UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN MUATAN NASIONAL DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI DI SMK NEGERI 1 TIMPEH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.405Kata Kunci:
Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, SuvervisiAbstrak
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru kelompok mata pelajaran Muatan Nasional yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Sejarah Nasional Indonesia dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Melaksanakan Pembelajaran di kelas. Dalam melihat kemampuan tersebut dengan cara Supervisi oleh supervisor. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Timpeh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tahapan yang sama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pertemuan pertama RPP dan pertemuan kedua Pelaksanaan pembelajaran di kelas. Data penelitian diperoleh melalui penggunaan lembar pengamatan atau observasi yang disebut dengan instrumen penelitian. Instrumen ini digunakan untuk menilai/menelaah lembar RPP dan menilai pelaksanaan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kemudian, instrumen tersebut kemudian disajikan dalam bentuk tabel hasil penilaian dari pengolahan perolehan skor pada instrument penelitian ini dan diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan nilai rata-rata adalah 87,3. Nilai ini pada rentangan antara 81-90 dengan kategori baik (B). sementara itu kemampuan untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas nilai 87,7. Nilai ini berada pada rentangan antara 81-90. Dapat dikategorikan pada kategori baik (B). Hasil ini menunjukan bahwa kemampuan guru merancang RPP dan melaksanakan pembelajaran di kelas mengalami peningkatan.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan kelas. Bumi Aksara.
Asropah, Sulanjari, B., & Alfiah. (2019). Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Guru Bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Semarang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(2), 26–36. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i2.3360
Darmayanti, S. (2020). Peningkatan kemampuan guru kelas dalam Penyusunan RPP berbasis pendekatan saintifik melalui Supervisi akademik MIN 1 Aceh Tenggara. 1(2), 240–248.
Djamarah, S., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.
Hastuti, S. H., & Saputra, R. (2019). Analisa Kebutuhan Pengembangan Model Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Berbasis Authentic Assessment di SMAN Unggul Dharmasraya. 3(24), 114–123.
Hayati, M. (2014). Desain Pembelajaran. Universitas Sultan Syarif Qasim.
Masmin, D. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 4(3), 280–285.
Miles, B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.
Mills, G. E., & Gay, L. R. (2016). Educational Reserach: Competencies for Analysis and Applications (Vol. 148). Perason Education.
Ratumanan. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. YP3IT.
Saputra, R. (2017). Teachers’ Feedback Used in Learning Process at SMAN 1 Sungai Tarab. Ristekdik/ Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–7.
Saputra, R. (2018). Analisi Kemampuan Berpidato Bahasa Inggris Siswa Tingkat SMA/ MA Se-Kabupaten Dharmasraya. Journal of Residu, 2(10), 81–91.
Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). Peningkatan Karakter Peserta Didik (Religius, Jujur, Dan (Disiplin) Melalui Pencak Silat. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31
Syamsudin, & Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Remaja Rosdakarya.
Vidiarti, E., Zulhaini, & Andrizal. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunanan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten