MENYIKAPI PERMASALAHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH : PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Penulis

  • Yulianti Yulianti Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Novia Tri Ramahwati Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Meyrina Azzahwa Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Aprilia Anjani Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Sania Sauma Rizky Hudaya Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia
  • Fiska Muthia Afifah Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1296

Kata Kunci:

Permasalahan Peserta Didik, Belajar, Bimbingan dan Konseling

Abstrak

Pengkajian ini bermaksud untuk mengeksplorasi peranan bimbingan dan konseling dalam menyikapi permasalahan belajar siswa/siswi ang di sekolah. Metode yang dipilih untuk artikel ini adalah Literature Review, Adapun metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan Literature review. Literatur review merupakan kajian yang memiliki tujuan untuk mencari dan menganalisis secara komprehensif, terstuktur, tiada keraguan dan boleh diulang pada proses Pendekatan ini digunakan karena adanya kesamaan dan kerelevannya dalam menilai secara sitematik keselururan kajian yang berhubungan dengan Peran Bimbingan konseling di Sekolah Adapun artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5  artikel mulai dari tahun 2019-2023.. Berdasarkan analisis kajian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memiliki peran yang signifikan dalam meringankan peserta didik menanggulangi berbagai masalah belajar, seperti kesulitan akademik, motivasi rendah, konflik interpersonal, dan lainnya. Pendekatan yang holistik dan berbasis pada kebutuhan individu dapat memberikan dukungan yang efektif bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi mereka secara optimal. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya peningkatan peran dan dukungan bagi para konselor dan guru dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang berkualitas di lembaga pendidikan. Diharapkan pengkajian ini sanggup memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan praktik bimbingan dan konseling di sekolah guna mengembangkan hasil dan prestasi belajar demi kesejahteraan peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Abstrak viewed = 35 times

Referensi

Andi Riswandi Buana Putra, (2019). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Jurnal Konseling Gusjigang Vol. 1 No. 2.

Arianto, R. (2022). Permaslahan Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 2(3), 550–554.

Burhan, N. I. (2021). Systematic Literature Review (SLR) on The Elements of Preacher Development. BITARA International Journal if Civizational Studies and human Science, 145-164.

Fauziah, Lili, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2).

Fitriyanti, I., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2019). Peran Guru Bk Dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sma Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/juang.v2i2.4286

Fenti hikmawati, (2019). Bimbingan Konseling, Cet. III; Jakarta; PT. Raja Grafindo

Hazima. (2023). Implementation of Content Mastery Services in Overcoming Problem of student Learning Difficulties. Journal for lesson and learning student, 81-91.

Hallen A. (2019). Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Pers.

Hinsa Simanjuntak (2019),Peranan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Belajar oleh Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Parbuluan Guru SMA Negeri 1 Parbuluan, Vol. 5

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Muhamad Fatkhul Muin.(2023), PERANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 7 DI MTs N 01 PONOROGO 2023 Muhamad Fatkhul Muin UNIDA Gontor Ponorogo, Jawa Timu Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam Volume 05 No 01 Januari-Juni 2023... r,

Lase, B. P. (2018). Posisi dan Urgensi Bimbingan Konseling dalam Praktik Pendidikan. Jurnal Warta, 58, 1–17.

Mursalin. (2021). Permasalahan Siswa dalam Kesulitan Belajar ( Studi Kasus Terhadap JM Siswi Kelas IV SD Negeri Cot Jaja ). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 308–314.

Nisa, A. (2016). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menangani Peserta Didik. Jurnal Sosio-E-Kons, 8(3), 175–182.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.94

Rohaniah. (2023). PENDIDIKAN GAYA HIDUP MAMPAN: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIK (SLR). Jurnal Kurikulum dan pengajaran Asia pasifik, 30-38

Saleh Muhammad. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa, Gowa : Agma

Sukatin, Dianovi, A., Siregar, D., Mawaddah, I., & Suryaningsih. (2022). Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8(2), 1–12.

Syahada, N. L., Wulandari, I., & Setyawan, A. (2022). Problematika Peserta Didik Dalam Pembelajaran Dan Alternatif Solusi Pada Peserta Didik Di Sdn Kowel 3. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 2(2), 224–236. https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i2.5466

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Yulianti et al. (2023). Literature Review Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam. 9, 475–489.

Zubaidi, (2019). Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Prenada Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Yulianti, Y., Ramahwati, N. T. ., Azzahwa, M. ., Anjani, A., Rizky Hudaya, S. S. ., & Afifah, F. M. . (2024). MENYIKAPI PERMASALAHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH : PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 84–95. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1296

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama