MEDIA DAN SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1627Kata Kunci:
Media, Sumber, Pendidikan IslamAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang media dan sumber belajar dalam pendidikan Islam yang memegang peranan vital dalam proses pembelajaran agama Islam. Di era digital saat ini, pengembangan dan pemanfaatan media serta sumber belajar yang efektif menjadi semakin penting untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai keislaman pada peserta didik. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai jenis media dan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan Islam, serta mengidentifikasi strategi penggunaan yang optimal dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan deskriptif analitis, penelitian ini mengeksplorasi potensi integrasi teknologi modern dengan nilai-nilai tradisional dalam pengembangan media pembelajaran Islam yang kontemporer namun tetap sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Riset ini memakai tata cara Daftar pustaka( Library research). Tata cara itu ialah analisis pada sebagian rujukan yang berkaitan dengan riset yang dicoba bagus analisis pandangan figur, harian, novel serta yang yang lain. Dengan cara biasa alat memiliki khasiat memperjelas catatan supaya tidak sangat verbalistis, menanggulangi keterbatasan ruang, durasi, daya serta energi indera, memunculkan antusiasme berlatih, interaksi lebih langsung antara anak didik atau anak didik dengan pangkal berlatih.
Unduhan
Referensi
Batubara, W., Adi Syahputra, Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamic Education. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.71
Daud Ali, M. (2005). Hukum Islam : Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Hasriadi. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Membuat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.58230/27454312.121
Jailani, M. sahran. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284
Jamal, M. Y. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Kajian Riset Pendidikan Islam Yang Berorientasi Pada Isu-Isu Sosial Dampak Globalisasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20194
Jamaluddin. (2023). Hadis sebagai Sumber Ajaran (Nāṣir dan Inkār al-Sunnah). Jurnal Kajian Hadis.
Khadafie, M. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1757
Maemonah, M., Zuhri, H., Masturin, M., Syafii, A., & Aziz, H. (2023). Contestation of Islamic educational institutions in Indonesia: Content analysis on social media. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2164019
Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (2022). Literatur Review: Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Madani. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.396
Manan, A. (2022). Peranan Media Pendidikan Dalam Pendidikan Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170
Nasa’i, A., & Sari, N. R. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3126
Nasution, H. B., Sanusi, M., Syawaluddin, F. A., & Budiman, S. (2022). Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3711
Nurfadillah, R., Riantika, P. A., Aminah, F., Islam, P. A., & Belajar, S. (2023). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Indonesia Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS).
Pitri, A., Ali, H., & Anwar Us, K. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDIDIKAN ISLAM: PARADIGMA, BERPIKIR KESISTEMAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PENDIDIKAN). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.854
Rosmiati, R. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.26
Salsabila, U. H., Fitrah, P. F., & Nursangadah, A. (2020). Eksistensi teknologi pendidikan dalam kemajuan pendidikan islam abad 21. JURNAL EDUSCIENCE. https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1913
Sari, N. D., & Vebrianto, R. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Materi Koloid Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman : Studi Literatur. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri.
Sasmita, R., & Suyadi, S. (2022). Pengembangan Media Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. https://doi.org/10.24014/potensia.v8i1.16027
The influence of Qawl al-Shahâbî in Islamic Law. (2014). Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah. https://doi.org/10.15408/ajis.v14i2.1290
Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.222
Yanto, P. N. F., Listyaningrum, T. A., Triana, D. A. O., Humaira, C. Z. L., Rayendra, M. F., Fatimah, N., & Hariyono, W. (2021). D-Qalami: Guess-and-action cards, Islamic educational media of health and environmental aspects for students of Al-Qur’an Learning Center. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.5765
Yudha, E. C., & Rohmadi, Y. (2022). Hubungan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP-IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.1419
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten