MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGHITUNG PERMINTAAN DENGAN MENGGUNAKAN RUMUS PERMINTAAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MELALUI DIDACTICAl DESIGN RESEARCH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.100Keywords:
Kesulitan Belajar, Didactical Design Research, Pelajaran EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam menghitung fungsi permintaan dengan menggunakan rumus permintaan pada mata pelajaran Ekonomi kelas X melalui pendekatan Didactical Design Research (DDR). Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fungsi permintaan, menghitung gradien, dan menyusun persamaan fungsi permintaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tahapan analisis antisipasi didaktis dan pedagogis, analisis metapedadidaktik, serta analisis retrospektif untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang dikembangkan efektif dalam membantu siswa memahami fungsi permintaan melalui pendekatan berbasis masalah dan diskusi kelompok. Namun, ditemukan beberapa kesulitan baru yang tidak terprediksi sebelumnya, terutama dalam menentukan gradien dengan benar. Oleh karena itu, dilakukan revisi desain didaktis berupa penyederhanaan redaksi pada lembar kerja, pemberian contoh tambahan, serta peningkatan bimbingan. Dengan penerapan desain didaktis yang lebih sistematis, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dalam menghitung fungsi permintaan serta mampu menghubungkan teori ekonomi dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V18i2.4420
Ardi, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fungsi Permintaan Dan Penawaran Kelas X Di Sman 7 Batanghari Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Jambi.
Ardiana, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Ekonomi Materi Permintaan Dan Penawaran Pada Siswa Kelas X Ips 4 Di Man 1 Jember Tahun Ajaran 2014-2015. Http://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/71397
Arumdani, I. M., Adi, B. W., & Sabandi, M. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Situs Google Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Di Sma Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2).
Bastan, K. (2019). Pengaruh Penguasaan Permintaan Dan Penawaran Uang Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Materi Pokok Bank Di Kelas X Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Batangtoru. Jurnal Misi, 2(3), 63–73. Https://Jurnal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Misi/Article/View/255
Bella, P., Dehoop, S., & Pangkey, R. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Metode Pembelajaran Inkuiri Dan Metode Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Smk Negeri 1 Motoling Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1).
Erfan, D. (2021). Pemanfaatan Desain Didaktis Pada Penyajian Data Untuk Siswa Diskalkulia Sekolah Dasar. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 13–28. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54124/Jlmp.V18i1.14
Firdaus, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Kota Jambi). Jurnal Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Kota Jambi). Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/2616
Gunawan, G., & Asrifan, A. (2020). Penerapan Kerja Kelompok Kegiatan Mgmp Guru Ekonomi Dalam Menyusun Rpp Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. Celebes Education Review, 2(1), 31–36. Https://Doi.Org/10.37541/Cer.V2i1.318
Haqq, A. A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran Pada Madrasah Tsanawiyah. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 7(1), 71–82. Https://Doi.Org/10.24235/Eduma.V7i1.2731
Hutagalung, R., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Pengaruh Metode Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Sriwijaya University.
Irawan, L., Yulaini, E., & Januardi, J. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Di Smk Pgri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(1), 99–107. Https://Doi.Org/10.31851/Neraca.V3i1.3385
Jehadun, Y., & Sudarsana, I. B. O. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips 1 Sma (Slua) Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022: Application Of Cooperative Script Learning Model To Increase Studen. Arthaniti Studies, 3(2), 132–139. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7128619
Khairinal, K., Syuhada, S., & Sitinjak, R. S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Konformitas, Dan Pendidikan Ekonomi Keluarga, Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas Xi Smk 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 923–938. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i2.1184
Meika, I., Mulyanah, M., Sartika, N. S., & Sujana, A. (2025). Desain E-Didaktis Aljabar Untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa Mts. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), 9(1), 103–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35706/Sjme.V9i1.119
Melinda, T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jurnal Penyesuaian Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 31–44. Https://Doi.Org/10.46306/Jurinotep.V1i1.3
Nande, M., Banda, Y. M., & Mbaru, Y. (2021). Penerapan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Cooperative Script. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 396–403. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.319
Novrianti, S., Nas, S., & Syabrus, H. (2015). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–7.
Oktaria, T. A., Jaenudin, R., & Rusmin, A. R. (2018). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 1 Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 145–154. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36706/Jp.V4i2.5592
Parwati, H. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Type Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Kebutuhan Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Media Zoom Meeting Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X Ips 3 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman Jogoro. Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 3(2), 132–140.
Prasojo, R. J. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips. Ekonomi Ikip Veteran Semarang, 2(1), 37082.
Putra, R. A., & Dewi, R. M. (2020). Pengembangan Media E-Book Interaktif Pada Sub Materi Permintaan, Penawaran, Dan Harga Keseimbangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 1–7. Https://Doi.Org/10.26740/Jupe.V9n1.P1-7
Rahmadani, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (Sscs) Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2958–2967. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V8i1.12826
Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Ioc (Inside Outside Circle) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Siswa Kelas X Sma Nu Widasari Pada Mata Pelajaran Ekonomi). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(02), 1–15. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V15i02.1615
Umaroh, R. (2022). Pengaruh Koin Prestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Permintaan Maaf Bahasa Indonesia Kelas I Di Mi Gaya Baru Sidorejo Kedungadem. Universitas Nadhlatul Ulama Sunan Giri.
Utami, N., & Basir, M. D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 68–76. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36706/Jp.V2i1.5536
Utami, T. D., Frisnoiry, S., Tuzzahra, T. F., & Kalsum, U. (2023). Menganalisis Kesalahan Siswa Kelas X Ips Sma Swasta Imelda Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Permintaan Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Kreasi Rakyat, 1(2), 101–110.
Utari, F. D., Barlian, I., & Deskoni, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 40–49. Https://Doi.Org/10.36706/Jp.V5i1.5635
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten