AN ERROR ANALYSIS OF COHESION IN ENGLISH STUDENTS’ ESSAY WRITING AT STKIP YDB LUBUK ALUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1098Kata Kunci:
Error Analysis, Cohesion, English EssayAbstrak
Esai Bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan menulis Bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Sejak keterampilan menulis esai Bahasa Inggris merupakan keterampilan yang seharuisnya diajarkan ke mahasiswa, sehingga esai Bahasa Inggris harus dikuasai oleh mahasiswa. Walaupun penulisan esai Bahasa Inggris memiliki pemikiran yang dalam dan terstruktur, namun penulisan esai ini juga berkontribusi besar guna mengembangkan keterampilan punulisan esai mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan kesalahan yang terdapat pada cohesions dari penulisan esai Bahasa Inggris mahasiswadi STKIP YDB Lubuk Alung. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 3di program study Bahasa Inggris STKIP YDB Lubuk Alung dengan mengunakan Teknik purposive sampling yang terdiri dari 8 mahasiswa. Instrumen pada penelitian ini adalah dokumen dari hasil penulisan esai Bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini menyelidiki jenis-jenis dari cohesion yang dibagi kedalam 2 kelompok, yaitu grammatical dan lexical cohesion. Grammatical cohesion meliputi refernces, substitutions, ellipsis, and conjuctions. Sementara itu, lexical cohesion terdiri dari reiteration dan colocation. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 299 kesalahan dari penulisan esai Bahasa Inggris mahasiswa. Kesalahan grammatical cohesion sebanyak 203 dan kesalahan lexical cohesions sebanyak 96. Berdasarkan hasil tersebut, sangat direkomendasikan bahwa dosen Bahasa Inggris agar lebih menperhatikan pembahasan, penjelasan, dan menganalisa semua kesalahan inib agar bisa diselesaikan pada kesalahan penulisan esai Bahasa Inggris pada grammatical dan lexical cohesions.
Unduhan
Referensi
Ahmed, A. H. (2010). Students’ Problems with Cohesion and Coherence in EFL Essay Writing in Egypt: Different Perspectives. Literacy Information and Computer Education Journal, 1(4), 211–221. https://doi.org/10.20533/licej.2040.2589.2010.0030
Andayani, P. O., Seken, I. K., & Marjohan, A. (2013). An analysis of the cohesion and coherence of the students’ narrative. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 1, 40–53.
Anom, Seken, K., & Suarnajaya. (2013). an Analysis of the Narrative Writing the Ninth Grade Students of Smp Negeri 1 Gianyar Based on Text’S Cohesion and Coherence.
Badrul. (2005). An Analysis of Cohesive Devices in Students Narrative Writing at Islamic Junior High School AnNuur Muaro Jambi. IAIN SulthanThaha Saifuddin Jambi.
Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and teaching 4th Edition. Longman.
Halliday, & Hasan. (2013). Cohesion in English. Routledge.
Hikmatul, H. (n.d.). Analysis of Ommision dan Addition Errors Found in the Students’ English Texts. ELTICS: JOurnal of Language Teaching and English Linguistics, 5.
Husni, R., Saputra, R., & Astuti, E. (2023). Keefektifan Pengunaan Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 13(1), 292–297.
Lestari. (2015). Cohesive device in students’ writing at second grade of state Senior High School 6 Batanghari. IAIN Jambi.
Linse, C. T. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners. McGraw-Hill.
Murcia, C., & Olhstain, E. (2000). Discourse and Context in Language Teaching: A Guide for Language Teachers. Chambridge University Press.
Nurhayati. (2012). The error analysis on the use of cohesive devices in english writing essay among the seventh semester students of English Salatiga. Unpublished Thesis.
Patton, M. (2002). Qualitative research and evaluation methods. Integrated Theory and Practice. Sage Publishion Ltd.
Saputra, R. (2023). Students’ Error Analysis in Writing Essay of English Language Teaching. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 252–260. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.912
Sawalmeh, M. H. M. (2013). Error Analysis of Written English Essays : The case of Students of the Preparatory Year Program in Saudi Arabia. English for Specific Purpose, 14(40), 1–17.
Suningsih. (2016). The Use of Cohesive Devices in Students Writing. Universitas Lampung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten