Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Bowling Angka di Kelompok BI Taman Kanak-kanak Aisyiyah Padang Bintungan Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.771Keywords:
Kemampuan Berhitung, Permainan Bowling, Taman Kanak-KanakAbstract
Anak-anak yang berusia 0 sampai 6 tahun merupakan anak usia dini yang berada masa keemasan (Maria Matoserri dalam Loeziana 2009:4), pada masa ini anak sangat sensitif menerima segala pengaruh yang diberikan oleh lingkungannya. Anak-anak merupakan generasi penerus keluarga sekaligus penerus bangsa. Dengan kata lain, masa depan bangsa ditentukan oleh pendidikan yang diberikan kepada anak sejak usia dini. Dalam kurikulum pedoman pengembangan program pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pendidikan anak usia dini, merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 14 menyatakan bahwa:
Downloads
References
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014.
Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Damanik, S. H., Eza, G. N., Sinaga, R., Diputra, A. M., & Ramadhani, R. (2021). Pelatihan Kurikulum 2013 Terhadap Guru Paud. Jurnal Usia Dini. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25651
Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN METODE DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST MOTORIK KASAR BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK. JSES : Journal of Sport and Exercise Science. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Ketut Sudarsana, O. I. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak.
Nurlaili, N. (2018). SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Nursyamsiah, H., Cendana, T. P., Rohaeti, E. E., & Alam, S. K. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI PADA USIA 5 – 6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p286-294
Putri, R. N. (2021). Penerapan Konsep Tri N (Niteni, Niroakke, Nambahi) pada Pendidikan Anak Usia Dini guna Meningkatkan Pendidikan Karakter. Media Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.6433
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). TINGKAT PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERDASARKAN STRANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten