ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE ANALISIS HIRARKI PROSES (AHP)

Authors

  • Romasi Patresia Simamora Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Dame Ifa Sihombing Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Adi Suarman Situmorang Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1145

Keywords:

Minat belajar, Analytic Hierarchy Process (AHP), ketertarikan, perhatian, perasaan senang, keterlibatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Minat belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan akademik siswa, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ketertarikan, perasaan senang, keterlibatan, dan perhatian. Metode AHP digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan faktor yang memiliki bobot paling besar dalam mempengaruhi minat belajar siswa.Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 100 siswa di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Medan dan dianalisis menggunakan teknik perbandingan berpasangan dalam Analisis Hirarki Proses (AHP). Hasil perengkingan faktor faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa yang di analisa dengan Analisis Hirarki Proses (AHP) yang terdiri dari empat kriteria dan tiga belas sub kriteria. Dari hasil analisis data berdasarkan penilaian matriks perbandingan berpasangan di peroleh bobot 0,56 untuk ketertarikan, bobot 0,26 untuk perhatian, bobot 0,10 untuk perasaan senang, bobot 0,06 untuk keterlibatan siswa. Analisis Konsistensi dilakukan untuk memastikan validitas data, dan hasil menunjukkan bahwa nilai Consistency Ratio (CR) 0,02 atau lebih kecil 0,1 dan telah memenuhi kriteria yang di persyaratkan.Berdasarkan analisis AHP, diperoleh bahwa faktor Ketertarikan menjadi bobot tertinggi, yang menunjukkan bahwa faktor ini paling dominan dalam meningkatkan minat belajar siswa di ikuti dengan faktor perhatian, perasaan senang dan keterlibatan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ketertarikan siswa terhadap matematika memiliki peran paling penting dalam meningkatkan minat belajar. Oleh karena itu, disarankan kepada pendidik untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik guna meningkatkan keterlibatan serta perhatian siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Romasi Patresia Simamora, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Dame Ifa Sihombing, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Adi Suarman Situmorang, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Ani, L., Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Perbedaan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Metode Tai Dan Pair Checks Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 15. Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.6.1.2019.15-21

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087–1094. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i6.P1087-1094

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-Pimat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. Https://Doi.Org/Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-Pimat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-48.

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33365/Jm.V3i2.1310

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35706/Judika.V3i1.199

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Gustina, H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn 68 Kota Bengkulu. Iain Bengkulu. Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/Id/Eprint/5511

Jagom, Y. O., Uskono, I. V, & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di Sd Oebola Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339–344. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V1i5.73

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran Dengan Pendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Ptk Dan Pendidikan, 9(1), 59–74.

Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp. Jurnal Absis, 2(1), 121–128.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dan Cooperative Script Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 62–67. Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V2i1.3460

Lidwina, F. L., Melyani, Rosmaiyadi, & Citroresmi, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Connected Mathematics Project ( Cmp ) Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–11.

Maharani, A., Rini, R., & Sugiman, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(17).

Mattolianga, L. A., Wanasari, Nur, F., Rasyidd, M. R., & Baharuddine. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. 10(1), 53–62.

Putri, P. D., & Aji Pradana, A. B. (2021). Analisis Peran Guru Dan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdit Jam’iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 367–373. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i3.224

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah Stkip Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. Https://Doi.Org/10.33222/Jumlahku.V6i1.885

Rani Shyntia Paulina Sitorus, R. S. P. S. (2021). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Selama Proses Pembelajaran Online Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 8 Kota Jambi. Universitas Batanghari.

Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., & Ngina, M. Y. (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2), 192–199. Https://Doi.Org/10.38048/Jailcb.V2i2.392

Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran E-Learning Melalui Media Google Classroom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smp Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44–55.

Samosir, B. S., Nursahara, N., & Pohan, A. F. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran (Pakem) Di Sma Negeri 2 Siabu. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 14–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.7.1.2020.14-21

Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pgsd Era Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 2(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34001/Jtn.V2i1.1486

Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Pembelajaran Mabeta Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i3.2474

Widyastuti, R., Izzah, A., & Kusuma, S. F. (2020). Pengembangan Game “Kangaroo Jump” Sebagai Media Pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil Untuk Meningatkan Minat Belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 162–176. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V7i2.34769

Yanti, I., Trisoni, R., & Fajar, N. (2018). Hubungan Minat Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Pada Kelas Viii Di Smpn 1 Pariangan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dan Sains, 1–11.

Yuniarti, A. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi, Demonstrasi Dengan Menggunakan Media Realia Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Semester 1 Sdn Tumbang Lahung-2. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(12), 1507–1517.

Published

2025-08-24

How to Cite

Simamora, R. P., Sihombing, D. I., & Situmorang, A. S. (2025). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN METODE ANALISIS HIRARKI PROSES (AHP) . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 1618–1628. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1145

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.