A RELATIONSHIP BETWEEN KNOWLEDGE INSPIRATION, LANGUAGE PROFICIENCY AND LESSONABILITY
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.251Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kompetensi membaca; (2) apakah ada korelasi antara penguasaan kosakata dan kompetensi membaca; dan (3) apakah ada korelasi antara motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara simultan dengan kompetensi membaca. Penelitian dilakukan di STIA Satya Negara Palembang. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - April 2019 pada siswa semester II tahun ajaran 2018-2019. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa dan tes untuk mengumpulkan data penguasaan kosakata dan kompetensi membaca siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan korelasi sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan kompetensi membaca (ry1 = 0,735> r tabel = 0,206); (2) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kompetensi membaca (0,710> 0,206; (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara simultan dengan kompetensi membaca (F observasi 91,931> F tabel 3.11).
Unduhan
Referensi
Anne, E. (2014). Reading for Meaning: Skills Development for Active Reading. Longman.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Cabaroglu, Neseand Yurdaisik, A. (2014). University Instructors’Views About and Approaches toReading Instruction and Reading Strategies. Matrix, Vol.8,No.2. www.readingmatrix.com/articles/nese/article.pdf
Chen, K. (2011). The Impact of EFL Students’ Vocabulary Breadth of Knowledge on Literal Reading Comprehension. Asian EFL Journal, 51. Professional Teaching Articles– CEBU Issue. Vol. 51 April2011.
Fazalur, Rahman, Nabi Bux Jumani, and A. B. (2014). Motivating and De-Motivating Factors Among Learners. International Journal of AcademicResearch, 2,No.1. www.ijar.lit.az.
Guthrie, John T., Allan Wigfield, Pedro Barbosa, Kathleen C. Perencevich, A., & Taboada, Marcia H. Davis, Nicole T. Scafiddi, and S. T. (2014). Increasing Reading Comprehension and Engagement Through Concept Oriented Reading Instruction. Journal of Educational Psychology, 96, No. 3, 403–423.
Hatch, E. and C. B. (2013). Vocabulary, Semantics, and Language Education. Cambridge University Press.
Johnson DW & Johnson, R, T. (2011). Learning Together and Alone. Massa Chussett.
Langan, J. (2014). English Skills (7th ed.). McGraw-Hill Companies, Inc.
Linse, C. T. (ed. . (2016). Practical English Language Teaching: Young Learners. McGraw-Hill Companies, Inc.
Manser, M. H. (2012). Oxford LEARNER’S POCKET DICTIONARY New Edition. Oxford University Press.
Marine, C.-M. (2011). , Teaching English as a Second or Foreign Language. Inc. Thomson Learning.
Mc Carthy, M. (2014). Vocabulary. Oxford University Press.
Narayan, R. . (2012). Some Factors Affecting English Learning at Tertiary Level. Iranian Journal of Language Studies (IJLS), 2(4), 486. http://www.ijl.net/volemes/volume2issue4/narayan1.pdf
Nanda, D. W. (2019, September). The Effectiveness of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Students’ Reading Comprehension. In Proceedings of the International Conference on Education (Vol. 5, No. 1, pp. 8-20).
Nunan, D. (2013). Collaborative Language Learning and Teaching. Cambridge University Press.
Pang, E.S, A. Muaka. E. B. Bernbardt, M. L. K. (2013). Teaching Reading (Education). PDF book.
Rena Mahardika Mar’atusSholihah, dkk. (n.d.). Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA 6 di SMA Negeri 2 Banjar masin melalui Strategi ARCS dalam Setting Pengajaran Langsung. Program StudiPendidikanFisika ULM.
Richards L., Jack., R. A. W. (2012). Methodology in Language Teaching. Cambridge University Press.
Rost, M. (n.d.). Generating Student Motivation. www.longman.com/worldview
Slavin, R. E. (2013). EducationalPsychology:TheoryandPractice. pearsonEducation,Inc.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Webster, M. (2013). Merriam Webster’s Collegiate Dictionary. Merriam Webster Incorporated.
Winkel, W. S. (2015). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT. Gramedia Pustaka Utama.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten