PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 066054 MEDAN

Authors

  • Hamidah Hamidah Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Arief Aulia Rahman PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Yohana Eka Yulia Simanjuntak SD Negeri 066054

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1190

Keywords:

Media, Roda Putar, Matematika, Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini berjudul Penggunaan Media Roda Putar Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 066054 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 066054 Medan yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus di kelas I SD Negeri 066054 Medan, dapat disimpulkan bahwa:Penggunaan media roda putar matematika dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas I SD Negeri 066054 Medan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal sebesar 32% siswa tuntas, menjadi 64% pada siklus I, dan mencapai 88% pada siklus II. Rata-rata nilai kelas juga meningkat dari 61,2 (awal), menjadi 70,8 (siklus I), dan 78,4 (siklus II).Aktivitas dan motivasi belajar siswa meningkat melalui penggunaan media roda putar. Siswa menjadi lebih aktif, tertarik, dan antusias mengikuti pembelajaran matematika. Media roda putar yang bersifat interaktif, menyenangkan, dan melibatkan siswa secara langsung berhasil menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Media roda putar matematika efektif sebagai alat bantu dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Penggunaan media ini sejalan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang membutuhkan alat peraga konkret dan aktivitas interaktif..

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hamidah Hamidah, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Arief Aulia Rahman, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Yohana Eka Yulia Simanjuntak, SD Negeri 066054

SD Negeri 066054  

References

Aduloju, E. T., & Ojo, A. B. (2019). Rethinking Youth Formation In The Social Media Era: A Challenge For The Nigerian Church. The Biopsychosocio-Spiritual Communication, 195.

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(2).

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020a). Media Pembelajaran Monopoli: Media Edukasi Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan|| Monopoly Learning Media: Education Media In Structure And Function Of Plant Tissue Theory. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V5i2.32466

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020b). Kelayakan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Risenologi, 5(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.47028/J.Risenologi.2020.51.60

Angela, H., & Subektir, F. E. (2022). Systematic Literature Review: Efektifitas Media Pembelajaran Untuk Mendorong Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 13–25. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V7i3.22190

Artajaya, G. S. (2022). Inovasi Media Wattpad Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 173–184.

Astari, J. I. R. (2018). Pengoptimalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kimia Yang Efektif Dan Efisien Dengan Media Interaktif. J-Pek (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 24–30. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um026v3i12018p024

Cuhanazriansyah, M. R., Rizal, F., Irfan, D., & Abdullah, R. (2022). Pengembangan Media Aplikasi Permainan Monopoli Mata Pelajaran Mipa (Momipa) Berbasis Teknologi Android Di Sekolah Menengah Kejuruan. Universitas Negeri Padang.

Faradila, F. I., & Pratiwi, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di Uptd Sdn Pejagan 4. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 4(1), 97–104. Https://Doi.Org/10.53299/Jagomipa.V4i1.446

Fitri, R. F., & Mahsum, M. A. (2024). Implementasi Matematika Model Rme Dengan Media Roda Putar Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 3(1), 68–76. Https://Jurnal.Iaibafa.Ac.Id/Index.Php/Abnauna/Article/View/2608

Irham, N. H., & Firdaus, A. M. (2024). Penggunaan Media Roda Putar Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 3(1), 17–23.

Kisma, A. D., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas Iv Sd Negeri 2 Hadipolo. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 635–642. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V5i1.861

Lestari, A. S., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas Iv Sd. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 114–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Seroja.V2i5.1156

Li, Y., & Wang, C. (2022). The Relationship Between Bystander ’ S Life Satisfaction And Passively Acceptance O F “ Public Display Of Affection ” : Self-Esteem As A Mediator — Mainly Among College Students. Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 66, 75–81.

Nengtyas, S. R., & Salwah, D. (2023). Penggunaan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn Krian 4 Sidoarjo. Prosiding National Conference For Ummah, 2(2), 42–46.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd. Indonesian Journal Of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72.

Purba, N. A., & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3d) Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2).

Putri, S. I. O., & Masitoh, S. (2020). Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Dengan Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Suciati, A., Lailatussaidah, L., & Rufaidah, R. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 Sdn Margahayu Xix. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj, 1(1).

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 338. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.351

Riyani, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 56 Kota Bengkulu. Iain Bengkulu.

Selfara, T. S. R. A., Wijayanti, R., & Faulina, R. (2022). Pengaruh Model Quantum Learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 7(1), 80–88.

Solichah, M., Hartatik, S., & Ghufron, S. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 51–59. Http://Repository.Unusa.Ac.Id/Id/Eprint/6659

Suhendra, A., Susanto, P. C., Barus, G. A., Setiadi, B., & Sidjabat, S. (2024). Kepemimpinan Korpoasi Strategi Dan Implementasi Di Era Modern (N. Mayasari & P. A.-V. Maqfirah (Reds)). Bandung ; Widina Media Utama.

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 2(1), 71–81. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V2i1.86

Utami, P. D. K. S., Tastra, I. D. K., & Kusmariyatni, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Berbantuan Media Benda Kongkrit Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vi Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2015/2016. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i1.7453

Yuniawatika, Y., Mashuri, M. F., & Hadisurya, S. P. Y. (2023). Meta Analisis: Efektivitas Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 19(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.17509/Md.V19i1.57130

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh Media Audio Dan Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251–258. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V3i2.10544

Published

2025-05-10

How to Cite

Hamidah, H., Rahman, A. A. ., & Simanjuntak, Y. E. Y. . (2025). PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 066054 MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1096–1104. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1190

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.