Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Bowling Angka di Kelompok BI Taman Kanak-kanak Aisyiyah Padang Bintungan Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Desi Sesmita TK Aisyiyah Padang Bintungan

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.771

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Permainan Bowling, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Anak-anak yang berusia 0 sampai 6 tahun merupakan anak usia dini yang berada masa keemasan (Maria Matoserri dalam Loeziana 2009:4), pada masa ini anak sangat sensitif menerima segala pengaruh yang diberikan oleh lingkungannya. Anak-anak merupakan generasi penerus keluarga sekaligus penerus bangsa. Dengan kata lain, masa depan bangsa ditentukan oleh pendidikan yang diberikan kepada anak sejak usia dini. Dalam kurikulum pedoman pengembangan program pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pendidikan anak usia dini, merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 14 menyatakan bahwa:

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 145 times

References

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014.

Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Damanik, S. H., Eza, G. N., Sinaga, R., Diputra, A. M., & Ramadhani, R. (2021). Pelatihan Kurikulum 2013 Terhadap Guru Paud. Jurnal Usia Dini. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25651

Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN METODE DENVER DEVELOPMENT SCREENING TEST MOTORIK KASAR BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK. JSES : Journal of Sport and Exercise Science. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Ketut Sudarsana, O. I. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Membentuk Karakter Anak.

Nurlaili, N. (2018). SUMBER BELAJAR DAN ALAT PERMAINAN UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Nursyamsiah, H., Cendana, T. P., Rohaeti, E. E., & Alam, S. K. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI PADA USIA 5 – 6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p286-294

Putri, R. N. (2021). Penerapan Konsep Tri N (Niteni, Niroakke, Nambahi) pada Pendidikan Anak Usia Dini guna Meningkatkan Pendidikan Karakter. Media Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.6433

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). TINGKAT PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERDASARKAN STRANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Published

2022-12-03

How to Cite

Sesmita, D. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Bowling Angka di Kelompok BI Taman Kanak-kanak Aisyiyah Padang Bintungan Kabupaten Dharmasraya. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 200–210. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.771

Issue

Section

Articles