ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MATERI PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS V SD SANTA MARIA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1182Abstrak
Analisis kualitas setiap bagian soal harus dianalisis supaya mengetahui bagian-bagian dari soal ini apakah layak dipertahankan untuk bisa digunakan. Fokus riset ini yaitu untuk mengimprove proses pembelajaran serta penilaian di sekolah dasar menggunakan materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Seorang guru hendaknya menguji kelayakan dari masing-masing butir soal yang akan diberikan pada peserta didik. Untuk saat ini, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Soal yang digunakan adalah soal pilihan ganda sebanyak dua puluh dengan materi tentang sistem pernapasan manusia.. Untuk menganalisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Dari data analisis diperoleh hasil sebagai berikut : menunjukkan bahwa 65% soal berkategori valid dan 35% tidak valid; mereka memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan R1 sebesar 0.67; mereka memiliki tingkat kesulitan 10% dengan presentasi sedang, 25% dengan presentasi sedang, dan 65% dengan presentasi mudah. Setiap soal memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Separuh atau sepuluh soal termasuk dalam kategori daya pembeda yang baik; seperempatnya atau lima soal termasuk dalam kategori sedang; dan seperempat lagi atau lima soal juga termasuk dalam kategori daya pembeda yang baik. Hasil menunjukkan bahwa soal yang valid dapat digunakan kembali, dan soal yang tidak valid atau buruk dapat diperbaiki sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Daftar Pustaka
Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran (10th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.
Azis, A. (2016). Analisis Tes Buatan Guru Bidang Studi Matematika Kelas V SD 1 Katobengke. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2998 Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18, No 1 Juni 2023, hal. 91-101 http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc e-ISSN: 2527-9998 Received: 19 Juni 2023 Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan I 100 Accepted: 25 Maret 2023 Online Published: 29 Juni 2023 DOI: 10.29408/edc.v18i1.18291
Depdiknas. (2013). Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2011, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115
Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133
Hariyatmi, & Marsiyah, F. (2018). Profil Soal Buatan Guru Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Di SMA Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek III, 3(7), 572–579.
Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al muarrib.v1i1.2100
Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335
Nurhasanah, & Ahmad, H. (2017). Analisis Soal Ujian Tengah Semester (Uts) Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pendidikan Pepatudzu, 13(1), 30–42.
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370
Rahmasari, D., & Ismiyati. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 317–330.
Salvina, N., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMK Jurusan Teknologi Dan Rekayasa Di Kabupaten Kotawaringin Timur Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1), 46–56. https://doi.org/10.37304/jikt.v10i1.20
Sari, I. N., Anggraini, M. P., Maryoni, R., & Walid, A. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Uts Pembelajaran Ipa Kelas Vii Di Smp Bp Pancasila. ISEJ: Indonesian Science …, 2(3), 164– 170. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/358%0Ahttps://www.siducat.org/ind ex.php/isej/article/download/358/271
Sopiah, A., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA SMA Di Kabupaten Kotawaringin Barat Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18, No 1 Juni 2023, hal. 91-101 http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc e-ISSN: 2527-9998 Received: 19 Juni 2023 Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan I 101 Accepted: 25 Maret 2023 Online Published: 29 Juni 2023 DOI: 10.29408/edc.v18i1.18291 Pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(2), 110–126. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v10i2.27
Subana, M., & Sudrajat. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah (4th ed.). CV Pustaka Setia. Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan (27th ed.). Rajawali Press.
Virginia, S., Angraini, W., Pratesya, W., & Walid, A. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Terpadu Kelas VII SMP 05 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 61–65. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4173
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.31
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten