Pemanfaatan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.214Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang memunculkan berbagai permasalahan khususnya perekonomian di indonesia yang menjadi merosot dan berakibat pula pada sistem pendidikan maka untuk memutuskan penyebaran covid-19 diberlakukannya pembelajaran jarak jauh atau home learning sehingga mahasiswa diharuskan melaksanakan pembelajaran secara online. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran bagaimana pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa di Universitas PGRI Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa selama melaksanakan pembelajaran online apakah mampu memunculkan perilaku yang positif atau bahkan memunculkan perilaku yang negatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa bimbingan dan konseling sebanyak 3 mahasiswa dan 3 dosen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan mahasiswa lainnya berbeda-beda, secara keseluruhan dalam pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran yang paling tinggi presentasenya adalah non-linearty, feedback interactivity, just in time, multimedia-learners dan yang terakhir eassy accesibility. Subjek yang mampu mengelola pemanfaatan e-learning dengan baik akan mampu menunjukan perubahan-perubahan perilaku yang positif dalam proses belajar sedangkan subjek yang belum mampu memanfaatkan e-learning menunjukan perubahan perilaku dalam proses belajar yang negatif.
Unduhan
Referensi
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) ISSN : 1907-5022, 1-5.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Astuti, A. N. (2020, Juli Kamis). News.detik.com. Retrieved Juli Kamis, 2020, from Detiknews: https://news.detik.com/berita/d-5086325/survei-kemendikbud-internet-lemot-dikeluhkan-mahasiswa-saat-belajar-daring
Darliah, L. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi dan Penggunaan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Volume 5, Nomor 2, 8.
Fitrah, M., & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kasus dan Studi Kasus). CV Jejak: Jawa Barat.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi VOL.17 NO.1, 14.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi VOL.17 NO.1, 14.
Leonindita, S., Fitria, R., Fitriani, A., Muktafi, M. R., Aliyyunisa, N., & Rahmawati, F. (2020). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII Pada Materi Baris Dan Deret Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tidar Abstrak. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 135–142. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/134
Prihati, Y., & Paramita, P. (2016). Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunagrahita Ringan. Media Penelitian Pendidikan Vol.10 / No.2, 12.
Suendari, R., & Suparno. (2019). Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Jurnal ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntasi (JIMEKA) Vol.4, No.4, 1-5.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning. DIMENSI Vol.9, No.2 ISSN : 2085-9996, 1-15.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten