l, Zahari, I., Maq, M. M., Sidik, J., Kholik, N., & Muhammad, H. Z. (2023). Learning Objectives of Islamic Religious Education in Schools: the Role of the Teacher and Its Implications Based on Relevant Study. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 845–852. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1170
Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215–228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245
Nurillahi, N. D., Sukarso, A. A., Ayu, D., Rasmi, C., & Wahab Jufri, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi REACT Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Purwanti, E., & Heldalia, H. (2022). Korelasi Keterampilan Proses Sains Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pemantulan Pada Cermin Datar. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(4), 143–148. https://doi.org/10.37251/jee.v1i4.146
Putri, D. H., Khaidir, C., Nasution, S. P., & Fitri, A. (2013). Analisis Penilaian Ulangan Harian , Pengajaran Remedial Dan Pengayaan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sma Pgri 3 Padang. x(x), 1–5.
Ratna Sari, D., & Subrata, H. (n.d.). Efektivitas Media Video Animasi Motion Graphic Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS IV SDN WULUH 1 KESAMBEN. 1685–1694.
Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 2 Burneh. Natural Science Education Research, 4(3), 222–230. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8435
Sari, R. K. (2019). Viral Marketing : Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i2.488
Soraya, I., Agnesa, O. S., & Darmawan, A. (2024). Analisis Persepsi Guru Mengenai Efektifitas Pembelajaran Sains Berbasis Praktikum Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Sorong. 85–94.
Susanto, D. K. K. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11510.
Trisnawati, O. R. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sdn 2 Kaleng Tahun Ajaran 2017/2018. Ar-Rihlah Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3(2), 10–21. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/89
WIDJANARKO, B. (2021). Pemberdayaan Laboratorium Dan Sikap Siswa Di Laboratorium Dalam Pembelajaran Science Di Sekolah Menengah Atas Charitas Jakarta. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(2), 147–156. https://doi.org/10.51878/academia.v1i2.650
Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatiif, 4.
Zahro, F., & Maulida, A. N. (2023). Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal. Seminar Pendidikan Ipa Xv 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten