PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS SETIA BUDHI RANGKASBITUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.235Keywords:
Artificial Intelligence, pembelajaran menulis kreatif, Pendidikan Bahasa Indonesia, teknologi dalam pendidikanAbstract
Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan semakin berkembang, termasuk dalam pembelajaran menulis kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan AI dalam meningkatkan keterampilan menulis kreatif mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Setia Budhi Rangkasbitung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis teks yang dihasilkan oleh mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan AI sebagai alat bantu menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI dapat berperan sebagai fasilitator dalam proses menulis kreatif dengan memberikan umpan balik otomatis, memperkaya kosakata, serta membantu mahasiswa dalam menyusun ide secara lebih sistematis. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi ketergantungan terhadap teknologi dan kurangnya kreativitas jika tidak dibimbing dengan baik. Oleh karena itu, integrasi AI dalam pembelajaran menulis kreatif perlu didukung dengan pendekatan pedagogis yang tepat agar tetap mempertahankan orisinalitas dan daya cipta mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang peran teknologi dalam pendidikan bahasa dan menawarkan strategi bagi dosen dalam mengoptimalkan AI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis kreatif.
Downloads
References
Alam, A. (2020). Possibilities And Challenges Of Compounding Artificial Intelligence In India’s Educational Landscape. Alam, A.(2020). Possibilities And Challenges Of Compounding Artificial Intelligence In India’s Educational Landscape. International Journal Of Advanced Science And Technology, 29(5), 5077–5094.
Anantrasirichai, N., & Bull, D. (2022). Artificial Intelligence In The Creative Industries: A Review. Artificial Intelligence Review, 55(1), 589–656. Https://Doi.Org/10.1007/S10462-021-10039-7
Anggraeni, F. K. A., & Meilina, I. L. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Berbasis Artificial Intelligence Untuk Menambah Wawasan Guru Mgmp Ipa Kabupaten Jember. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(10), 1803–1813. Https://Doi.Org/10.33084/Pengabdianmu.V9i10.7637
Aprilia, F., Neisya, N., Yanti, C. H., & Syaputri, K. D. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Kreatif Melalui Gelar Wicara Daring. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 15–23. Https://Doi.Org/10.37640/Japd.V2i1.1352
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 69–88. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V1i2.2107
Azmi, M., Mansour, A., & Azmi, C. (2023). A Context-Aware Empowering Business With Ai: Case Of Chatbots In Business Intelligence Systems. Procedia Computer Science, 224, 479–484. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2023.09.068
Fang, X., Ng, D. T. K., Leung, J. K. L., & Chu, S. K. W. (2023). A Systematic Review Of Artificial Intelligence Technologies Used For Story Writing. Education And Information Technologies, 28(11), 14361–14397. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-023-11741-5
Haristiani, N. (2019). Artificial Intelligence (Ai) Chatbot As Language Learning Medium: An Inquiry. Journal Of Physics: Conference Series, 1387(1), 0–6. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1387/1/012020
Hidayati, S. N., Widodo, W., Subekti, H., Aulia, E. V., & Sari, D. P. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Pendidik Ipa Dalam Memfasilitasi Microlearning. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 182. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V8i1.19712
Jamilah, S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Berinteraksi Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 259–266. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30998/Diskursus.V2i03.6706
Kar, A. K., Varsha, P. S., & Rajan, S. (2023). Unravelling The Impact Of Generative Artificial Intelligence (Gai) In Industrial Applications: A Review Of Scientific And Grey Literature. Global Journal Of Flexible Systems Management, 24(4), 659–689. Https://Doi.Org/10.1007/S40171-023-00356-X
Kasnelly, S. (2022). Artificial Intelligence Development As A Basis For Creative Economic Growth And Recovery Of Indonesia’s National Economy. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54459/Aktualita.V12i1.390
Law, L. (2024a). Application Of Generative Artificial Intelligence (Genai) In Language Teaching And Learning: A Scoping Literature Review. Computers And Education Open, 6, 100174. Https://Doi.Org/10.1016/J.Caeo.2024.100174
Law, L. (2024b). Application Of Generative Artificial Intelligence (Genai) In Language Teaching And Learning: A Scoping Literature Review. Computers And Education Open, 6, 100174. Https://Doi.Org/10.1016/J.Caeo.2024.100174
Mangasak, A., & Angelin, R. (2023). Tantangan Dan Peluang Artificial Intelligence (Ai) Untuk Masa Depan. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 26–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47178/Prosidingukit.V3i3.2287
Marlina, E., Hilmiyati, F., & Farhurohman, O. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Concept Sentence. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 8(1), 11–20. Https://Doi.Org/10.32678/Ibtidai.V8i1.4313
Pedro, F., Subosa, M., Rivas, A., & Valverde, P. (2019). Artificial Intelligence In Education: Challenges And Opportunities For Sustainable Development. Https://Hdl.Handle.Net/20.500.12799/6533
Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian Literatur Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal Of Educational Chemistry, 6(1), 47–60. Https://Doi.Org/10.37905/Jjec.V6i1.23644
Rahmah, A. E., & Sukmara, R. (2022). Penerapan Model Blended Learning Tipe Station Rotation Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Bahasa Jepang Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Semester 4 Fkip Uhamka. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(1), 106–126. Https://Doi.Org/10.31540/Silamparibisa.V5i1.1714
Sahrul, Mujanah, S., & Budiarti, E. (2024). The Influence Of Differentiation Strategy, Market-Driven And Artificial Intelligence Marketing On Sustainable Competitive Advantage With School Image As An Intervening Variable Moderate By Vocational School Culture In The City Of Balikpapan. Revista De Gestão Social E Ambiental, 18(9), E07154. Https://Doi.Org/10.24857/Rgsa.V18n9-131
Santoso, R. S. B., Suyono, S., Harsiati, T., & Sari, N. P. (2023). Implementasi Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Media Lagu Inspiratif Untuk Siswa Kelas Xi Sma Di Era Merdeka Belajar. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 364–376. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.Vi.11772
Sood, S. K., Rawat, K. S., & Kumar, D. (2022). A Visual Review Of Artificial Intelligence And Industry 4.0 In Healthcare. Computers And Electrical Engineering, 101, 107948. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compeleceng.2022.107948
Thayyib, P. V, Mamilla, R., Khan, M., Fatima, H., Asim, M., Anwar, I., Shamsudheen, M. K., & Khan, M. A. (2023). State-Of-The-Art Of Artificial Intelligence And Big Data Analytics Reviews In Five Different Domains: A Bibliometric Summary. Sustainability, 15(5), 4026. Https://Doi.Org/10.3390/Su15054026
Tumpa, S. A., Fahim, M. A. I., Rahman, M., & Newaz, M. K. (2023). Iot And Artificial Intelligence Based Smart Gardening And Irrigation System. International Research Journal Of Modernization In Engineering Technology And Science, 5, 8997–9005.
Veena, S. (2022). Artificial Intelligence–A New Approach In Pharmaceutical Marketing. Australasian Medical Journal (Online), 15(2), 333–335. Https://Doi.Org/10.21767/Amj.2022.3867
Williams, R., Park, H. W., Oh, L., & Breazeal, C. (2019). Popbots: Designing An Artificial Intelligence Curriculum For Early Childhood Education. Proceedings Of The Aaai Conference On Artificial Intelligence, 33(01), 9729–9736.
Winarni, R., Slamet, S. Y., Poerwanti, J. I., Sriyanto, M. I., Yulisetiani, S., & Syawaludin, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Kreatif Bermuatan Pendidikan Budi Pekerti Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Melalui Hybrid Learning. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 98. Https://Doi.Org/10.23887/Jwl.V11i1.37151
Yamtinah, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, & I Wayan Lasmawan. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Pendas.V5i1.262
Zhang, C., & Lu, Y. (2021). Study On Artificial Intelligence: The State Of The Art And Future Prospects. Journal Of Industrial Information Integration, 23, 100224. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Jii.2021.100224
Zhao, X., Takenaka, S., Iuchi, S., Kitaguchi, D., Wakabayashi, M., Sato, K., Arakaki, S., Sasaki, K., Kosugi, N., Takeshita, N., Takeshita, N., Sakamoto, S., Ichikawa, T., & Ito, M. (2025). Automatic Recognition Of Surgical Phase Of Robot-Assisted Radical Prostatectomy Based On Artificial Intelligence Deep-Learning Model And Its Application In Surgical Skill Evaluation: A Joint Study Of 18 Medical Education Centers. Surgical Endoscopy, 1–13. Https://Doi.Org/10.1007/S00464-025-11967-Z
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten