PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 150 JAKARTA

Authors

  • Lusiana Fransisca Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Ummul Qura Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1459

Keywords:

Jigsaw, Skill, Writing, Poetry

Abstract

 

Model pembelajaran kooperatif, yaitu model jigsaw yang dirancang guna meningkatkan dan menanamkan rasa tanggung jawab pada diri siswa atas pembelajaran pribadi maupun berkelompok. Dibutuhkan partisipasi aktif siswa pada penerapan model ini. Penelitian ini bertujuan agar keterampilan dan kemampuan siswa dalam menulis puisi meningkat. Penelitian ini melibatkan 36 siswa dari kelas eksperimen dan kontrol di SMPN 150 Jakarta pada tahun ajaran 2022/2023. Dengan penggunaan metode kuantitatif deskriptif melalui penggunaan Quasi Eksperimen, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, penilaian pretest dan posttest, dan melakukan pengolahan data melalui aplikasi SPSS versi 26.0. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw terlihat efektif dan baik dalam mengajarkan puisi kepada siswa kelas VIII-E, yaitu sebagai kelas eksperimen di SMPN 150 Jakarta. Hasil pengamatan juga menunjukkan keterlibatan yang lebih besar dan positif pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 146 times

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 23.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 2599–2481. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Gloriani, Y., & Novia, T. (2012). Analisis Diksi, Rima, dan Gaya Bahasa Pada Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2012/2013. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 2.

Halidjah, S. (2010). Evaluasi Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 259.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Endang, D. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboars Pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 4.

Kurniati, Y., & Kisworo, B. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Kursus Bahasa Korea di LPK Master Korea Cilacap. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 8, 4. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1

Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2004

Munawarah, & Zulkiflih. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 24.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193–205. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Rahayu, T., & Yuli Kurniawan, P. (2021). Pelatihan Membaca dan Menulis Puisi pada Peserta Didik TPA Al-Husna Poetry Reading and Writing Training for TPA Al-Husna Students. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89–96.

Ratna Sari, D., & Gloriani, Y. (2023). Model Pembelajaran Kunjungan Rumah (Home Visit) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Tuturan, 12(1).

Ridwan, D. R., Sani, A., & Si, M. (2013). Inovasi Pembelajaran.

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 113.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 113.

Sholeh, K., & Afriani, S. (2016). Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 29.

Sutiarso, S. (2016). Model Pembelajaran Al Qurun.

Suyasa, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Lompat Jauh. JJP: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 1.

Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 212.

Yazidi, A. (2014). Memahami Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1), 90.

Published

2024-09-04

How to Cite

Fransisca, L. ., & Qura, U. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 150 JAKARTA . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 823–829. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1459