LAYANAN BIROKRASI HUMANIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KELUARGA WARGA BINAAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB GUNUNGSITOLI

Authors

  • Lieslin Maruhawa Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia
  • Tunggul Sihombing Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia
  • Vivi Indra Amelia Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.998

Keywords:

Layanan Kunjungan, Teknologi Informasi , Lembaga Pemasyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran, analisis, dan penilaian menyeluruh terkait Layanan Birokrasi Humanis Berbasis Teknologi Informasi Untuk Keluarga Warga Binaan  Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Gunungsitoli. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak berwenang dan pengunjung di lapas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua pengunjung dapat melakukan kunjungan dengan Sistem Layanan Online Pendaftaran Kunjungan Keluarga (SILAODA) dikarenakan tidak memiliki handphone atau memiliki handphone tertentu namun tidak di didukung system penggunaan aplikasi whatsapp, belum ada jaringan internet yang memadai dan tidak semua keluarga warga binaan memahami teknis penggunaan Layanan online SILAODA. Kualitas layanan birokrasi humanis berbasis teknologi informasi berupa Layanan kunjungan dengan Sistem Layanan Online Pendaftaran Kunjungan Keluarga (SILAODA) pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Gunungsitoli menunjukkan kualitas yang baik karena aplikasi dapat diakses dan digunakan dengan mudah, petugas pelayan kunjungan warga binaan dapat menggunakan dan menjelaskan aplikasi dengan baik, petugas pelayan kunjungan warga binaan membalas pesan pengunjung warga binaan dengan cepat dan menanggapi pengunjung disaat kesulitan, layanan kunjungan dilaksanakan dengan tepat waktu dan tidak dipungut biaya, serta petugas pelayan kunjungan warga binaan membalas dengan bahasa yang sopan dan tidak diskriminatif kepada pengunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lieslin Maruhawa, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

Tunggul Sihombing, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

Vivi Indra Amelia, Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

Program Pascasarjana, Universitas Terbuka, Medan, Indonesia

References

Abdurrahman, A., Iswanto, D., Rijlan, R., & Rifaid, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Bentuk Percepatan Pelayanan Publik di Kecamatan Lembar Lombok Barat. Jurnal Politik dan Pemerintahan Daerah, 4(1), 164–173.

Amancik, A., Saifulloh, P. P. A., & Barus, S. I. (2023). Reformulasi Pengaturan Masa Jabatan Kepala Desa Dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 12(1).

Arifin, I. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. http://repository.um.ac.id/id/eprint/905

Dailiati, S., & Nielwaty, E. (2022). Inovasi Pelayanan Kunjungan Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru Pada Saat Covid-19. Jurnal Niara, 15(2), 368–378. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.10357

Desriadi, D. (2020). INOVASI BIROKRASI PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BESI NUSAKAMBANGAN KABUPATEN CILACAP PROVINSI JAWA TENGAH. YUDABBIRU JURNAL ADMINISTRASI NEGARA, 2(1), 1–14.

Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan revolusi industri 4.0: Mencegah Smart ASN menjadi mitos dalam agenda reformasi birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 313–336. https://doi.org/https://doi.org/10.24967/jshs.v8i1.1577

Handayani, D. W., Syafarudin, S., & Muflihah, L. (2021). Problem Realisasi Kebijakan Smart City di Indonesia: Kasus Kota Bandar Lampung. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(1), 35–62.

Hasan, M. (2019). Analisis strategik program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk tenagakerja Bukan Penerima Upah (BPU)(studi kasus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19719

Irawan, B. (2017). Studi Analisis Konsep E-Government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma (JP), 2(1), 174–201.

Milenia, F. C., Karsona, A. M., & Singadimedja, H. N. (2022). Perlindungan Peserta Magang Dalam Praktik Unpaid Internship Ditinjau Dari Peraturan Ketenagakerjaan Di Indonesia. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 125–143.

Miranda-Ackerman, R. C., Barbosa-Camacho, F. J., Sander-Möller, M. J., Buenrostro-Jiménez, A. D., Mares-País, R., Cortes-Flores, A. O., Morgan-Villela, G., Zuloaga-Fernández del Valle, C. J., Solano-Genesta, M., Fuentes-Orozco, C., Cervantes-Cardona, G. A., Cervantes-Guevara, G., & González-Ojeda, A. (2019). Burnout syndrome prevalence during internship in public and private hospitals: a survey study in Mexico. Medical Education Online, 24(1), 1593785. https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1593785

Nurauliana, R., Jumanah, J., Fadillah, S., & Diana, S. (2023). PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PROGRAM SMART CITY DI PULAU JAWA DAN SUMATERA: Comparison of the Implementation of Smart City Programs on the Islands of Java and Sumatra. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/restorica.v9i1.3602

Rahmadi, A. N., & Supriyanto, S. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Pelayanan Adminduk Berbasis Digital. Jurnal Sosial dan Humanis Sains (JSHS), 8(1), 18–30.

Rinaldy Amrullah, R. A. (2021). Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Bebas Melayani Di Desa Batang Hari Ogan Lampung. SAKAI SAMBAYAN—Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jispo.v11i1.10765

Risda, Diani, & Nurdiansyah, E. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER BIROKRAT INDONESIA YANG “BERAKHLAK”. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN, 10(1), 115–125.

Risda, Dianni, Hakam, K. A., & Hidayat, M. (2022). Eksistensi Mental Bushido sebagai Basis Pembetukan Karakter Melayani bagi Birokrat Jepang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4624–4631. https://doi.org/https://doi.org/10.36355/jppd.v4i1.43

Risda, Dianni, Nurdin, E. S., & Ruyadi, Y. (2023). Pembentukan Karakter Birokrat Indonesia Yang Berakhlak, Birokrat, Karakter, Modernisasi, Teknologi. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 17–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.7403

Soplantila, R. (2019). Jaminan Sosial Tenaga kerja Bagi Mahasiswa Magang Profesi Pada Perguruan Tinggi Implementasi dari Undang-Undang Ketenagakerjaan. Sasi, 25(2), 192–198.

Syaepudin, B., & Nurlukman, A. D. (2022). Kualitas pelayanan publik melalui e-government dengan aplikasi tangerang gemilang. Pekommas, 7(1), 53–62.

Widyawati, E. (2022). Laporan Magang di Kantor Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Klaten pada Bagian Kearsipan. STIE YKPN. http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/id/eprint/113

Wulandari, S. (2023). Penguatan Reformasi Birokrasi Di Indonesia Menuju Era Society 5.0. Jurnal Public Relations (J-PR), 4(2), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jpr.v4i2.3182

Yasa, A., Suswanta, M., Rahmanto, F., Setiawan, D., & Fadhlurrohman, M. I. (2021). Penguatan Reformasi Birokrasi Menuju Era Society 5.0 di Indonesia Strengthening Bureaucratic Reform Towards Society 5.0 Era in Indonesia. https://doi.org/https://jbti.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/85

Yasa, A., Suswanta, S., Rafi, M., Rahmanto, F., Setiawan, D., & Fadhlurrohman, M. I. (2021). Penguatan reformasi birokrasi menuju era society 5.0 di indonesia. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 27–42.

Published

2025-04-28

How to Cite

Maruhawa, L., Sihombing, T., & Amelia, V. I. . (2025). LAYANAN BIROKRASI HUMANIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KELUARGA WARGA BINAAN PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB GUNUNGSITOLI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 283–294. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.998

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.