Implementasi Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Inovatif Di Lingkungan Sekolah Dasar

Penulis

  • Afridha Laily Alindra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Afrilia Afrilia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Alfia Habwah Hendranti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Deli Setiasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isna Handayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Miana Syifa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Putri Anandika Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, IndonesiaPendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Tristia Layla Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

Kata Kunci:

Inovasi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Pembelajaran Abad Ke-21, Digitalisasi Pendidikan.

Abstrak

Upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah dasar saat ini tidak terlepas dari kontribusi media pembelajaran digital. Teknologi mampu membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif bagi para siswa. Hal Ini mendukung mereka dalam mengembangkan keterampilan kreatif dan inovatif, yang sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan di zaman digital yang terus maju. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan campuran dengan metode deskriptif, yaitu mengkombinasikan data kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa untuk menilai sejauh mana teknologi digunakan dalam proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru untuk mendapatkan sudut pandang dan pengalaman mereka, serta tinjauan pustaka yang memperkuat dasar teoritis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berada pada tingkat penggunaan teknologi yang sedang hingga tinggi, sedangkan guru dan sekolah secara proaktif menerapkan berbagai metode untuk mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran, meskipun mereka masih menghadapi tantangan seperti kurangnya fasilitas dan pemahaman dari siswa. Kajian ini menyampaikan rekomendasi praktis untuk sekolah dan pengambil kebijakan dalam memaksimalkan inovasi teknologi demi kemajuan kualitas pendidikan dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.

Anggraini, S., Amalia, E. N., S, R. E., Afifa, R., Natasya, L., & Kuntarto, E. (2024). PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (, 4(6), 982–992.

Azzahra, E. K., Alindra, A. L., Khoirunnisa, A., Pratama, G. A., Syanin, K., Khusnah, K. N., & Ningrum, N. C. (2023). Kelas Digital Dengan Penguatan Pendidikan Keterampilan Kompetensi Abad 21 Sebagai Inovasi Pendidikan di SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(3), 366–376.

Caswita. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui in House Training. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1–12.

Cipta, E. S., Husaeni, A. S., Cahyati, C., & Anwar, F. (2023). Analisis Pengaruh Media Digital terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(3), 109–115. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.271

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson.

Nuraeni, Salmia, Safitri, A., & Suandi. (2024). Inovasi pembelajaran digital dalam menghadapi tantangan pendidikan di abad 21. Saraweta: Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 120–131.

Paramita, W., Darmansyah, & Fitria, Y. (2023). PEMANFAATAN TIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6152–6160.

Rizal, A. A., Susilawati, D. M. R., & Yusup, R. (2024). Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. . MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 1–15.

Salmia, & Muhammad, Y. A. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 1(5), 82–92.

Sariningsih, I. R., Nugraha, A., & Setiadi, P. M. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR di KELAS V SDN 1 PATARUMAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4).

Sarnoto, A., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W., & Ika. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 06(01).

Sugiyono, A. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sumbaryani, I. R., Sutanara, F., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran Sistem Informasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89–98.

Suryani, N. (2024). Implementasi model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1), 45–52.

Usmaedi, Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN PROSES PENGAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.

Wahyudi, N. G., & Jatun. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451.

Wanti, A., AR, K., & Prajana, A. (2019). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SMK KABUPATEN ACEH BESAR. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 106–114.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Alindra, A. L., Afrilia, A., Hendranti, A. H., Deli Setiasari, Handayani, I., Syifa, M., … Layla, T. (2025). Implementasi Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Inovatif Di Lingkungan Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 217–223. Diambil dari https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1831

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.