PENGARUH NILAI MICRO TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1123Keywords:
Guru, micro teaching, pembelajaran, siswa, mengajarAbstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks, yang terdiri dari beberapa komponen, diantaranya tujuan pembelajaran, materi ajar, model, metode, media, sumber pembelajaran, evaluasi, siswa, dan guru. Komponen pembelajaran tersebut memiliki keterkaitan antara yang satu dengan lainnya. Salah satu tantangan pendidikan di era digital adalah guru harus mampu mengkolaborasikan komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Tentu ini juga menjadi tugas perguruan tinggi untuk mencetak alumni yang profesional dibidangnya. Mata kuliah micro teaching merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Dalam hal ini, micro teaching bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar di sekolah dalam program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarpengaruh nilai micro teaching terhadap kemampuan mengajar Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada responden. Penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi peneliti lainnya.
Downloads
References
Ainul Mukholidah, & Puspasari, D. (2023). Pengaruh Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(1), 56–66. Https://Doi.Org/10.53565/Pssa.V9i1.733
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V4i1.209
Avico, I., Purwanto, A., & Putri, D. H. (2019). Pengaruh Pembelajaran Cooperative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Di Sman 1 Kepahiang. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1 April), 17–24.
Bradley, J., Moore, E., Simpson, J., & Atkinson, L. (2018). Translanguaging Space And Creative Activity: Theorising Collaborative Arts-Based Learning. Language And Intercultural Communication, 18(1), 54–73. Https://Doi.Org/10.1080/14708477.2017.1401120
Dahn, M., & Deliema, D. (2020). Dynamics Of Emotion, Problem Solving, And Identity: Portraits Of Three Girl Coders. Computer Science Education, 30(3), 362–389. Https://Doi.Org/10.1080/08993408.2020.1805286
Defi Lestari, D., Botifar, M., & Misriani, A. (2024). Hubungan Nilai Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Tadris Bahasa Indonesia Angkatan 2019 Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup. Institut Agama Islam Negeri Curup. Http://E-Theses.Iaincurup.Ac.Id/Id/Eprint/7480
Dewi, W. P. (2023). Pengaruh Praktik Micro Teaching Terhadap Keterampilan Mengajar Pada Mahasiswa Unpas (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Pasundan Angkatan 2019). Fkip Unpas. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/65133
Dinda, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System (Lms) Pada Materi Evolusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sma. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Https://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/14332
Fitria, M., Lutfiyatun Nisa, L., Fawaid, A., & Annuri, A. (2024). Pengaruh Micro Teaching Dan Bimbingan Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Universitas Islam 45. Turabian: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.33558/Turabian.V2i1.9504
Hafifah, L. I. N., Mulyadi, A., & Mulyani, H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Ppl Fpeb Universitas Pendidikan Indonesia. Fineteach: Journal Of Finance, Entrepreneurship, And Accounting Education Research, 1(3), 183–191.
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Musamus Journal Of Primary Education, 3(1), 1–18.
Iqbal, M., & Suprapto, S. (2024). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa: Studi Survei Di Universitas Islam Jakarta. Indonesian Research Journal On Education, 4(2), 369–374. Https://Doi.Org/10.31004/Irje.V4i2.582
Isnawati, I. (2020). Pengaruh Model Resource Based Learning Berbasis Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Pada Bidang Studi Pai Di Smp Negeri 4 Kajuara. Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.
Jamaluddin, M. F., & Ahmad Sanusi Luqman, U. (2023). Persepsi Mahasiswa Stai Jam’iyah Mahmudiyah Tentang Kegiatan Microteaching Dalam Keterampilan Praktik Mengajar Di Pondok Pesantren Kecamatan Tanjung Pura. Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 12–19. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51178/Jesa.V4i1.1052
Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp), Minat Mengajar, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1353
Khasana, S. (2024). Persepsi Mahasiswa Pai Uii Angkatan 2020 Tentang Mata Kuliah Micro Teaching Sebagai Persiapan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan. Universitas Islam Indonesia.
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. Https://Doi.Org/10.37196/Kenosis.V4i2.67
Lestari, C. I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Microteaching Terhadap Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Angkatan 2021. Jurnal Genta Mulia, 13(1).
Manurung, H. M. (2021). Model Pembelajaran Kimia Kreatif Berbasis Pbl Menggunakan Macromedia Flash.
Marlena, R., Amzana, N., Nahwiyah, S., Luvita, L., & Basyir, M. (2023). Pengaruh Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Angkatan 2018 Di Institut Agama Islam (Iai) Al-Azhaar Kota Lubuklinggau. Jurnal Pai Raden Fatah, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19109/6zgpbb55
Nugraha, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning (Rbl) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Ipa. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 71–76. Https://Doi.Org/10.30653/003.201841.45
Putra, A., & Ahyanuardi, A. (2022). Pengaruh Metoda Mengajar Khusus, Praktik Lapangan Kependidikan Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 218–225. Https://Doi.Org/10.24036/Jpte.V3i2.239
Putri, R. R., & Arif, A. (2024). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Dan Microteaching Terhadap Kinerja Plp Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 Feb Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 685–697. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.13918071
Sabiila, M. Z. A., Mubarok, R., & Fauzi, M. I. F. (2024). Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching Terhadap Kesiapan Diri Melaksanakan Ppl Mahasiswa Pai. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (Sinova), 2(3), 289–306. Https://Miftahul-Ulum.Or.Id/Ojs/Index.Php/Jps/Article/View/154
Samad, I., Ali P, M., & Assaibin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematis Dengan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 4(1), 43–50. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V4i1.1202
Sarah, N. P. (2023). Pengaruh Praktik Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar Di Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) 2 (Survei Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Pasundan Angkatan 2019). Fkip Unpas. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/67547
Simbolon, R. (2024). Pengaruh Praktek Pengalaman Lapangan Terhadap Minat Mahasiswa Fkip Pendidikan Ekonomi 2020 Universitas Hkbp Nommensen Menjadi Guru. Https://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/11307
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 3(2). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V3i2.117
Wahyuni, D., & Hasyim, S. H. (2024). Pengaruh Pembelajaran Microteaching Secara Daring Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Economics And Digital Business Review, 5(2), 269–280. Https://Doi.Org/10.37531/Ecotal.V5i2.1155
Warr, M., & West, R. E. (2020). Bridging Academic Disciplines With Interdisciplinary Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal Of Problem-Based Learning, 14(1). Https://Doi.Org/10.14434/Ijpbl.V14i1.28590
Widodo, A. N. A., Ardani, A., & Aristiyo, D. N. (2021). Pengaruh Self Efficacy Dan Prestasi Microteaching Berbantu Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Mengajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten