DAMPAK PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Nuryanti Siregar STAI Tapanuli Padangsidimpuan
  • Silfia Hanani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Zulfani Sesmiarni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Pitriani Ritonga STAI Tapanuli Padangsidimpuan
  • Elisah Pahutar STAI Tapanuli Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1345

Keywords:

Impact of Independent Curriculum, Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan kurikulum merdeka di SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Mandailing Natal serta mengetahui Dampak penerapan kurikulum merdeka dan Kendala pada penerapan kurikulum merdeka di SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari bapak/ibu guru, kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru pai, tata usaha dan peserta didik di SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Mandailing Natal. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan kurikulum merdeka di SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Mandailing Natal berjalan dengan lancar,baik dan aktif. (2). Dampak Kurikulum Merdeka Terhadap Pembelajaran PAI Islam Terpadu Darul Hasan Al-Husnayain Panyabungan Mandailing Natal yaitu: a. Dampak positif, yaitu pembelajaran relevan dan kontekstual, penegembangan kegiatan berfikir kritis dan analitis, penguatan nilai-nilai moral dan ilmu, pengembangan sikap toleransi dan keterbukaan dan peningkatan keterlibatan siswa b. Dampak negatif, yaitu Fragmentasi kurikulum, kesenjangan pemahaman, pengurangan fokus pada aspek spiritual dan keterbatasan sumber daya. (3). kendala pada penerapannya yaitu : kesesuaian pada kurikulum sebelumnya, keterbatasan sumber daya, resistensi dari stakeholder, integrasi teknologi serta peran orang tua dan masyarakat.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 362 times

References

Aprianti, Anis. 2023. “Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik.” JUPENSI 4(1).

Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., & Efrina, G. 2024. “NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(1):5398–5408.

Fauzi, Saski Anggreta, and Dea Mustika. 2022. “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(14):2492–2500.

Firdaus, Heroza. 2022. “Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(1):686–92.

Hariyadi. 2023. “MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR : MERDEKA BELAJAR SEBAGAI KUNCI SUKSES MAHASISWA JARAK JAUH.” in Badan Penerbit STIEPARI Press.

Junaedi, Nurasikin, and Masduki Asbari. 2024. “Prinsip Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka.” OURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT 03(02):11–17.

Kamila, Aiena. 2023. “PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR.” Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 2(5):321–38.

Kusumardi, Adi. 2024. “Strategi Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Pencegahan Perundungan , Bullying Pada Kurikulum Merdeka.” Learning and Teaching Journal 5(1):10–26.

Mulik. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum MerdekaPadaPembelajaran Abad21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 5(1).

Nisa. 2023. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KENDARI.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan KebahasaAraban Vol. 6(2):627–46.

Nugraha, Oggie Bima, and Aldri Frinaldi. 2023. “Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(1):390–404.

Patria, Rida. 2022. “Studi Fenomenologi: Teori Humanistic Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Journal PROFICIENCY 1(1):1–9.

Peluang, Dan. 2019. “Implikasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini : Tinjauan Terhadap Peran ,.” Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 8(2).

Rahmat. 2019. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” in Bening Pustaka.

Saniasa. 2024. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Dalam.” Kajian Manajemen Dan Pendidikan 2(3):1–10.

Published

2024-07-28

How to Cite

Siregar, N., Hanani, S. ., Sesmiarni, Z. ., Ritonga, P. ., & Pahutar, E. . (2024). DAMPAK PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 680–690. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1345