PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN METODE WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 066054 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Nisfu Laili Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Arief Aulia Rahman PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Silsia Risqha Revolina Siregar SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.992

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Metode, Window, Shopping, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Metode Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri 066054 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 066054 Medan, tepatnya pada kelas IV, tahun ajaran 2024/2025. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah, yang akan dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi . Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus di kelas IV SD pada Tahun Pelajaran 2024/2025 mengenai penerapan model Problem Based Learning berbantuan metode Window Shopping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dapat disimpulkan bahwa model dan metode ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun simpulan secara rinci adalah sebagai berikut: Penerapan model Problem Based Learning berbantuan metode Window Shopping terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pra-siklus adalah 60,625, meningkat menjadi 73,125 pada siklus I, dan mencapai 82,5 pada siklus II. Jumlah skor total juga mengalami peningkatan, yaitu dari 970 pada pra-siklus, menjadi 1170 pada siklus I, dan 1320 pada siklus II. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dan konsisten pada tiap tahap tindakan. Metode Window Shopping memberikan pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan partisipatif bagi siswa. Melalui kegiatan mengamati, berdiskusi, serta mempresentasikan hasil observasi, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik dan kontekstual. Metode ini juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Semua indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian tercapai. Hal ini mencakup peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, peningkatan aktivitas belajar siswa, serta respon positif siswa terhadap model dan metode pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbantuan metode Window Shopping layak direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nisfu Laili, Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Program Profesi Guru Calon Guru Gelombang 2 Semester 2 Tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

Arief Aulia Rahman, PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Silsia Risqha Revolina Siregar, SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

SD Negeri 066054 Medan Denai, Indonesia

References

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Kelas V Sd. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sd, 7(3).

Apriana, B. N. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Ix-B Smp Negeri 1 Wanasaba. Jurnal Ilmiah Wuni, 1(1), 1–8.

Astindari, T., & Noervadila, I. (2019). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil Di Smk Negeri 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 15–24. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V6i2.25

Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). Problem Based Learning (Pbl) – Qr-Code Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 225–236. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V8i1.1894

Haidir, H., Muhamad, T., Roviati, R., Evi, E., & Deka, D. (2024). Penerapan Chat Gpt Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Sosial Teknologi, 4(3), 182–189. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V4i3.1064

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5 Nomor 3(3).

Istianingsih, K., & Mir’anina, R. (2018). Pengaruh Model Two Stay Two Stray Dengan Aktivitas Window Shopping Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mts Al-Muttaqin Plemahan Kediri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 92–98.

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V6i2.5223

Marta Towe, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dengan Menggunakan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Luas Permukaan Balok. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 113–124. Https://Doi.Org/10.30822/Asimtot.V3i2.1364

Negara, I. S. K. (2020). Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Window Shopping Pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(1), 105–110.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.244

Nurochman, R., & Diniya. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl) Dengan Pendekatan Blended Learning Terhadap Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Siswa Smp/Mts Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Of Natural Science Laerning, 01(01), 61–67.

Pramusinta, Y., & Rifanah, F. D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Window Shopping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 10(4), 586–596.

Prasetyo, A. (2021). Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Pedagogika, 184–193.

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Pbl Pada Muatan Ipa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.47031

Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.

Rachman, I., Sugimaru, C., & Matsumoto, T. (2020). Use Of Problem Based Learning (Pbl) Model To Improve Learning Outcomes In Environmental Education. Journal Of Environmental Science And Sustainable Development, 3(1), 114–141. Https://Doi.Org/10.7454/Jessd.V3i1.1039

Rani, R., Manurung, H., & Siregar, T. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasa Program Linier. 2008.

Simanjuntak, K. C., Thesalonika, E., & Sihombing, P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Sdn 097805 Rambung Merah. Journal Of Social Science Research, 3(6), 5874–5885.

Siregar, M. N. N., & Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 9(2), 292–301. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V9n2.P292-301

Sulistijati, N. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Materi Perkembangan Dunia Pasca Perang Dunia Ii Melalui Model Pembelajaran Aktif Window Shopping Kelas Xii. 8 Semester I Sma Negeri 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2018/2019: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(2), 63–74.

Sulistyaratih, N. I., Adnan, A., & Sehalyana, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dan Window Shopping Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 77–87.

Tumanggor, F. L. L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas Ix Smp Gajah Mada T.A. 2022/2023. In Universitas Hkbp Nommensen (Vol 2007, Number 2015).

Zam, E. M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Mata Pelatihan Pelayanan Publik Dengan Metode Window Shopping Pada Latsar Cpns Kabupaten Kampar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 574–582.

Zumroh, N., Rahayu, E. S., & Dewi, N. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Window Shopping Dan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Ekosistem. Journal Of Biology Education, 7(2), 221–225.

Published

2025-05-10

How to Cite

Laili, N. ., Rahman, A. A. ., & Siregar, S. R. R. . (2025). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN METODE WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 066054 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025 . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1049–1059. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.992

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.