PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK

Authors

  • Dania Riski Rahayu Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Yulianti Yulianti Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Ade Elsa Fadillah Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia Abstrak
  • Ermida Lestari Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Faradila Faradila Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Dewi Fitriana Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189

Keywords:

Role of Parents, Counseling Guidance Process

Abstract

Pemberian layanan bimbingan dan konseling orang tua  kepada generasi muda atau kepada anak-anaknya adalah agar mereka dapat mengembangkan kemampuannya, menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, lingkungan pendidikan dan profesi masa depan. Penting bagi anak karena orang tualah yang menjaga dan membimbing anaknya dengan memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari, dan orang tua mengenalkan anaknya pada hal-hal yang ada di dunia ini dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang tidak dilakukan anak-anaknya. memahami. Peran orang tua dalam memahami karakter seorang anak adalah: a) Kedua orang tua hendaknya menyayangi anaknya dan menjaga anaknya, ketika anak mendapat kasih sayang yang cukup dari ibu dan bapaknya, sehingga ketika anak ada di luar rumah dan menghadapi masalah yang baru. , mereka bisa menghadapinya. dan memperbaikinya. b)  orang tua harus tetap bersikap tenang di rumah agar anak akan merasa adanya ketenangan dirumah, c) saling menghargai antara kedua orang tua dan anak, d) orang tua harus mampu bertindak lebih tegas agar mau menghargai anak, membangun kepercayaan, rasa syukur dan memberi keyakinan pada anak, e) mengurangi perkataan yang tidak baik karena mempengaruhi kepribadiannya dan menimbulkan kedekatan, keakraban, 6) memperkuat rasa percaya diri karena dengan cara ini mereka akan mudah menerima kesalahan dan kesalahannya, mereka percaya bahwa itu adalah kapasitasnya sendiri untuk membantu orang lain, mereka merasa kehadirannya sangat berarti. penting. berguna dan penting, f) berkumpul dengan anak,agar melihat keingintahuan anak terhadap kebenaran yang dibawa ya sejak lahir, diumur mereka yang masih dini,biasanya keingintahuan tentang dirinya sendiri, itulah kenapa peran orang tua  terhadap anak sangat penting.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 102 times

References

Amin, R. (2017). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1–13. http://jurnal.faiunwir.ac.id

Ari. (2018). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Jurnal BK Unesa, 8(3), 36–44.

Azam. (2016). Bimbingan dan konseling perkembangan di sekolah teori dan praktik. In Deepublish.

Fadlilah. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 79.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 1.

Julia, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Lase, B. P. (2016). Posisi dan Urgensi Bimbingan Konseling dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Warta, 58(1), 1–17.

Neviyarni. (2021). Peran Guru BK (Bimbingan dan Konseling) Dalam Mensukseskan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 4051–4056.

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128–136.

Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 153–160.

Rahmi. (2021). Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. In Syiah Kuala University Press.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75.

Syahraeni, A. (2015). Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 27–45.

Ulfah. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 3(1), 232–245.

Published

2023-12-12

How to Cite

Rahayu, D. R. ., Yulianti, Y., Fadillah, A. E. ., Lestari, E. ., Faradila, F., & Fitriana, D. . (2023). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 887–892. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)