PENGARUH PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA FASE E

Authors

  • Risma Aprianti Pardede Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Pontas Jamaluddin Sitorus Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Beslina Afriani Siagian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.1013

Keywords:

Kemampuan Menulis, Teks Negosiasi

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKS Teladan Sumatera Utara 2 berjumlah 60 siswa-siswi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel populasi seluruh siswa kelas X SMK, sehingga diperoleh sampel 60 siswa-siswi. Penelitian ini menggunakan Two Group Posttest-Only Control Design. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks negosiasi di kelas X SMKS Teladan Sumatera Utara 2 menggunakan pendekatan berdiferensiasi bermodel pembelajaran cooperative learning diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 95 dengan rata-rata 68,66 berdasarkan hasil perhitungan yang dilkukan diperoleh Thitung = 4,38 dan Ttabel = 1,69. Dengan taraf signifikan 1,69 menuju Thitung > Ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan berdiferensiasi bermodel pembelajaran cooperative learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks negosiasi kela X SMKS Teladan Sumatera Utara 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risma Aprianti Pardede, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pontas Jamaluddin Sitorus, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Beslina Afriani Siagian, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i3.620

Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V4i1.931

Basra, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. Https://Doi.Org/10.58643/Sipatokkong.V3i4.177

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V6n2.P70-74

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1a), 47–58. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2349

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 11177–11182. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i6.10212

Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra, 11(1), 56. Https://Doi.Org/10.24114/Bss.V11i1.33852

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Islami, V. H., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 1(2), 239–247. Https://Doi.Org/10.29303/Griya.V1i2.48

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i2.15487

Maharini, I. G. A. D., Lasmawan, W., & Sutama, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas 4 Sd Di Gugus I Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1).

Mehan, R. Y., Sumerjana, K., & Suweca, I. W. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Teknik Vokal Chest Voice Di Amabile Music Studio. Melodious : Journal Of Music, 2(1), 18–27. Https://Doi.Org/10.59997/Melodious.V2i1.2177

Munawaroh, M., & Rofi’ah, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iii Di Mi Tarbiyatusshibyan. Attadib: Journal Of Elementary Education, 1(2), 94. Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V1i2.25

Muswaroh, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Soge Kandanghaur Indramayu. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 674. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n2.P674-685

Nuraniya, N., Ningsih, P. R., & Arif, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (Ioc) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Al-Hikam Bangkalan. Edutic - Scientific Journal Of Informatics Education, 6(2), 117–126. Https://Doi.Org/10.21107/Edutic.V6i2.7338

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.

Rosyah, D. L. A., & Darmawan, P. (2023). Analisis Relevansi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Dengan Konsep Visi Pedagogik Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (Jebp), 3(9), 5.

Safitri, M., & Juliati Nasution, Y. S. (2023). Analisis Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Cat Jotun (Studi Kasus : Cv. Tebar Jalur Mas Kompleks Cemara Asri). Cakrawala Repositori Imwi, 6(1), 46–53. Https://Doi.Org/10.52851/Cakrawala.V6i1.188

Shofwani, Y., * M. Z., Jufri, A. W., & . (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Diferensiasiasi Proses) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Di Kelas X-4 Sma Negeri 1 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 101–105.

Sujiati, S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Pesawat Sederhana Di Smpn 1 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i1.2508

Sulistyowati, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Alphaeuclidedu, 2(1), 32. Https://Doi.Org/10.26418/Ja.V2i1.47896

Suwandi, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 186–193. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V1i2.16399

Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas Xi Sma Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2). Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V3i2.9911

Syahputri, A. S., Dewi, C., & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Website Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(2), 685–691.

Wati, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.47736/Tajdidukasi.V8i2.249

Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial Menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i2.427

Wulandari, Y., Afryanza, R., & Gustiningsi, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i1.6328

Zuraida, Z. (2022). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bahasa Indonesia Melalui Program Remedial Oleh Tutor Sebaya Di Min 11 Aceh Utara. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 3(2), 52–60. Https://Doi.Org/10.47887/Amd.V3i2.101

Published

2025-05-10

How to Cite

Pardede, R. A. ., Sitorus, P. J., & Siagian, B. A. . (2025). PENGARUH PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA FASE E. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.1013

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.