UPAYA PENINGKATAN LITERASI EKONOMI BAGI SISWA SD DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0

Penulis

  • Ery Maritim Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Maya Damayanti Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Diah Susilowati Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Aji Budiarso Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1067

Kata Kunci:

Literasi, Literasi Ekonomi, Pembelajaran, Pendidikan IPS, Siswa SD, Society 5.0

Abstrak

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat saat ini telah membawa dampak kompleks dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Tuntutan akan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki etos kerja yang baik semakin meningkat. Oleh karena itu, pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi siswa Sekolah Dasar (SD) dalam menghadapi era Society 5.0 di mana lebih menekankan bahwa teknologi dan fungsinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni metode studi literature review. Metode ini bersifat sistematis, eksplisit, dan reprodusibel untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis tulisan-tulisan dari penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan oleh praktisi dan ahli dengan menggabungkan referensi dari artikel penelitian dan konseptual pada jurnal nasional bereputasi yang diambil melalui Google Scholar dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi pada tingkat SD dapat meningkatkan literasi ekonomi siswa. Guru dapat menggunakan berbagai upaya pengajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa untuk memberikan pemahaman tentang konsep dasar ekonomi. Literasi ekonomi membantu siswa dalam memahami kegiatan ekonomi sehari-hari dan mengambil keputusan yang lebih rasional. Pemberian pemahaman tentang literasi ekonomi juga membutuhkan intervensi dari keluarga dan sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahdar, A., Akbar, M., & Zurahmah, Z. (2022). Pembelajaran Ips Dalam Menyambut Society 5.0. … Dan Pembelajaran ….

Aliyyunnisa, N. (2020). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Viii Pada Materi Baris Dan Deret Ditinjau Dari Pemahaman Konsep. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 135–142. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.134

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Amirahlilis, P. G. (2023). Keadaan Pendidikan Saat Ini dan Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar. Thesis.

Anom Pancawati, A. P., & Rieka Yulita Widaswara. (2023). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN POTENSI PARIWISATA. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i1.1398

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). SASTRA ANAK BERBASIS ECOPRENUERSHIP SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN LITERASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Awulloh, A., Latifah, K., Nur, A., & Huda, M. K. H. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Society 5 . 0 Study. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar).

Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid.

Baiti, N. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN, PEKERJAAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK. JEA (Jurnal Edukasi AUD). https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

Budiman, I. (2020). EPISTIMOLOGI ILMU EKONOMI ISLAM ANALISIS PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies. https://doi.org/10.32505/lentera.v1i2.2106

Cahyaningrum, N., Priyanto, W., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2020). Analisis Materi Pembelajaran IPS Pada Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies.

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahmah, A., Farid, A. M., & S, M. F. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education.

Evans, B. A. (2015). Did Economic Literacy Influence Macroeconomic Policy Preferences of the General Public during the Financial Crisis? American Economist. https://doi.org/10.1177/056943451506000204

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Kinerja Kewirausahaan: Literasi Ekonomi, Literasi Digital dan Peran Mediasi Inovasi. Formosa Journal of Applied Sciences. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1288

Karmana, I. W. (2023). Literature Review : Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa di Sekolah. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi. https://doi.org/10.36312/biocaster.v3i3.198

Kharizmi, M. (2015). KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI. Jurnal Pendidikan Almuslim.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13016

Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150

Meilisa, H. A., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MATERI AKTIVITAS EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR Hilda Azlia Meilisa 1 ; Endang M Kurnianti 2 ; Uswatun Hasanah 3. Jurnal Genta Mulia.

Mudzanatun, M. (2017). PENYIAPAN PENDIDIK ABAD 21 MELALUI BUDAYA LITERASI. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1774

Muflikatun, M., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Microsoft Sway untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal). https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.109

Olii, S., & Yusuf, R. (2021). Literasi Digital Menuju Era Masyarakat 5.0 Di Sekolah Dasar. Pascasarjana Universitas Negri Gorontalo.

Pamungkas, A. S. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI PADA MATERI BILANGAN BAGI MAHASISWA CALON GURU SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142

Pinatih, N. P. S. (2020). Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020.

Purwananti, Y. S., & Kotimah, N. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran IPS Di Era Revolusi 4.0. Equity In Education Journal.

Putri Adinda, Maharani Agil, Zakya Laili Fajri Auliana, Saputri Andarini Devinna, Faruqi Ismail Muhammad, & Marini Arnita. (2023). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITALISASI DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora.

Rahayu, D. R., Yulianti, Y., Fadillah, A. E., Lestari, E., Faradila, F., & Fitriana, D. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Dharmas Education Journal (DE_Journal). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189

Rahman, A., Rambe, A. R., & Triana, R. (2023). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT). https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.302

Risnawati, Mintarti, W., & Ardoyo. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan.

Rizal, S. (2020). Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.2.96-107

Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329

Saputra, T. A. (2016). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis pembelajaran Tematik. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2736

Shafar, M. R., Dinar, M., Hasan, M., Ahmad, M. I. S., & Supatminingsih, T. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup pada Sekolah Dasar Berbasis Literasi Ekonomi. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3420

Siagian, H. F. A. S. (2023). Mengenal Revolusi Industri 5.0. Direktorat Jendral Kekayaan Negara.

Sina, P. G. (2012). ANALISIS LITERASI EKONOMI. Jurnal Economia.

Suharni, S. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Suswandari. (2019). Ekstrapolasi Paradigma Pendidikan dan Kearifan Kebudayaan Lokal dalam Menyambut Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran).

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). PENDIDIKAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Tusriyanto, T., Nadiroh, N., & Japar, J. (2022). Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5837

Walstad, W. B. (1989). Economic literacy in the schools. Vital Speeches of the Day.

Wardani, S. ayu wardani, & Cahyaningsih, U. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Pada Mata Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.317

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.

Yuangga, K. D. (2023). Transformasi Digital dalam Pendidikan Ekonomi: Menyiapkan Generasi Muda untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2410

Yuwono, W. (2020). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-10

Cara Mengutip

Maritim, E. ., Damayanti, M., Susilowati, D. ., & Budiarso, A. . (2024). UPAYA PENINGKATAN LITERASI EKONOMI BAGI SISWA SD DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 236–247. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1067

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.