MORAL VALUES OF THE MAIN CHARACTER IN THE FILM ENOLA HOLMES AND ITS CONTRIBUTION TO CHARACTER BUILDING

Penulis

  • Satiti Yusriyah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.779

Kata Kunci:

Keywords: Moral values, Film, Character, Character Building.

Abstrak

Media pembelajaran dapat menyampaikan informasi pelajaran kepada siswa dan merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa, serta dapat mendorong terjadinya proses belajar. Film ini menyajikan berbagai cerita yang mengandung nilai-nilai moral kehidupan. Salah satu film yang bisa dipilih adalah Enola Holmes. Enola Holmes adalah film yang dirilis pada tahun 2020 adaptasi dari seri buku Nancy Springer The Enola Holmes Mysteries. Enola Holmes disutradarai oleh Harry Bradbeer dan ditulis oleh Jack Thorne. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moral yang direpresentasikan oleh tokoh utama dalam film Enola Holmes untuk pembentukan karakter pada siswa. Penelitian ini menggunakan rumusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Metode pengumpulan data adalah metode penelitian dokumentasi dan teknik pengumpulan data dari Miles dan Huberman (2014). Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan subtitle dalam film Enola Holmes. Temuan penelitian terdapat lima nilai moral dengan delapan sub nilai nilai moral dalam film Enola Holmes. Dari hasil tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa nasionalis (pengorbanan diri) adalah nilai moral yang paling dominan dalam film Enola Holmes.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariyanti, A. (2016). Moral Values in Education: Teaching English Classroom At Ma’Had Tahfizul Qur’an Rahmatullah Samarinda. Script Journal: Journal of Linguistic and English Teaching, 1(1), 11. https://doi.org/10.24903/sj.v1i1.14

Cahyaningtyas, A. P., Kusumadewi, R. F., & Al Maskuri, K. A. (2019). Battle of Surabaya: Promoting character values throuh animated movie. The 2019 International Conference of Sustainability Issues in Social Science, Business, Management, & Information Technologi (I-COSBIT), September 2019, 175–182.

Esianita, P., & Widyawati, W. (2020). ELTALL (English language teaching, applied linguistics and Literature) CHARACTER EDUCATIONAL VALUES ON “AQUAMAN” MOVIE. 1(1), 1–8.

Fleet, B., & Fouzder, N. B. (1975). Electrochemical behaviour of organotin compounds. Part I. Application to the determination of trialkyl- and triaryltin derivatives. Journal of Electroanalytical Chemistry, 63(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/S0022-0728(75)80126-4

Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi.

Irawan, Prasetya. (2006). Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Departemen Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia

Kaplan, A. (2016). Lifelong learning: Conclusions from a literature review. International Online Journal of Primary Education, 5(2), 43–50. www.iojpe.org

Kaur, S. (2019). Moral Values in Education. Tạp Chí Nghiên Cứu Dân Tộc, 8(1), 21–26. https://doi.org/10.25073/0866-773x/263

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud, 58.

Klarer, M. (2004). An Introduction to Literary Studies. In An Introduction to Literary Studies. https://doi.org/10.4324/9780203414040

Kurnia, P., & Wennyta. (2019). Jelt : Journal Of English Language teaching, Vol 3 No.2 Tahun 2019. Jelt : Journal Of English Language Teaching, 3(2), 105–114.

Leibowitz, U. D. (2018). What is friendship? Disputatio, 10(49), 97–117. https://doi.org/10.2478/disp-2018-0008

Machfudh, A. (2017). Pendidikan Karakter Bangsa. In Hikmah: Journal of Islamic Studies (Vol. 13, Issue 2). https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.157

Masrukhin, A. (2013). Model Pembelajaran Character Building dan Implikasinya Terhadap Perilaku Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1229. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3566

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994a). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.

Moral Values Analysis on Main Characters As Seen. (2010). 1–9.

Piscayanti, K. S., Suprianti, G. A. P., & Premana, M. Y. H. (2020). Positive Character Education Values Found in Simba, The Lion King (1994) Movie. Journal of Education Research and Evaluation, 4(3), 279. https://doi.org/10.23887/jere.v4i3.27218

Roberts, E. V, & Zweig, R. (2015). Literature: An Introduction to Reading and Writing, Compact Edition. https://lamission.edu/itv/letters/7247.pdf

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Willoughby, K. G. (2021). From Theories to Practice. In Handbook of Public Administration. https://doi.org/10.4324/9780429270680-20

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-15

Cara Mengutip

Yusriyah, S. . (2022). MORAL VALUES OF THE MAIN CHARACTER IN THE FILM ENOLA HOLMES AND ITS CONTRIBUTION TO CHARACTER BUILDING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 180–189. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.779

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.