STRATEGI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PESERTA DIDIK BARU (STUDI KASUS SMA LABSCHOOL UNESA 1)

Penulis

  • Ramadhan Maruta Pradana Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Murtadlo Murtadlo Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Bambang Sigit Widodo Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.952

Kata Kunci:

Strategi sekolah, Peserta didik baru, Studi Kasus

Abstrak

Kemunculan sekolah swasta di perkotaan untuk mengisi kurangnya ketersediaan sekolah Negeri karena jumlah penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah sekolah. Menjamurnya sekolah swasta memunculkan permasalahan baru dalam mendapatkan peserta didik di kondisi yang tidak menentu. Banyak sekolah swasta yang tidak mendapatkan peserta didik atau tidak sesuai rombel yang membuat sekolah swasta tersebut harus ditutup. SMA LabSchool UNESA 1 memiliki strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah peserta didik di setiap tahun ajaran baru. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana upaya sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di tahun ajaran baru. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus, Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, dan wali murid. Teknik analisis data dengan kondensasi data, Penyajian data, dan penyimpulan data yang ditampilkan. Hasil pada penelitian ini memiliki tiga tema utama yaitu strategi internal sekolah dalam memperbaiki sistem internal sekolah, Strategi Eksternal berkaitan dengan hubungan kerja sama dan komunikasi yang dilakukan oleh stakeholder sekolah, serta hambatan yang dialami dapat menjadi acuan evaluasi kedepannya dalam meningkatkan strategi sekolah. Kesimpulan strategi yang dilakukan oleh SMA LabSchhol dengan meningkatkan kualitas internal sekolah, meningkatkan hubungan Kerjasama dengan eksternal, serta memperhatikan hambatan yang terjadi selama proses penerapan strategi dalam meningkatkan jumlah peserta didik di tahun ajaran baru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abbott-Chapman, J., Johnston, R., & Jetson, T. (2022). Rural Parents’ School Choices: Affective, Instrumental and Structural Influences. Australian and International Journal of Rural Education, 27(3), 126–141. https://doi.org/10.47381/aijre.v27i3.142

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Azzahra, N. F. (2020). Ringkasan Kebijakan | Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Covid-19. CIPS Indonesia, 19(2), 1–9.

Baker, B. D. (2012). Charter Schools Are … [ Public ? Private ? Neither ? Both ?]. 1–6.

Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Alfabeta.

Davis, T. (2013). Charter School Competition, Organization, and Achievement in Traditional Public Schools. Education Policy Analysis Archives, 21, 1–25. http://epaa.asu.edu/ojs/article/view/1044

Fattah, N. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Fuad, M., & Nurhattati. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. PT Rajagrafindo.

Humaida, N., Aula Sa’adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Sustainable Development Goals) Dalam Perspektif Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483

Jones, J.J. & Walters, D. L. (2008). Human resource management in education. QMedia.

Jubelina, J., & Supramono, S. (2013). Strategi Bersaing Sekolah Kristen Lentera Ambarawa. Satya Widya, 29(2), 73. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p73-82

Lubis, A. (2004). Strategi Pemasaran dalam Persaingan Basnis. Fakultas Ekonomi Manajemen.

Marit, D. (2021). PENGANTAR ILMU EKONOMI (A. Karim (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (T. Rohindi Rohidi (Ed.)). Sage Publication.

Muhaimin, S., & Listyo Prabowo, S. (2012). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Prenada Media Group.

Purwanto, N. A. (2015). Strategi Bersaing Dalam Bisnis Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 01, 113658. https://www.neliti.com/publications/113658/

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum (2nd ed.). Rajawali Press.

Shobri, M., & Ansharuddin, M. (2022). Pelatihan Membuat dan Mengelola Website Madrasah se-KKMA dan KKMTs Sangkapura. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 1(1), 28–37.

Subakat Tatwa, G. (2021). Peran Public Relations Dalam Pengoptimalan Penggunaan Media Digital di Masa Pandemi. 84–92.

Uno, H. B., & Nina Lamatenggo. (2016). Tugas guru dalam pembelajaran : aspek yang mempengaruhi/ Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo. 197.

Wallo, A., Martin, J., Sparrhoff, G., & Kock, H. (2022). Balancing “Critique for Improvement” With “Critique for Emancipation” in Management Learning and Education. Journal of Management Education, 46(3), 506–530. https://doi.org/10.1177/10525629211044720

Wayong, M. (2017). MENUJU ERA GLOBALISASI PENDIDIKAN: Tantangan dan Harapan bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 219. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5223

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Maruta Pradana, R., Murtadlo, M., & Widodo, B. S. . (2024). STRATEGI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PESERTA DIDIK BARU (STUDI KASUS SMA LABSCHOOL UNESA 1). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 81–89. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.952

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.