IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MTS NURUS SALAM
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.916Kata Kunci:
Manajemen Mutu, Pendidikan, Sumber daya manusiaAbstrak
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM), pendidikan yang bermutu merupakan harapan bagi seluruh masyarakat. Rumusan masalah yang penulis lakukan adalah bagaimana implementasi manajemen mutu dan implementasi standar manajemen mutu di sekolah MTs Nurus Salam. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi manajemen mutu yang ada disekolah MTs Nurus Salam, kepala sekolah sudah melakukan sesuatu hal yang positif seperti: mengupayakan kefektifan proses pembelajaran dengan cara memotivasikan guru dan guru juga meningkatkan kompetensinya. Kesimpulan dari penelitian bahwa Manajemen mutu pendidikan dilaksanakan oleh MTs Nurus Salam dengan kualitas implementasi sesuai dengan standar nasional. Peran madrasah dalam menyeimbangkan antara proses dan hasil pendidikan Pada akhirnya, siswa akan tumbuh menjadi pribadi muslim yang berkualitas.
Unduhan
Referensi
Amini, A., Pane, D., & Akrim, A. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159. Ahttps://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2782kolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148–11159.
Charles, A., & Mkulu, D. G. (2020). Management Challenges Facing School Administrators And Pupils’ Academic Performance In Public Primary Schools In Sengerema District Mwanza, Tanzania. International Journal Of Humanities And Education Development (IJHED), 2(3), 191–207. Https://Www.Theshillonga.Com/Index.Php/Jhed/Article/View/95
Damayani, T., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Journal Of Innovation In Teaching And Instructional Media, 1(1), 46–57. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52690/Jitim.V1i1.29
Febriana, L., Isnaini, M., & Syarifuddin, A. (2019). Peranan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. Https://Doi.Org/10.19109/Pairf.V1i2.3234
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64. Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V14i1.1100
Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). An Exploratory Study Of The Obstacles For Achieving Quality In Distance Learning During The COVID-19 Pandemic. Education Sciences, 10(9), 232. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci10090232
Leithwood, K., Sun, J., & Schumacker, R. (2020). How School Leadership Influences Student Learning: A Test Of “The Four Paths Model.” Educational Administration Quarterly, 56(4), 570–599. Https://Doi.Org/10.1177/0013161X19878772
Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/2075
Lubna Naz, Naeem-Uz-Zafar, N. S. (2020). Evaluation Of School Management Committee (Smc) On Quality Of Education: A Case Of Sindh. Pakistan Journal Of Educational Research, 3(2). Https://Doi.Org/10.52337/Pjer.V3i2.469
Maulana, A., Dian, D., & Jahari, J. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 89–96. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35905/Almaarief.V1i2.1109
Meyer, A., Richter, D., & Hartung-Beck, V. (2022). The Relationship Between Principal Leadership And Teacher Collaboration: Investigating The Mediating Effect Of Teachers’ Collective Efficacy. Educational Management Administration & Leadership, 50(4), 593–612. Https://Doi.Org/10.1177/1741143220945698
Mufidah, M. (2022). Optimizing The Function Of The Committee In Implementing Madrasah-Based Management (MBM) To Reach Achievement And Independent Madrasah. International Conference On Islamic Studies (ICIS), 976–984.
Mustofa, A. (2023). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. Sekapur Sirih Kajian Mandiri Manajemen Pendidikan, 104.
Nuratiah, N., Ar, M. A. R. M., & Khairuddin, K. (2021). Principals’ Leadership In Improving School Committee Performance Of Elementary School In Banda Raya Sub-District, Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3), 533–540.
Nurbaeti, S. (2022). Significance Of The Influence Of Leadership Model, Morale, And Satisfaction On Performance Consistency. Produktif: Jurnal Kepegawaian Dan Organisasi, 1(1), 10–18. Https://Doi.Org/Http://Jurnalpustek.Org/Index.Php/Sdmo/Article/View/8
Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence Of School-Based Management And Teacher’s Professionalism Toward Teacher’s Performance. Journal Of Social Work And Science Education, 1(1), 13–23. Https://Doi.Org/10.52690/Jswse.V1i1.6
Rosnani, L. (2021). Analisis Peran Dan Keterlibatan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Tamansiswa Pematangsiantar.
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2). Https://Doi.Org/10.32528/Jsmbi.V8i2.1785
Sinaga, D. (2017). Analisa Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir (Studi Komparatif Sma Negeri 1 Balige Dan Sma Negeri 2 Balige). Sosiohumaniora, 19(2), 159–166. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V19i2.12082
Sojanah, J., & Hadi, I. A. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 118–128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V5i1.25858
Sonedi, S., Sholihah, T., & Dihasbi, D. (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22. Https://Doi.Org/10.33084/Anterior.V18i1.436
Sumarsono, R. B., Triwiyanto, T., Kusumaningrum, D. E., & Gunawan, I. (2019). Opportunities For The Implementation Of School-Based Management In The Eastern Area Of Indonesia. Int. J. Innov. Creat. Chang, 5(4), 180–196. Http://Www.Ijicc.Net/
Suratman, S., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). The Influence Of Principal’s Leadership And Teacher’s Competence Toward Teacher’s Performance In Indonesia. Journal Of Social Work And Science Education, 1(2), 96–104. Https://Doi.Org/10.52690/Jswse.V1i2.32
Susanto, D., Mashuri, M., & Hanum, F. (2020). Partisipasi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sma Negeri 7 Kediri Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 4(2). Https://Doi.Org/10.30737/Mediasosian.V4i2.1204
Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar Dan Dampaknya Dengan Kompetensi Lulusan SMK Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V7i1.23758
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten