PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS VIIl
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.265Keywords:
Kepribadian, Professional, Sosial, Pedagogik, GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menujukkan pengaruh penerapan pembelajaran Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sekolah menengah Pertama di SMP Negeri 9 Medan. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran angket sebanyak 48 siswa sebagai responden. Data berupa respons subjek yang diperoleh dengan metode survei, observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang berisi pernyataan dan diukur dengan Skala Likert, serta teknik dokumentasi. Uji persyaratan penelitian yang digunakan yaitu uji validalitas, uji realibilitas, uji normalitas dan uji linearitas Pada hasil uji normalitas variabel Penerapan Kurikulum Merdeka (X) dan Minat belajar Siswa (Y) memperoleh nilai 0.200, yang dimana jika nilai nilai signifikan (sig) lebih besar dari 0,05 maka data dinyatakan berdistribusi normal Adapun teknik analisis regresi linear, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kurikulum merdeka (X) secara persial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat belajar (Y) dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan nilai T hitung sebesar 9,052 > T tabel 2.01410. Hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bawah terdapat pengaruh antara Penerapan Kurikulum Merdeka (X) terhadap minat belajar (Y). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Penerapan kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Medan
Downloads
References
Amalia, I. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Di Man 1 Nganjuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Anridzo, A. K. … Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3990
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika Sd. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35335/Cendikia.V13i1.2960
Aryzona, E. F. … Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru Dan Desain Pembelajaran Dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka Sd Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424–432. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i1.1156
Aziz, S. … Rehman, Z. (2018). Implementation Of Cipp Model For Quality Evaluation At School Level: A Case Study. Journal Of Education And Educational Development, 5(1), 189–206. Http://Journals.Iobmresearch.Com/Index.Php/Jeed/Index
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Joel: Journal Of Educational And Language Research, 1(12), 2105–2118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53625/Joel.V1i12.3015
Fadil, K. … Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal Of Elementary Education, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V7i2.1944
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2022.V12.I3.P236-243
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180
Haryono, H., & Florentinus, T. S. (2018). The Evaluation Of The Cipp Model In The Implementation Of Character Education At Junior High School. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology, 7(2), 65–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Ijcet.V7i2.28391
Isa, I. … Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i6.4175
Jiyantari, D. … Kurniati, N. (2023). Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan Merdeka Belajar). Journal Of Classroom Action Research, 5(3), 42–48.
Keskin, S., & Yurdugül, H. (2019). Factors Affecting Students’ Preferences For Online And Blended Learning: Motivational Vs. Cognitive. European Journal Of Open, Distance And E-Learning, 22(2), 71–85. Http://Www.Eurodl.Org/
Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2023). Analisis Kesiapan Guru Smp Di Demak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692.
Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–816. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V6i1.2708
Lenny Kurniati, & Ratih Kusumawati. (2023). Analisis Kesiapan Guru Smp Di Demak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(6), 2683–2692. Https://Doi.Org/10.53625/Jcijurnalcakrawalailmiah.V2i6.5031
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. Https://Doi.Org/10.51878/Vocational.V2i4.1752
Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak: Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 2(1), 129–138.
Nuraeni, W. … Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis Melalui Motivasi Belajar Matematika Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal E-Dumath, 9(2), 117–124. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52657/Je.V9i2.2099
Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 8(1), 10–19. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31949/Th.V8i1.4851
Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Smk Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Https://Doi.Org/10.21137/Edumatic.V4i1.685
Romadhon, K. … Ayuningtyas, D. R. (2023a). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di Sd Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049–1063.
Romadhon, K. … Ayuningtyas, D. R. (2023b). Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di Sd Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V7i3.2239
Sadieda, L. U. … Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. Jrpm (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2022.7.1.55-72
Sari, A. M. … Ridwan, R. (2023a). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440.
Sari, A. M. … Ridwan, R. (2023b). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4390
Setyawan, D. (2023). Problematika Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas Vii Di Smpn 20 Simbang. Genius: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 11–23. Https://Ejournal.Insightpublisher.Com/Index.Php/Genius/Article/View/89
Syahrir, S. … Fauzi, A. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak Jauh (Pjj) Melalui Model Cipp Pada Kinerja Dosen Aspek Pembelajaran Pada Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V7i1.1716
Turmuzi, M. … Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi Cipp (Context, Input, Process, Dan Product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220–7232. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3428
Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using The Context, Input, Process And Product (Cipp) Model In The Evaluation Of Training Programs. International Journal Of Pedagogy And Teacher Education, 2, 19–183. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Ijpte.V2i0.26086
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 13404–13408. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.12696
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten