IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MTS NURUS SALAM

Penulis

  • Candra Wijaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Bening Luhur Junani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.916

Kata Kunci:

Manajemen Mutu, Pendidikan, Sumber daya manusia

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM), pendidikan yang bermutu merupakan harapan bagi seluruh masyarakat. Rumusan masalah yang penulis lakukan adalah bagaimana implementasi manajemen mutu dan implementasi standar manajemen mutu di sekolah MTs Nurus Salam. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi manajemen mutu yang ada disekolah MTs Nurus Salam, kepala sekolah sudah melakukan sesuatu hal yang positif seperti: mengupayakan kefektifan proses pembelajaran dengan cara memotivasikan guru dan guru juga meningkatkan kompetensinya. Kesimpulan  dari penelitian bahwa Manajemen mutu pendidikan dilaksanakan oleh MTs Nurus Salam dengan kualitas implementasi sesuai dengan standar nasional. Peran madrasah dalam menyeimbangkan antara proses dan hasil pendidikan Pada akhirnya, siswa akan tumbuh menjadi pribadi muslim yang berkualitas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Bening Luhur Junani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

Referensi

Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159. Ahttps://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2782kolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159.

Charles, A., & Mkulu, D. G. (2020). Management Challenges Facing School Administrators And Pupils’ Academic Performance In Public Primary Schools In Sengerema District Mwanza, Tanzania. International Journal Of Humanities And Education Development (IJHED), 2(3), 191–207. Https://Www.Theshillonga.Com/Index.Php/Jhed/Article/View/95

Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Journal Of Innovation In Teaching And Instructional Media, 1(1), 46–57. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52690/Jitim.V1i1.29

Febriana, L., Isnaini, M., & Syarifuddin, A. (2019). Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. Https://Doi.Org/10.19109/Pairf.V1i2.3234

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V14i1.1100

Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). An Exploratory Study Of The Obstacles For Achieving Quality In Distance Learning During The COVID-19 Pandemic. Education Sciences, 10(9), 232. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci10090232

Leithwood, K., Sun, J., & Schumacker, R. (2020). How School Leadership Influences Student Learning: A Test Of “The Four Paths Model.” Educational Administration Quarterly, 56(4), 570–599. Https://Doi.Org/10.1177/0013161X19878772

Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2075

Lubna Naz, Naeem-Uz-Zafar, N. S. (2020). Evaluation Of School Management Committee (Smc) On Quality Of Education: A Case Of Sindh. Pakistan Journal Of Educational Research, 3(2). Https://Doi.Org/10.52337/Pjer.V3i2.469

Maulana, A., Dian, D., & Jahari, J. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 89–96. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35905/Almaarief.V1i2.1109

Meyer, A., Richter, D., & Hartung-Beck, V. (2022). The Relationship Between Principal Leadership And Teacher Collaboration: Investigating The Mediating Effect Of Teachers’ Collective Efficacy. Educational Management Administration & Leadership, 50(4), 593–612. Https://Doi.Org/10.1177/1741143220945698

Mufidah, M. (2022). Optimizing The Function Of The Committee In Implementing Madrasah-Based Management (MBM) To Reach Achievement And Independent Madrasah. International Conference On Islamic Studies (ICIS), 976–984.

Mustofa, A. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. Sekapur Sirih Kajian Mandiri Manajemen Pendidikan, 104.

Nuratiah, N., Ar, M. A. R. M., & Khairuddin, K. (2021). Principals’ Leadership In Improving School Committee Performance Of Elementary School In Banda Raya Sub-District, Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3), 533–540.

Nurbaeti, S. (2022). Significance Of The Influence Of Leadership Model, Morale, And Satisfaction On Performance Consistency. Produktif: Jurnal Kepegawaian Dan Organisasi, 1(1), 10–18. Https://Doi.Org/Http://Jurnalpustek.Org/Index.Php/Sdmo/Article/View/8

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence Of School-Based Management And Teacher’s Professionalism Toward Teacher’s Performance. Journal Of Social Work And Science Education, 1(1), 13–23. Https://Doi.Org/10.52690/Jswse.V1i1.6

Rosnani, L. (2021). Analisis Peran Dan Keterlibatan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Tamansiswa Pematangsiantar.

S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). Https://Doi.Org/10.32528/Jsmbi.V8i2.1785

Sinaga, D. (2017). Analisa Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir (Studi Komparatif Sma Negeri 1 Balige Dan Sma Negeri 2 Balige). Sosiohumaniora, 19(2), 159–166. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V19i2.12082

Sojanah, J., & Hadi, I. A. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 118–128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V5i1.25858

Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22. Https://Doi.Org/10.33084/Anterior.V18i1.436

Sumarsono, R. B., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., & Gunawan, I. (2019). Opportunities For The Implementation Of School-Based Management In The Eastern Area Of Indonesia. Int. J. Innov. Creat. Chang, 5(4), 180–196. Http://Www.Ijicc.Net/

Suratman, S., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). The Influence Of Principal’s Leadership And Teacher’s Competence Toward Teacher’s Performance In Indonesia. Journal Of Social Work And Science Education, 1(2), 96–104. Https://Doi.Org/10.52690/Jswse.V1i2.32

Susanto, D., Mashuri, M., & Hanum, F. (2020). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sma Negeri 7 Kediri Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 4(2). Https://Doi.Org/10.30737/Mediasosian.V4i2.1204

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Dan Dampaknya Dengan Kompetensi Lulusan SMK Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V7i1.23758

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Wijaya, C., & Junani, B. L. . (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MTS NURUS SALAM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 304–310. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.916

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.