DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 01 SUNGAI RUMBAI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1613Kata Kunci:
Pola Asuhan, Perkembangan Anak, anak usia dini, TK Negeri 01 Sungai RumbaiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dukungan orangtua terhadap perkembangan sosial anak usia dini di TK Negeri 01 Sungai Rumbai. Dukungan orangtua merupakan salah satu faktor penting dalam menumbuhkan kemampuan sosial anak, seperti berinteraksi dengan teman sebaya, mengenali emosi, dan menyelesaikan konflik. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi bik disekolah maupun dirumah , wawancara berkaitan pendampingan orang tua, dan dokumentasi dengan partisipan berupa 25 orang tua , 3 orang guru, dan kepala sekolah.. Teori yang digunakan adalah teori perkembangan sosial Erikson, keterlibatan orang tua dari Epstein, dan teori belajar sosial Bandura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orang tua yang intensif berdampak positif terhadap kemampuan interaksi sosial, adaptasi, dan kerja sama anak di lingkungan sekolah. Anak yang didampingi secara aktif oleh orang tua memiliki keterampilan sosial yang lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang mendapatkan pendampingan. Temuan ini memperkuat pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan usia dini untuk mendukung perkembangan sosial anak Anak yang memperoleh bantuan substansial dari orangtua menunjukkan keterampilan sosial yang lebih unggul dibandingkan dengan anak yang memperoleh dukungan minimal. Hasil ini menunjukkan peran penting orangtua dalam membantu anak usia dini secara aktif untuk memastikan pertumbuhan sosial yang optimal dengan skor tertinggi yakni 4.2 dan Tingkat keberhasilan 84 % .
Unduhan
Referensi
Abdul Hadi. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. Jurnal Idaarah, II(2), 269–279.
Afida Nurrizqi, & Nur Ziadatul Hasanah. (2022). Urgensi Pendampingan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Masa Darurat Covid-19. AS-SABIQUN : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 32, 142–152.
Alfauziah Rahmadani, Murfiah Dewi Wulandari, & Darsinah. (2022). Pengaruh Parenting Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Dasar The Effect Of Parenting On Character Education Of Children In Elementary Schools. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8(1), 88–98.
Arniasih Sholehah, & Aswandi. (2024). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Saat Belajar Dari Rumah Di Paud Maitreyawira Pontianak Tenggara. JUrnal Untan, 1(1), 1–10.
Bayu Ari Rohmiyatun. (2020). Pendampingan Orang Tua Terhadap Proses Bermain Anak Di Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(9), 77–84.
Dina Wilda Sholikh. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 178–191.
Elia safitri, & Sri Fatmawati. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Din, 2(2), 20–30.
Emy Yuliartina. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Paud Yasin Alsys. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 54–64.
Heleni Filtri, & Al Khudri Sembiring. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 2(1), 169–178.
Intan Prastihastari Wijaya. (2022). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan: Ditinjau Dari Aspek Psikologis Anak.
Irfan, Rahmasandi, Azhar, & Nikman Azmin. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Pada Anak Di Kelurahan Nitu Kota Bima. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi , 6(1), 1–7.
Ismiati. (2021). Urgensi Program Parenting Bagi Orang Tua Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 1(1), 19–27.
Lantip Diat Prasojo. (2016). Manajemen Mutu Pendidikian (Muh. Yazid, Ed.; 1st ed., Vol. 1). UNY Press.
Lita Latiana. (2019). PERAN SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK. Journal Edukasi, 13(1), 951–960.
Liza Refliana Yanti, Rita Kurnia, & Nurlita. (2024). Pengembangan Game Kotak Alphabet Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 124–140.
Marselina Meo Sewu, Konstantinus Dua Dhiu, & Karmelia Rosfinda Meo Maku. (2021). Pengembangan Tujuan Pembelajaran Aspek Sosial Emosional Berdasarkan Model Pembelajaran Morrison Roos Dan Kemp Pada Kurikulum 2013 Paud Kelompok A Dan B Di Paud Terpadu Citra Bakti Tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(2), 238–247.
Mohamad Ahyar Ma’arif. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. At-Ta’lim, 2(2), 39–62.
N Aslami, & M Faisal Alfarisyi. (2023). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 7562–7573.
Nhimas Galuh Adriana, & Zirmansyah. (n.d.). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal AUDHI.
Novi Hidayati, Heny Djoehaeni, & Badru Zaman. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926.
Nur Aimmatul Aula1, & Umul Lathifah. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Melalui Pendekatan TQM. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 37–45.
Regita Musfita. (2019). Transisi Paud Ke Jenjang Sd: Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 412–420.
Rini Natawidjaja. (2017). Pengembangan Prestasi Belajar Siswa melalui Lingkungan Keluarga. Deepublish.
Singgih D Gunarsa. (2008). Psikologi Anak dan Remaja (Vol. 1). BPK Gunung Mulia.
Siti Chusnul Chotimah, & Harun. (2022). Mitigasi Resiko Gadget melalui Pendampingan orang tua pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2483–2494.
Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada Paud Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5.
Sumadi Suryabrata. (2012). Psikologi Pendidikan (Vol. 1). PT Raja Grafindo Persada.
Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Novita Eka Nurjanah, Yuanita Kristiani, Wahyu Widiastuti, Putri Agustina, & Jumiatmoko. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16.
Yusmi Warisyah. (2015, November 7). Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Yusuf Hadijaya, M. Padeli Wibowo, Dimas Dwika Syahrahmanda, Aidelia Novaliza, & Indah Mayasari. (2023). Manajemen Strategik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31170–31176.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten