THE EFFECT OF COMPETITION METHOD LEARNING ON SHORT DISTANCE RUNNING ABILITY
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1145Keywords:
Kompetisi, lari sprint, pembelajaranAbstract
Olahraga lari adalah salah satu cabang nomor atletik. Lari merupakan aktivitas fisik utama dalam setiap gerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh yang diberikan penerapann pembelajaran metode kompetisi terhadap kemamuan lari jarak pendek 100 meter pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan lari rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan sebelum dengan sesudah pembelajaran menggunakan metode kompetisi. Rata-rata sebelum perlakuan mahasiswa hanya mampu lari dengan waktu 15,8 untuk jarak 100 meter. Namun, sesudah dibuat metode kompetisi dengan perlombaan rata-rata lari mahasiswa menjadi 13,68 pada jarak 100 meter. Artinya kemampuan lari rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan dimana ditunjukan dengan waktu yang digunakan untuk berlari mengalami penurunan
Downloads
References
Andriadi, A., & Saputra, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Melompat Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 41–47.
Anisa, Y., Aryanti, S., & Bayu, W. I. (2023). Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Kecepatan Lari Jarak Pendek 100 Meter. Physical Activity Journal (Paju), 4(2), 245–256. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2023.4.2.8399
Anwar, A. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Senamkebugaranjasmani. Jurnal Sekolah Dasar, 3(1). Https://Doi.Org/10.36805/Jurnalsekolahdasar.V3i1.411
Aqib, Z. (2023). Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Cv Yrama Widy.
Ardilla, M. W., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science And Health, 3(4), 192–205. Https://Doi.Org/10.17977/Um062v3i42021p192-205
Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science And Health, 3(2), 40–53.
Elmunsyah, H., Kusumo, G. R., Pujianto, U., & Prasetya, D. D. (2018). Development Of Mobile Based Educational Game As A Learning Media For Basic Programming In Vhs. 2018 5th International Conference On Electrical Engineering, Computer Science And Informatics (Eecsi), 416–420. Https://Doi.Org/10.1109/Eecsi.2018.8752658
Habibi, S. M., & Kuntjoro, B. F. T. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Melompat Untuk Peningkatan Permainan Lompat Katak Sdn V 147 Kapasan Surabaya. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 149–154. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31602/Rjpo.V6i1.11497
Hamalik, O. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamdani. (2021). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Hanafi, S., & Musfira Amahoru, N. (2024). Kontribusi Daya Ledak Tungkai Dan Kecepatan Reaksi Terhadap Kemampuan Lari 100 Meter Contribution Of Leg Explosive Power And Reaction Speed To The Ability To Run 100 Meters. Cakra Jurnal Penelitian, 1(1), 14–23.
Insan, J., Iyakrus, I., & Yusfi, H. (2022). Pengaruh Latihan Lari (Sprint) 20 Meter Terhadap Kecepatan Menggiring Bola (Dribbling). Jendela Olahraga, 7(1), 132–139. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V7i1.10367
Irawan, Y. F., & Pamungkas, G. (2022). Pengaruh Start Jongkok Terhadap Kecepatan Lari Jarak Pendek 100 Meter Sd Negri Kalipetung Wangon Banyumas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14065–14070. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V6i2.4667
Kemal, K. A. (2020). Model Pembelajaran Senam Irama Berbasis Media Pembelajaran Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif (Jpja), 3(02), 61–68. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jpja.V3i02.16271
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4106
Muhajir. (2023). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Erlangga.
Nh, H. P. J., Fikri, A., & Salman, E. (2022). Penerapan Latihan Athletic Basic Coordination Terhadap Peningkatan Kemampuan Lari Jarak Pendek Peserta Ekstrakurikuler Smp Negeri 11 Kota Lubuklinggau. E-Sport: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(1), 28–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/E-Sport.V3i1.5122
Nisa, Z. L., Ardiansyah, L., & Rahmawati, I. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sdn 1 Beluk. Global Education Trends, 2(1). Https://Doi.Org/10.61798/Get.V2i1.142
Perani, I., Hidasari, F. P., & Triansyah, A. (2015). Pembelajaran Lari Jarak Pendek Menggunakan Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 7(1). Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V7i1.23306
Prasetyanto, T. A., & Suherman, W. S. (2022). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 91–102. Https://Doi.Org/10.21831/Jpok.V3i2.18005
Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran. Prenada Media.
Saputra, M. H., Tjahyo, B. F., & Ismayadewi, C. (2024). Implementasi Permainan Hijau-Hitam Untuk Meningkatkan Minat Belajar Lari 100 Meter Siswa Kelas Vii Smpn 11 Surabaya. Journal Of Creative Student Research, 2(5), 34–41. Https://Doi.Org/10.55606/Jcsr-Politama.V2i5.4264
Sardiman, A. (2017). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo.
Sitompul, S. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Lari Sprint 100 Meter. Semnasfip, 2088–2095.
Slameto. (2021). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Melompat Melalui Permainan Lompat Cermin Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sportif: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145–158. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V4i2.12169
Susiyamni, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek 60 Meter Melalui Permainan Hitam-Hijau Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 17 Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Edutainment, 6(2), 21–43. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35438/E.V6i2.86
Sutriawan, A., Aziz, M. I. M., Syafrudin, M. A., & Setiawan, M. N. (2023). Pengaruh Latihan Speed Ladder Terhadap Kemampuan Kecepatan Lari Jarak Pendek Atlet Atletik Sman 10 Pinrang. Journal Physical Health Recreation (Jphr), 4(1), 329–333. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55081/Jphr.V4i1.1649
Widyatmoko, H. (2019). The Development Of Educational Puzzle Game Based On The Local Wisdom Using Flash Media To Educate The Students’characteristic Of Primary School. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).
Yanto, C. D., Iqbal, M., & Suryadi, D. (2020). Pengaruh Latihan Resisten Siswa Putra Terhadap Kecepatan Sprint Jarak Pendek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii, 164–171.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten