PENGUKURAN, EVALUASI DAN ASESMEN SERTA TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PAI

Penulis

  • Ahmad Ikbal Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Andrianto Andrianto Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Evi Suryaningrum Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Badriyatul Muniroh Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Fitri Gusnita Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Julhadi Julhadi Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1693

Abstrak

Peningkatan kualitas sistem penilaian merupakan salah satu inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan. Kerangka pembelajaran yang kuat akan menghasilkan pendidikan berkualitas tinggi, mendorong para pendidik untuk mengembangkan strategi pengajaran yang efektif, dan menginspirasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran mereka dengan lebih efektif. Pengukuran, penilaian, asesmen dan evaluasi masing-masing memiliki ruang lingkup dan fokus yang berbeda. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan yang digunakan untuk menganalisis literatur yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini melakukannya dengan menganalisis literatur yang berkaitan dengan konsep pengukuran, evaluasi, dan asesmen dalam Pendidikan Agama Islam. Ruang lingkup penilaian lebih singkat dan biasanya hanya terbatas pada satu elemen, seperti prestasi siswa, keaktifan siswa dan sebagainya. Selain itu, penilaian dilakukan dan digunakan oleh individu yang terlibat atau menjadi bagian dari sistem yang bersangkutan. Evaluasi lebih luas mencakup semua komponen sistem, seperti sistem pendidikan, kurikulum, dan pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan oleh evaluasi internal dan eksternal. Pada dasarnya, hasil belajar siswa terdiri dari tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotor. Diharapkan bahwa guru dapat mengembangkan bidang ini dengan baik dalam setiap pembelajaran. Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan ketiga bidang tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ghufron, Anik dan Sutama. Modul 1: Tes Pengukuran, Asesmen, dan Evaluasi, Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran, (http://repository.ut.ac.id/4387/1/MPMT5302-M1.pdf)

Guildford, J. P. (1982). Fundamental Statistics in Psychology and Education (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Gunawan, Imam. (2020), Evaluasi Program Pembelajaran, Madiun: PGRI Madiun

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. (Cet. III; PT Bumi Aksara : Jakarta, 2008), hal. 90-91.

M. Makbul, (2020), Deskripsi Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi, (Makassar: UIN Alauddin Makassar

Magdalena, Ina Hadana Nur Fauzi, dan Raafiza Putri. (2020) “Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya,” Jurnal Pendidikan dan Sains 2

Marzuki, Ismail dan Lukmanul Hakim. (2019) “Evaluasi Pendidikan Islam,” Tadarus Tarbawy 1, no. 1: 77–84, doi:10.35905/alishlah.v17i2.1000

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2001.

Popham, W. J. (2008). Educational assessment: What school leaders need to know. Boston, MA: Pearson.

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.

Sukardi, M. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. (Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2008), h. 55-56

Syarnubi. (2019), “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan,” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1

Wandt, E., & Brown, G. W. (1977). Essentials of Educational Evaluation. Addison-Wesley.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-10

Cara Mengutip

Ikbal, A., Andrianto, A., Suryaningrum, E. ., Muniroh, B. ., Gusnita, F. ., & Julhadi, J. (2025). PENGUKURAN, EVALUASI DAN ASESMEN SERTA TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN PAI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 12–17. https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1693

Terbitan

Bagian

Articles