PENGARUH METODE PARENTING TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Moh. Alwi Ashari Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Najamuddin Najamuddin Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Nur Adiyah Yulisatri Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Sahrip Sahrip Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Zuhut Ramdani Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1307

Keywords:

metode parenting, kecerdasan emosional , anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan pengaruh metode parenting terhadap pengembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu  dengan desain pretest dan posstest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa pendidikan anak usia di (PAUD) di Kecamatan Pringgasela. Sampel penelitian diambil secara acak  dengan 2 langkah: 1) memilih 4 (empat) PAUD dari 41 PAUD yang ada di Kecamatan Pringgasela, dan 2) memilih 2 (dua) PAUD secara Acak untuk di terapkan menggunakan metode parenting, dan 2 (dua) PAUD untuk diterapkan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional. Data dianalis dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode parenting terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moh. Alwi Ashari, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Najamuddin Najamuddin, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Nur Adiyah Yulisatri, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Sahrip Sahrip, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Zuhut Ramdani, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Universitas Hamzanwadi, Indonesia

References

Albulescu, I., Labar, A.-V., Manea, A. D., & Stan, C. (2023). The Mediating Role of Anxiety between Parenting Styles and Academic Performance among Primary School Students in the Context of Sustainable Education. Sustainability, 15(2), 1539. https://doi.org/10.3390/su15021539

Angelia, S., & Arianti, R. (2022). Gambaran Psychological Well-Being pada Remaja di Dusun Krasak yang Tidak Melanjutkan Pendidikan Formal. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(02), 59–72. https://doi.org/10.51353/inquiry.v12i02.353

Astija, A., & Sandra, T. V. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMP Swastyastu Tolai. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(2), 85–94. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i2.4196

Crowell, J. A., Keluskar, J., & Gorecki, A. (2019). Parenting behavior and the development of children with autism spectrum disorder. Comprehensive Psychiatry, 90, 21–29. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2018.11.007

Heriawan, T., Azwar, A., & Elfitra, E. (2021). Ntino Ngasuh Cucung: Dari Kultural, Pola Asuh Tradisional Hingga Penyebab Stunting. Indonesian Journal of Religion and Society, 3(2), 59–68. https://doi.org/10.36256/ijrs.v3i2.239

Intani, I. D., & Sawitri, D. R. (2023). Hubungan antara Dukungan Sosial Guru Bimbingan Konseling dan Adaptabilitas Karir pada Siswa Kelas XII dI SMA Negeri 1 Cilacap. Jurnal EMPATI, 12(5), 368–375. https://doi.org/10.14710/empati.2023.27563

Jauhar, S., Muin, A., Aras, L., & Hikma, R. S. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 87. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30994

Khaulani, F., Nevlyarni, & Murni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Mafaza, M., Anggreiny, N., & Alfara, H. (2018a). Parenting Self Efficacy pada Orang Tua dengan Tuna Netra. Jurnal Ilmu Perilaku, 1(2), 110. https://doi.org/10.25077/jip.1.2.110-124.2017

Mafaza, M., Anggreiny, N., & Alfara, H. (2018b). Parenting Self Efficacy pada Orang Tua dengan Tuna Netra. Jurnal Ilmu Perilaku, 1(2), 110–124.

Pasyola, N. E., Abdullah, A. M., & Puspasari, D. (2021). Peran Parenting Self-Efficacy dan Optimisme terhadap Psychological Well-Being Ibu yang Memiliki Anak Intellectual Disability. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 131–142.

Sabilla, M., Fitria, L., & Sefriani, R. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK N 9 Padang. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA “YPTK” PADANG, 82–86. https://doi.org/10.35134/jpti.v8i2.49

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Scisco, J. L., Haack, L. M., Britt, T. W., & Muth, E. R. (2010). The effect of parental divorce on discomfort and cardiac activity in response to public displays of affection in college females. Journal of Divorce and Remarriage, 51(4), 221–237. https://doi.org/10.1080/10502551003597881

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700

Subandi, O. M., Rapani, R., & Pangestu, D. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 62–80. https://doi.org/10.23960/pdg.v9i2.23380

Syafira, B., Saputri, L., Mardiati, M., & Sitepu, E. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DI STKIP BUDIDAYA BINJAI. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 24–27. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.622

Tuwa, P. H., & Faraz, N. J. (2018). Pengaruh kreativitas mengajar guru, pola asuh orang tua, dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 67–78. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.13790

Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 5(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Wang, Y., Shi, H., Wang, Y., Zhang, X., Wang, J., Sun, Y., Wang, J., Sun, J., & Cao, F. (2021). The association of different parenting styles among depressed parents and their offspring’s depression and anxiety: a cross-sectional study. BMC Psychiatry, 21(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12888-021-03512-8

Published

2024-06-30

How to Cite

Ashari, M. A. ., Najamuddin, N., Yulisatri, N. A. ., Sahrip, S., & Ramdani, Z. . (2024). PENGARUH METODE PARENTING TERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 668–672. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1307

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.