PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT

Authors

  • Muhammad Sukron Universitas Dharmas Indonesia
  • Zuhar Ricky Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.31

Keywords:

Karakter, Peserta Didik, Pencak Silat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan metode Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, aksi/tindakan, observasi dan refleksi. Metode ini dilakukan sebanyak tiga siklus.  Sumber data penelitian diperoleh melalui angket, diisi oleh peserta didik kelas IV SD-IK Makkah Padang. Data hasil pengisian angket di analisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase, kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui peningkatan karakter. Penelitian melalui latihan pencak silat, peningkatan karakter religius, jujur dan disiplin dihasilkan sebesar 3,6% dari pra siklus ke siklus I,10,4% dari siklus I ke siklus II, 11,7% dari siklus II ke siklus III. Proses peningkatan karakter menyiapkan program latihan, memberikan bentuk gerakan-gerakan, melakukan evaluasi aktivitas guru pembina dan karakter peserta didik, serta melaksanakan latihan sebanyak tiga siklus. Faktor yang mempengaruhi perubahan karakter adanya penanaman nilai falsafat pencak silat, kesungguhan dan keinginan dari guru pembina untuk meningkatkan kualitas latihan, pengontrolan guru pembina terhadap peserta didik, dan keinginan peserta didik untuk mengevaluasi diri.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 620 times

References

Ediyono, S. (2013). Makna Pendekar dalam Beladari Pencak Silat. Etnografi, XIII (2), 3019–3357.
Haryono, A. (2008). Peran Olahraga dalam Pembentukan Karakter. Procceding, 548–552.
Lubis, J. (2013). Pencak Silat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Milson, A. (n.d.). Elementary School Teachers’ Senseof Efficacy for Character Education. ”. The Journal of Educational Research, VII(1), 47–53.
Riduwan. (2012). Pengantar Statistik Sosial. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardani, K. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara, (November), 8–10.
Widiastuti, H. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Siswa Berkarakter, 41–53.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Sukron, M., & Ricky, Z. (2022). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.31

Issue

Section

Articles