MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT

Penulis

  • Satria Putra Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1323

Kata Kunci:

Manajemen Pembelajaran, PAI, Perguruan Tinggi Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran PAI di Institut agama Islam Nurul Hakim Kediri Lombok barat. Menggunakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik, yakni; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk metode analisis data penelitian yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 tahapan umum dalam pembelajaran PAI di Institut Agama Islam Nurul Hakim. Ke 4 tahapan tersebut, yakni; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan. Terkait perencanaan, Institut Agama Islam Nurul Hakim dalam proses perencanaan pembelajaran PAI pada Sistem Pendidikan Nasional, dan melandaskan diri pada visi dan misi Perguruan Tingginya. Terkait dengan pelaksanaan program tersebut, bertumpu pada waktu perkuliahan yang telah ditentukan, dan ada juga kegiatan lain yang  bersifat sementara. Namun kegiatan tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap penilaian siswa. Sehingga implementasi pembelajaran PAI di Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim bisa dikatakan tidak sepenuhnya berjalan secara maksimal; dan yang terkait dengan evaluasi dan pengawasan, ditemukan bahwa evaluasi dan pengawasan yang dilakukan tidak juga sepenuhnya berjalan secara maksimal, sebagaimana hal ini juga terjadi dalam implementasi pembelajaran PAI di Institut Agama Islam (IAI) Nurul Hakim sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

An-Nahidl, N. A. (2010). Pendidikan Agama di Indonesia: Gagasan dan Realitas. Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Athoilah, A. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Pustaka Setia.

Haidar Putra Daulay. (2009). Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia. Rineka Cipta.

Jasa Unggah Muliawan. (2005). Pendidikan Islam Integratif. Pustaka Pelajar.

Jusuf Amir Feisal. (1995). Reorientasi Pendidikan Islam. Gema Insani Press.

Limbong, M. (2022). Analysis of Obstacles and Difficulties in the Process of Implementing Learning for Students Based on the Learning Management System (LMS). International Journal of Educational Management and Innovation, 4(2).

Mardeli & Sukirman. (2022). The Relationship Between Learning Attitude, Interest In Learning, Motivation To Learn, And Self-Efficacy With Learning Achievement Of Pai Study Programme Students In The Faculty Of Tarbiyah And Teacher Science UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2).

Muhaimin dkk. (2008). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Misaka Galiza.

Purwanto, K. (2020). Penggunaan Pembelajaran Model Word Square Bagi Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vi Sdn 08 Sitiung. Dharmas Education Journal, 1(2).

Rusmi, R., Cahyani, A. D., Katiyah, K., Yumna, N. L. Z., & Mahardhani, A. J. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Sebagai Sarana Aktualisasi Diri. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2).

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Suprihatingrum, J. (2012). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-ruz Media.

Suyatno, S., Wantini, W., Ahmadong, A., Khosiin, K., & Samaalee, A. (2023). Internalization of Islamic Values in Muhammadiyah Elementary Schools. International Journal of Educational Management and Innovation, 4(1).

Tarihoran, N., Hilmiyati, F., & Oktaviana, F. (2023). Implementation of Authentic Assessment of the Implementation of Merdeka Curriculum in PAI Subjects at Ma Al-Khairiyah Rancaranji , Serang Regency. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1).

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Zainuddin, Ali dan Mundzier Suparta. (2007). Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-23

Cara Mengutip

Putra, S. . (2024). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI INSTITUT AGAMA ISLAM NURUL HAKIM KEDIRI LOMBOK BARAT. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 336–343. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1323

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.