PERAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH RADIKALISME NON-KEKERASAN DI KALANGAN PELAJAR KELAS VIII

Authors

  • Santa Theresia Br Sipayung Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Rince Marpaung Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.891

Keywords:

Radikalisme, Kalangan Pelajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam mencegah radikalisme di lingkungan sekolah serta mengeksplorasi strategi pembelajaran yang efektif dalam membentuk sikap toleran dan nasionalisme di kalangan siswa. Dengan meningkatnya ancaman radikalisme di berbagai lapisan masyarakat, pendidikan menjadi salah satu instrumen utama dalam membangun ketahanan ideologi generasi muda.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa sekolah menengah atas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru dan siswa, observasi proses pembelajaran, serta analisis dokumen kurikulum dan bahan ajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memahami efektivitas materi dan metode pembelajaran yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta menangkal pengaruh ideologi radikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran signifikan dalam membentuk pemahaman siswa tentang bahaya radikalisme serta pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman. Guru yang menerapkan metode pembelajaran berbasis diskusi, studi kasus, dan simulasi menemukan bahwa siswa lebih aktif dalam berpikir kritis dan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai toleransi serta nilai-nilai Pancasila. Namun, tantangan dalam implementasi masih ditemukan, seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pelatihan bagi pendidik dalam mengajarkan isu-isu radikalisme secara efektif. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kompetensi guru dan penguatan kurikulum yang lebih kontekstual agar Pendidikan Kewarganegaraan dapat berkontribusi lebih optimal dalam mencegah penyebaran paham radikal di lingkungan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Santa Theresia Br Sipayung, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Rince Marpaung, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Abidin, R. F., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Lampung University.

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. Https://Doi.Org/10.35961/Rsd.V1i2.174

Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Di Masa Pandemi Covid-19 Demi Masyarakat Taat Psbb. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27544

Adi Saingo, Y., & Imanuel Nani, V. (2023). Pengaruh Religiusitas Dan Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Penangkalan Radikalisme Di Perguruan Tinggi Berbasis Agama Di Kota Kupang. Jurnal Reinha, 14(1), 35–47. Https://Doi.Org/10.56358/Ejr.V14i1.222

Agustino, A. (2022). Penerapan Nilai–Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Membangun Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Siswa/I Di Kelas Pada Kelas Ix. B Di Smp Negeri 1 Merawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jee (Jurnal Edukasi Ekobis), 9(2).

Alifah, M., Adha, M. M., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Rifai, A. (2021). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27545

Amtiran, A. A., & Jondar, A. (2021). Kebijakan Anti Radikalisme Dunia Pendidikan Ditinjau Dari Pancasila Dan Solusinya. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (E-Issn: 2797-0469), 1(2), 57–75.

Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195

Anggraini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, A. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme Dalam Merespon Paham Radikalisme. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 30–39. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i01.93

Arif, K. M. (2021). Concept And Implementation Of Religious Moderation In Indonesia. Al-Risalah, 12(1), 90–106. Https://Doi.Org/10.34005/Alrisalah.V12i1.1212

Aulia, P., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 6(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.15294/Harmony.V6i1.46646

Buka, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Sosial Selama Masa Pembelajaran Daring. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56393/Mindset.V2i3.936

Cipta Prakasih, R., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Nilai Nasionalisme Dan Anti Radikalisme Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(02), 294–303. Https://Doi.Org/10.59141/Japendi.V2i02.103

Di Indonesia, L. P. R. (2021). Upaya Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menangkal Radikalisme Murni. Literasi Paham Radikalisme Di Indonesia, 147.

Faidy, A. B., & Arsana, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Xi. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 454–468.

Gani Pg, E., Thani, S., Muksalmina, M., Chyntia, E., & Sulaiman, S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Digital Etik Dalam Penggunaan Sosmed Di Kalangan Remaja Pada Siswa/I Sma Swasta Iskandar Muda Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2837–2846. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V5i2.3416

García-Alberti, M., Suárez, F., Chiyón, I., & Mosquera Feijoo, J. C. (2021). Challenges And Experiences Of Online Evaluation In Courses Of Civil Engineering During The Lockdown Learning Due To The Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 11(2), 59. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11020059

Kanetaki, Z., Stergiou, C., Bekas, G., Troussas, C., & Sgouropoulou, C. (2021). Analysis Of Engineering Student Data In Online Higher Education During The Covid-19 Pandemic. Int. J. Eng. Pedagogy Ijep, 11, 27–49.

Khoiruddin, K. (2023). Moderasi Beragama Dalam Kearifan Lokal Pada Masyarakat Pesisir Barat Provinsi Lampung. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 3(1), 76. Https://Doi.Org/10.32332/Moderatio.V3i1.5865

Maatuk, A. M., Elberkawi, E. K., Aljawarneh, S., Rashaideh, H., & Alharbi, H. (2022). The Covid-19 Pandemic And E-Learning: Challenges And Opportunities From The Perspective Of Students And Instructors. Journal Of Computing In Higher Education, 34(1), 21–38. Https://Doi.Org/10.1007/S12528-021-09274-2

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2021.V37.I1.P54-61

Naamy, N., & Hariyanto, I. (2021). Moderasi Beragama Di Ruang Publik Dalam Bayang-Bayang Radikalisme. Sophist : Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan Tafsir, 3(2), 41–59. Https://Doi.Org/10.20414/Sophist.V3i2.51

Naibaho, L., Nainggolan, J. A., Hutapea, N. M., Tobing, S. L., Bangun, D. Y. B., & Rachman, F. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanggulangi Disinformasi Dan Hoaks Di Era Media Sosial Pada Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 Perspektif Siswa/I Sma Swasta Eria Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(4), 15269–15277. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i4.36224

Permatasari, A. I., & Junanto, S. (2023). Mplementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Diss. Uin Surakarta.

Prastitasari, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Sd Melalui Pembelajaran Pjj Pada Masa Pandemi Covid-19. Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id//Handle/123456789/20053

Putra, D. A., & Rulloh, A. (2023). Model Kepemimpinan Strategis Dalam Menghadapi Radikalisme Dan Terorisme. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 508–519.

Putri, D. (2024). Ektremisme Agama Dan Radikalisme Sebagai Pendorong Terorisme. Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114–127. Https://Journal.Salahuddinal-Ayyubi.Com/Index.Php/Aljsi/Article/View/62

Rachman, F., & Fitra, I. (2020a). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289–303. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303

Rachman, F., & Fitra, I. (2020b). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303

Rahmad, N., Setiyawan, D., & Dewi, M. A. S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Pemahaman Siswa Terhadap Bullying Dalam Perspektif Hukum Di Smk Muhammadiyah Sempor. Jurnal Warta Desa (Jwd), 6(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V6i2.301

Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49–59. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpku.V9i1.31426

Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V18i3.750

Sw, Y. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Daring Dan Solusinya Di Masapandemi Covid 19 Dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas X Di Sma Veteran 1 Sukoharjo Tahunpembelajaran2020-2021. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 2(2). Https://Doi.Org/10.32585/Cessj.V2i2.1142

Syarifah, Y. (2021). Implementasi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menggunakan Goole Classroom Untuk Meningkatkan Respon Terhadap Peserta Siswa Apada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smks Sore Tulungagung). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 203–212. Https://Doi.Org/10.31571/Pkn.V5i2.3089

Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i4.27068

Wagiono, F., Shaddiq, S., & Junaidi, F. (2021). Implementation Of Blended Learning During Covid-19 Pandemic On Civic Education Subjects In Millenial Generation Era. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V3i1.213

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086

Published

2025-05-10

How to Cite

Sipayung, S. T. B. ., Siahaan, M. M. ., & Marpaung, R. (2025). PERAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH RADIKALISME NON-KEKERASAN DI KALANGAN PELAJAR KELAS VIII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 831–846. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.891

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.