PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PEMASARAN KOMODITAS LOKAL UNTUK AKSES PASAR GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.152Keywords:
Pemanfaatan Digital Marketing, Digital Marketing, Komoditas Lokal, Pasar GlobalAbstract
Penelitian ini membahas pemanfaatan digital marketing dalam pemasaran komoditas lokal untuk meningkatkan akses ke pasar global. Meskipun digital marketing menawarkan potensi besar untuk meningkatkan penjualan komoditas lokal, banyak pelaku usaha yang masih terjebak dalam praktik pemasaran tradisional yang kurang efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang karakteristik unik produk lokal dan perilaku konsumen di pasar global sangat penting untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memanfaatkan data analitik yang tersedia melalui platform digital, perusahaan dapat mengidentifikasi tren, preferensi, dan kebutuhan pelanggan secara real-time. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi pelaku usaha lokal, termasuk kurangnya pengetahuan teknis, keterbatasan sumber daya, dan infrastruktur yang tidak memadai. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku usaha lokal, pemerintah, dan lembaga pendidikan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran(Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting And Management Research Edition), 3(2), 198. Https://Doi.Org/10.22303/Accumulated.3.2.2021.198-206
Alfaiz, F. (2022). Analisis Strategi Digital Marketing Melalui Perancangan Selfservice Business Intelligence Sebagai Sistem Pengambilan Keputusan (Studi Kasus: Startup “Aksel. Id”). Https://Doi.Org/Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/41596
Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23.
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Tiktok Terhadap Kesadaran Merek Dan Minat Beli Produk Kosmetik Di Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni Its, 11(2), F27–F32. Https://Doi.Org/10.12962/J23373520.V11i2.76691
Bangsawan, S. (2015). Manajemen Pemasaran Usaha Kecil Kasus Industri Pengolahan Makanan Dan Ritel. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/6487
Basu Swastha, D. H., & Irawan, M. B. A. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Liberty.
Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 18–45. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V9i1.4872
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.
Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i2.540
Hasana, R., Nobelson, & Sembiring, R. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Coffee Shop ( Studi Kasus Pada Coffee War, Kemang). Prosiding Biema: Business Management, Economic And Accounting National Seminar.
Indriani, L., & Sismanto, A. (2023). Digital Marketing Strategy To Increase Tourist Visits At Tri Muara Karang Waterfall (Case Study Of Tri Muara Karang Waterfall In Belitas Seberang Village, Sindang Kelingi District, Rejang Lebong Regency). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 623–638. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53697/Emak.V4i3.1273
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854
Kingsnorth, S. (2022). Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach To Online Marketing. Kogan Page Publishers.
Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. Https://Doi.Org/10.56486/Swadimas.Vol1no01.242
Nurhidayati, R., Arifiya, N., Setiawan, A., Larasakti, R., & Heriansyah, H. (2022). Strategi Pemasaran Dengan Teori Permainan Pada Usaha Minuman Street Boba Dan Kamsia Boba. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 3(2), 303–314.
Oktaviansyah, H. T., & Reza Zulfikri, R. (2024). Pemasaran Digital Dan Kinerja Keuangan: Peran Inovasi Berkelanjutan Sebagai Variabel Mediasi. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 41(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.58906/Melati.V40i2.116
Paendong, M. K. E., Rambing, P. R., Simanjuntak, C. H., Kumaat, A. P., Marentek, M. R., & Mandey, N. H. J. (2023). Digital Marketing Ecosystem Perspective Of Regional Featured Product In North Sulawesi Province, Indonesia. Open Journal Of Social Sciences, 11(02), 1–17. Https://Doi.Org/10.4236/Jss.2023.112001
Palahudin, P., Samsuri, S., Ramadian, A., Nurdiana, R. P., Hamdani, M. F., Halimatussadiah, S., Nadifah, N. V., & Robyanshyah, R. (2025). Pengembangan Inovasi Produk Dan Digital Marketing Pada Umkm Enye Singkong Dua Putra Desa Bojong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 1166–1176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V5i1.17163
Praditya, A.-F. R., & Prasetyo, S. Y. J. (2021). Game Theory Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Optimal Dalam (Studi Kasus Persaingan E-Commerce Shopee Dan Tokopedia). Tin: Terapan Informatika Nusantara, 2(2), 53–57.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 1–17. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jpmm.001.1.01
Purwanto, A. (2022). How The Role Of Digital Marketing And Brand Image On Food Product Purchase Decisions? An Empirical Study On Indonesian Smes In The Digital Era. Journal Of Industrial Engineering & Management Research. Https://Ssrn.Com/Abstract=4082510
Rachmawati, D., Udriyah, U., & Dewi, N. F. (2024). Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung. Among Makarti, 17(1), 42. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V17i1.624
Said, F., Daeng Gs, A., Rahman, A., Djohan, M. I., & Sukarana, M. (2023). Digital Marketing Communication Strategy Of Tourism Destination Of Mandalika: A Semiotic Analysis. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(1), 16–31. Https://Doi.Org/10.25139/Jkp.V7i1.5985
Salwanisa, E. A. (2023). Digital Marketing Analysis On The Consumer Decision-Making Process Of Millennials And Gen Z Generation Groups On The Tiktok Application. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 112–125. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Equilibrium.V11i2.17374
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I07.P07
Singh, R. K., Kushwaha, B. P., Chadha, T., & Singh, V. A. (2021). The Influence Of Digital Media Marketing And Celebrity Endorsement On Consumer Purchase Intention. Journal Of Content, Community & Communication, 14(7), 145–158.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249–258. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V13i2.1057
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh Umkm Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V13i1.590
Vriyatna, M. (2021). Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Jurnal Mumtaz, 1(1), 7–17. Http://E-Journal.Stitmumtaz.Ac.Id/Index.Php/Mumtaz/Article/View/4
Yulianto, A., Wibowo, U. D. A., Kharismasyah, A. Y., Primadona, S. E., & Herniah Syamsudin, S. E. (2023). Gen Z Marketing Menggali Potensi Dan Memahami Karakteristik Generasi Z Dalam Menerapakan Strategi Pemasaran Digital. Penerbit Lakeisha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten