IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING MULTI PASS STRATEGY ON NARRATIVE TEXT AT TENTH GRADE OF SMK START UP DARA JINGGA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.101Kata Kunci:
Reading Comprehension, MultiPass Strategy, Narrative TextAbstrak
Pemahaman membaca menjadi masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas X SMK Start Up Dara Jingga karna siswa pada SMK Start Up tersebut memiliki nilai yang rendah pada pemahaman bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan Strategi Multipass pada siswa kelas X SMK Start Up Dara Jingga tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang berisi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Data Start Up Jingga. Kelas terdiri dari 16 siswa; 7 laki-laki dan 9 perempuan. Kemudian data penelitian ini melalui data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai tugas membaca dan tes siswa pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui hasil observasi. Hasil penelitian dari siklus 1 sampai siklus 2 menunjukkan bahwa Multiple Strategy dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Pada siklus 1 nilai siswa meningkat menjadi 87,5%. Selanjutnya peningkatan data kuantitatif didukung oleh data kualitatif, dimana terdapat peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa. Yaitu: teks membaca, kegiatan kelas, pengajaran, strategi, dan guru. Dapat dikatakan bahwa strategi multipass dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman khususnya pada siswa kelas X SMK Start Up Dara Jingga tahun ajaran 2018/2019.
Unduhan
Referensi
Harefa, Hasrat Sozanolo. 2018. “Implementing Multipass Strategy to Improve Students’ Skill in Reading Comprehension.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra 3(2).
Harmer, Jeremy. 2001. “How to Teach English an Introduction to the Practice of English Language Teaching.”
Herlina, Rina., Kurnia, Asep Dudi., Faridah, Didih. 2018. “Teachers’ Perception on Classroom Action Research in English Education Among English Teahers in Ciamis West Java.” Journal of Applied Linguistics and Literacy 2(1): 45–49.
Klinger, Janette K. Vaughn, Sharon. and Boardman, Alison. 2007. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. ed. Karen R. Harris and Steve Graham. The Guilford Press.
Linse, C T. Nunan, D. 2005. Practical English Language Teaching: Young Learner. New York: The McGraw-Hill Companies.
Ruddell, M.R. 2005. Teaching Content Reading and Writing. John Wiley & Sons Canada, Ltd.
Sari, Fitran. 2020. “Penggunaan Bahan Ajar IPA Berbasis Pendekatan SAVI ( Somatic , Auditory , Visual , Intellectual ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Journal of Classroom Action Research.
Ur, Penny. 2009. “A Course in Language Teaching_ Practice of Theory (Cambridge Teacher Training and Development) -Cambridge University Press (1996).Pdf.”
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten