MEDIA DAN SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Leni Oktawira UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia
  • Apriyenti Apriyenti UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia
  • Abhanda Amra UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1627

Kata Kunci:

Media, Sumber, Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang media dan sumber belajar dalam pendidikan Islam yang memegang peranan vital dalam proses pembelajaran agama Islam. Di era digital saat ini, pengembangan dan pemanfaatan media serta sumber belajar yang efektif menjadi semakin penting untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai keislaman pada peserta didik. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai jenis media dan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan Islam, serta mengidentifikasi strategi penggunaan yang optimal dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan deskriptif analitis, penelitian ini mengeksplorasi potensi integrasi teknologi modern dengan nilai-nilai tradisional dalam pengembangan media pembelajaran Islam yang kontemporer namun tetap sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Riset ini memakai tata cara Daftar pustaka( Library research). Tata cara itu ialah analisis pada sebagian rujukan yang berkaitan dengan riset yang dicoba bagus analisis pandangan figur, harian, novel serta yang yang lain. Dengan cara biasa alat memiliki khasiat memperjelas catatan supaya tidak sangat verbalistis, menanggulangi keterbatasan ruang, durasi, daya serta energi indera, memunculkan antusiasme berlatih, interaksi lebih langsung antara anak didik atau anak didik dengan pangkal berlatih.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Batubara, W., Adi Syahputra, Mardianto, & Nirwana Anas. (2021). Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamic Education. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.71

Daud Ali, M. (2005). Hukum Islam : Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Hasriadi. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Membuat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.58230/27454312.121

Jailani, M. sahran. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam (PAI)). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.2.1284

Jamal, M. Y. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Kajian Riset Pendidikan Islam Yang Berorientasi Pada Isu-Isu Sosial Dampak Globalisasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20194

Jamaluddin. (2023). Hadis sebagai Sumber Ajaran (Nāṣir dan Inkār al-Sunnah). Jurnal Kajian Hadis.

Khadafie, M. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1757

Maemonah, M., Zuhri, H., Masturin, M., Syafii, A., & Aziz, H. (2023). Contestation of Islamic educational institutions in Indonesia: Content analysis on social media. Cogent Education. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2164019

Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (2022). Literatur Review: Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Madani. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.396

Manan, A. (2022). Peranan Media Pendidikan Dalam Pendidikan Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170

Nasa’i, A., & Sari, N. R. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3126

Nasution, H. B., Sanusi, M., Syawaluddin, F. A., & Budiman, S. (2022). Peran Filsafat Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3711

Nurfadillah, R., Riantika, P. A., Aminah, F., Islam, P. A., & Belajar, S. (2023). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Indonesia Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS).

Pitri, A., Ali, H., & Anwar Us, K. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDIDIKAN ISLAM: PARADIGMA, BERPIKIR KESISTEMAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PENDIDIKAN). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.854

Rosmiati, R. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.26

Salsabila, U. H., Fitrah, P. F., & Nursangadah, A. (2020). Eksistensi teknologi pendidikan dalam kemajuan pendidikan islam abad 21. JURNAL EDUSCIENCE. https://doi.org/10.36987/jes.v7i2.1913

Sari, N. D., & Vebrianto, R. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Materi Koloid Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman : Studi Literatur. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri.

Sasmita, R., & Suyadi, S. (2022). Pengembangan Media Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. https://doi.org/10.24014/potensia.v8i1.16027

The influence of Qawl al-Shahâbî in Islamic Law. (2014). Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah. https://doi.org/10.15408/ajis.v14i2.1290

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.222

Yanto, P. N. F., Listyaningrum, T. A., Triana, D. A. O., Humaira, C. Z. L., Rayendra, M. F., Fatimah, N., & Hariyono, W. (2021). D-Qalami: Guess-and-action cards, Islamic educational media of health and environmental aspects for students of Al-Qur’an Learning Center. Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.5765

Yudha, E. C., & Rohmadi, Y. (2022). Hubungan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an dengan Prestasi Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMP-IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.1419

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Oktawira, L. ., Apriyenti, A., & Amra, A. . (2025). MEDIA DAN SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1244–1252. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1627

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.