PENGARUH PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENGATASI KESULITAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KB AN-NUR

Authors

  • Suhirman Suhirman Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Zuhut Ramdhani Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Siti Ruhana Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Najamuddin Najamuddin Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1143

Keywords:

Project Based Learning (PJBL), Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendektan PjBL dalam mengatasi kesulitan konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian pre experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD KB An-Nur dengan subjek penelitian kelompok B sejumlah 10 anak. Peneliti memperoleh data dari hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, normalitas, dan hipotesis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi menggunakan expert judgement memperoleh skor 30, dengan rentang nilai 27,18 < X ≤ 33,54 dan dengan kategori “baik Hasil uji normalitas data pada penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai pre test chi kuadrat hitung = 8,2, selanjutnya ini dibandingkan dengan chi kuadrat tabel =11,070 pada taraf signifikan 5%, maka dapat dinyatakan bahwa chi kuadrat hitung lebih kecil dari chi kuadrat tabel (8,2<18,307), sehingga data ini dinyatakan berdistribusi “ Normal”. Hasil hipotesis dengan harga t hitung = 27,5 Harga t tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel dengan dk=n-1= 10-1. Dengan dk=9, dan bila taraf kesalahan ditetapkan 5%, maka t tabel=2,262, jadi t hitung lebih besar dari t tabel (27,5>2,262), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suhirman Suhirman, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Zuhut Ramdhani, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Siti Ruhana, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Najamuddin Najamuddin, Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

References

Anggiehlia, A., Anisa, N., & Dalina, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips Di Sma N 1 Talang Ubi Kab. Pali. Harmony: Jurnal Pembelajaran Ips Dan Pkn, 4(1), 33–38.

Anjarini, D. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404

Aprianti, N. P. C. D., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10738

Bradley, J., Moore, E., Simpson, J., & Atkinson, L. (2018). Translanguaging Space And Creative Activity: Theorising Collaborative Arts-Based Learning. Language And Intercultural Communication, 18(1), 54–73. Https://Doi.Org/10.1080/14708477.2017.1401120

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Fitz, A. I., Murtini, W., & Schuller, G. (2022). A Project-Based Learning Model To Improve Learning Outcomes For 8th Grade 4 Satap Kismantoro Wonogiri Students. Journal Of Research In Vocational Education, 4(10). Https://Doi.Org/10.53469/Jrve.2022.04(10).04

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. Https://Doi.Org/Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. Https://Doi.Org/10.15294/Jpp.V35i1.13886

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 231.

Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 4(2), 90–95.

Kurniasih, H. D., Mastur, Z., & Juhana, J. (2023). Project Based Learning (Pjbl) Models With Folklore Nuance To Enhance Students’ Writing Skills And Self-Confidence. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 451–465. Https://Doi.Org/10.37680/Scaffolding.V5i2.3087

Lestari, T. P., Sarwi, S., & Sumarti, S. S. (2018). Stem-Based Project Based Learning Model To Increase Science Process And Creative Thinking Skills Of 5th Grade. Journal Of Primary Education, 7(1), 18–24. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V7i1.21382

Li, Y., & Wang, L. (2018). Using Ipad-Based Mobile Learning To Teach Creative Engineering Within A Problem-Based Learning Pedagogy. Education And Information Technologies, 23(1), 555–568. Https://Doi.Org/10.1007/S10639-017-9617-Y

Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness Of Project Based Learning Low Carbon Stem And Discovery Learning To Improve Creative Thinking Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(3), 444–456. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V3i3.156

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357

Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application Of Project Based Learning Model For Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V8i4.4090

Putri, Y. P., & Supatmo, S. (2020). Model Pembelajaran Seni Grafis Cukil Hardboard Pada Kelas Ix Smp Negeri 1 Bawen. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(3), 70–92. Https://Doi.Org/10.15294/Eduarts.V9i3.40511

Ritonga, N., Mone, J. L. T., Yunip, M., & Zega, Y. K. (2021). Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. Jurnal Shanan, 5(1), 29–42. Https://Doi.Org/10.33541/Shanan.V5i1.2622

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv B Mi Model Panyabungan. Ittihad, 5(1).

Ula, W. R. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34001/Jtn.V2i1.1485

Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Ips Smpn 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55–69. Https://Jurnal.Upg.Ac.Id/Index.Php/Jpbp/Article/View/129

Published

2025-04-28

How to Cite

Suhirman, S., Ramdhani, Z., Ruhana, S., & Najamuddin, N. (2025). PENGARUH PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENGATASI KESULITAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD KB AN-NUR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 459–465. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1143

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.