Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Karakter Toleransi Siswa Buddha Di SMA Negeri 1 Ampel
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1809Kata Kunci:
Moderasi Beragama, Karakter Toleransi, Siswa Buddha, Pendidikan KarakterAbstrak
Keberagaman agama di Indonesia menuntut penguatan karakter toleransi untuk menjaga harmoni sosial, terutama di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap karakter toleransi siswa beragama Buddha di SMA Negeri 1 Ampel, Boyolali. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 18 siswa Buddha melalui kuesioner terstruktur yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,766, yang mengindikasikan hubungan kuat antara moderasi beragama dan karakter toleransi, dengan kontribusi sebesar 58,6%. Temuan ini menegaskan bahwa pemahaman moderasi beragama yang lebih tinggi berkorelasi dengan peningkatan karakter toleransi. Penelitian ini mematuhi prinsip etika, termasuk informed consent dari responden. Hasil penelitian menawarkan dasar untuk mengembangkan strategi pendidikan karakter berbasis moderasi beragama, khususnya dalam pendidikan agama Buddha, guna mempromosikan sikap inklusif di lingkungan sekolah.
Unduhan
Referensi
Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849
Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah pemeluk agama di Indonesia. BPS. https://www.google.com/search?q=bps+jumlah+agama+di+indonesia+2023%0A%0A
Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2019). Multicultural education: Issues and perspectives. https://books.google.com/books/about/Multicultural_Education.html?id=ceGyDwAAQBAJ
Cahyani, N. S., & Rohmah, M. (2022). Moderasi Beragama. In Jalsah : The Journal of Al-quran and As-sunnah Studies (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.37252/jqs.v2i2.342
Fishbein, Martin; Ajzen, I. (2010). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. Psychology Press, New York.
Janah, M., Hidayati, A. U., & Maulidin, S. (2024). PENGARUH PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA SMK WALISONGO SEMARANG 1ANISA. 4(2), 42–50.
Komnas HAM. (2024). Survei intoleransi di kalangan pelajar SMA. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. https://www.google.com/search?q=survei+komnas+ham+2024+intoleransi+siswa+sma
Priyanto, D. (2008). Mandiri belajar SPSS: untuk analisis data dan uji statistik. Mediakom.
Reziska Maya Kumala, Irwan Irwan, & Siti Tiara Maulia. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 1(2), 108–123. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.221
Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama. 19(1), 101–111.
Ummah, M. S. (2019). Buku Moderasi beragama. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Usfiyanto, A. (2024). Pengaruh Penanaman Nilai Moderasi Beragama Terhadap Sikap Toleransi Siswa di MA Banu Hasyim Waru Sidoarjo. 2(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten