PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189Keywords:
Role of Parents, Counseling Guidance ProcessAbstract
Pemberian layanan bimbingan dan konseling orang tua kepada generasi muda atau kepada anak-anaknya adalah agar mereka dapat mengembangkan kemampuannya, menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial, lingkungan pendidikan dan profesi masa depan. Penting bagi anak karena orang tualah yang menjaga dan membimbing anaknya dengan memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari, dan orang tua mengenalkan anaknya pada hal-hal yang ada di dunia ini dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang tidak dilakukan anak-anaknya. memahami. Peran orang tua dalam memahami karakter seorang anak adalah: a) Kedua orang tua hendaknya menyayangi anaknya dan menjaga anaknya, ketika anak mendapat kasih sayang yang cukup dari ibu dan bapaknya, sehingga ketika anak ada di luar rumah dan menghadapi masalah yang baru. , mereka bisa menghadapinya. dan memperbaikinya. b) orang tua harus tetap bersikap tenang di rumah agar anak akan merasa adanya ketenangan dirumah, c) saling menghargai antara kedua orang tua dan anak, d) orang tua harus mampu bertindak lebih tegas agar mau menghargai anak, membangun kepercayaan, rasa syukur dan memberi keyakinan pada anak, e) mengurangi perkataan yang tidak baik karena mempengaruhi kepribadiannya dan menimbulkan kedekatan, keakraban, 6) memperkuat rasa percaya diri karena dengan cara ini mereka akan mudah menerima kesalahan dan kesalahannya, mereka percaya bahwa itu adalah kapasitasnya sendiri untuk membantu orang lain, mereka merasa kehadirannya sangat berarti. penting. berguna dan penting, f) berkumpul dengan anak,agar melihat keingintahuan anak terhadap kebenaran yang dibawa ya sejak lahir, diumur mereka yang masih dini,biasanya keingintahuan tentang dirinya sendiri, itulah kenapa peran orang tua terhadap anak sangat penting.
Downloads
References
Amin, R. (2017). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1–13. http://jurnal.faiunwir.ac.id
Ari. (2018). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Jurnal BK Unesa, 8(3), 36–44.
Azam. (2016). Bimbingan dan konseling perkembangan di sekolah teori dan praktik. In Deepublish.
Fadlilah. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 79.
Habsy, B. A. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 1.
Julia, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Lase, B. P. (2016). Posisi dan Urgensi Bimbingan Konseling dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Warta, 58(1), 1–17.
Neviyarni. (2021). Peran Guru BK (Bimbingan dan Konseling) Dalam Mensukseskan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 4051–4056.
Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128–136.
Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 153–160.
Rahmi. (2021). Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial. In Syiah Kuala University Press.
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75.
Syahraeni, A. (2015). Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 27–45.
Ulfah. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 3(1), 232–245.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten