UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS VIII SMPN 3 BATANGHARI

Penulis

  • Erdiani Erdiani SMP NEGERI 3 BATANGHARI

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.111

Kata Kunci:

Visual Media, Drawing Illustrations, Student Motivation

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini masih banyak siswa yang kesulitan dalam membuat gambar ilustrasi, kebanyakan siswa berpendapat bahwa menggambar ilustrasi adalah hal yang sulit, karena harus memikirkan suatu bentuk gambar yang dapat mempertegas hal yang dijelaskan dalam tulisan atau cerita, karena itu banyak siswa yang  kurang tertarik, dan kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal ini tentunya dapat menurunkan motivasi siswa untuk mempelajari teknik menggambar ilustrasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan  motivasi siswa dengan menggunakan media visual  pada materi menggambar ilustrasi di kelas VIII SMPN 3 Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Desember 2018. Penelitian terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan pengisian angket, wawancara dan observasi. Dari analisis data diketahui bahwa  terjadi pengingkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media visual pada materi menggambar ilustrasi. Peningkatan skor aktifitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 72,5% menjadi 81,25%. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari 71,43% menjadi 82,14 %.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung.
Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Maufur, Fauzi Hasan. 2009. Sejuta Jurus Mengajar mengasyikkan. Sindur Press. Semarang.
Prawira, Nanang Ganda. 2017. Seni Rupa dan Kriya. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Wartono, Teguh. 1984. Pengantar Pendidikan Seni Rupa. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Kanisius Yamin, Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing)

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-21

Cara Mengutip

Erdiani, E. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS VIII SMPN 3 BATANGHARI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 89–95. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.111

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.