PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ABK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1317Keywords:
Inclusive Education, Children with Special Needs (ABK), High SchoolAbstract
Di Indonesia, ada banyak kekhawatiran mengenai pendidikan, terutama mengenai tantangan yang dihadapi oleh anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam memperoleh pendidikan yang sesuai. Untuk mengatasi isu ini, pemerintah Indonesia meluncurkan program pendidikan inklusif. Menurut UNESCO, tujuan dari pendidikan inklusif adalah memastikan bahwa semua individu memiliki akses ke pendidikan tanpa pengecualian. Hal yang menjadi permasalahan adalah anggapan SLB yang pasif dan kurangnya keterlibatan guru dan administrator sekolah dalam penggunaan sumber daya. Permasalahan selanjutnya adalah kekurangan Guru Pembantu Khusus (GPK), tidak adanya ruang khusus untuk siswa ABK, dan kekurangan sarana dan prasarana yang cukup untuk mendukung pendidikan inklusif secara keseluruhan.Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah negeri yang menerapkan prinsip inklusi. Selain itu, penelitian ini akan menekankan bagaimana anak-anak berkebutuhan khusus dan anak-anak tanpa kebutuhan khusus dapat belajar dan berinteraksi bersama dalam lingkungan sekolah negeri inklusif. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Setelah data terkumpul, proses pengolahan data, penyajian, dan pembuatan kesimpulan dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 14 Palembang perlu menerapkan pendidikan inklusif untuk memenuhi kebutuhan siswa ABK. Ini berarti bahwa kurikulum K13 harus disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka dan memanfaatkan sumber pengajaran tambahan. Selain itu, akses yang memadai ke fasilitas dan sarana juga diperlukan. Siswa ABK menyatakan bahwa kemampuan untuk berinteraksi sosial dan menjalin hubungan yang positif dengan orang lain adalah aspek penting dalam proses pendidikan.
Downloads
References
Bawono, E. (2022). E-Modul, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Educational Journal, 6(4), 103–108.
Haliqa, S., Syafril, M., & Susetyo, B. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri Inklusi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2238–2245.
Hamzah, A., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Masa Pandemi Covid 19. Cendekia, 14(01), 106–118. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/261%0Ahttp://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/download/261/416
Harista, E. (2021). Eva Harista : Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Berkebutuhan … Using Media in Learning Indonesian Subject for Children with Special Needs at SMPLB in Bangka Regency Abstract Using media in Indonesian language learning between norma. 9(1), 1–14.
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 01(September), 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153
Jannah, A. M., Setiyowati, A., Lathif, K. H., Devi, N. D., & Akhmad, F. (2021). Model Layanan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Anwarul, 1(1), 121–136. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.51
Jauhari, M. N., Sambira Mambela, Adela Hoar Usfinit, & Agustina Batlyol. (2023). Manajemen Pendidikan Inklusi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pancasona, 2(1), 235–240. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6983
Journal, C. D., Penilaian, P., & Inklusi, S. (2023). Pendampingan rintisan sekolah inklusi di kabupaten magelang. 4(4), 9499–9504.
Manurung, A. S., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2022). Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(4), 308. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i4.40456
Ndasi, A. A. R., Iko, M., Meo, A. R., Bupu, M. Y., Dhiu, M. I., Inggo, M. S., Jaun, A. Y. R., & Wogo, R. (2023). Peran Guru Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 173–181. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2106
Rochayati, N., & Sanisah, S. (2022). Persepsi Guru Tentang Pendidikan Bagi Penyendang Disabilitas. … Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 92–104.
Santoso, M. B. (2021). Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepala Masyarakat (JPPM), 2(3), 473–483.
Sd, K. I., & Agatha, S. T. (2020). Pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusif kelas i sd st. agatha palembang. 3(2), 82–100.
Sosial, S., Di, S., Negeri, S. D., & Pemalang, M. (2021). STIT Pemalang 72. 01(November), 72–83.
Taufik, A. N., & Rahaju, T. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Untuk Mewujudkan Kesetaraan Belajar Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tingkat Sma Di Surabaya. Publika, 9(3), 139–154. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p139-154
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten