UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU MELALUI MODEL PROBLEM BASE LEARNING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • DEWI NUSPITA SDN 82/VIII Wirotho Agung

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.775

Abstract

Pembelajaran lebih banyak diarahkan pada penjelasan instruktur dan jawaban siswa kurang jelas. Tujuan dari riset ini adalah menemukan pendekatan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Siswa SD 194/VIII Wirotho Agung kelas V berpartisipasi dalam penelitian ini. Total ada 20 siswa yang berpartisipasi, dengan 9 laki-laki dan 11 perempuan berpartisipasi dalam penelitian ini. Proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi masing-masing diselesaikan satu kali selama dua siklus saat penyelidikan ini dilakukan. Model siklus ini memiliki empat komponen: merencanakan, melaksanakan rencana, menilai seberapa baik rencana itu berjalan, dan membuat kesimpulan. Mengamati subjek dan melakukan tes adalah contoh teknik pengumpulan data. Lembar catatan lapangan, catatan siswa dan pengamatan, catatan evaluasi, dan dokumentasi. Proses analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini akan menggunakan bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Antara siklus I dan II secara keseluruhan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan dari 73,65% menjadi 87,65%. Dari sudut pandang mereka, instruktur dapat mengatakan dari hasil observasi bahwa kinerja siswa meningkat dari 78,57% pada siklus I menjadi 94,63% pada siklus II. Proporsi siswa yang lulus kedua siklus meningkat dari 80,35% pada siklus I menjadi 94,63% pada siklus II selama ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 119 times

References

Adrian, Y., & Agustina, R. L. (2019). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4. Lentera: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.907

Bontong, A. T., Faizin, M., & Kusumaningrum, S. (2021). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran SD Inpres 135 Hasik Jaya Kabupaten Sorsel. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1194

Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4.

Dr. Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. In Prenadamedia Group Jakarta.

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875

Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752

Kemendikbud. (2013). Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Kemendikbud.

Miaz, Y. (2015). Penelitian tindakan kelas bagi guru dan dosen.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Stefani, S., Elva, N., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK di Kelas V SDN 07 Pandam Gadang. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1379

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Warsita, B. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.440

Yavuz, G., Deringöl, Y., & Arslan, Ç. (2017). Elementary School Students Perception Levels of Problem Solving Skills. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051106

Published

2022-12-31

How to Cite

NUSPITA, D. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU MELALUI MODEL PROBLEM BASE LEARNING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 270–281. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.775

Issue

Section

Articles