ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN MPABI DALAM PENINGKATAN HOTS MAHASISWA DI MATERI STOIKIOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1146Kata Kunci:
Moralitas, Unggul, PJBLAbstrak
Pembelajaran abad 21 sangat mementingkan produk Pendidikan yang cekatan, trampil, komunikatif dan mampu berkolaborasi. Universitas HKBP Nommensen medan terkhusus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bertanggungjawab menghasilkan luaran yang mampu berdaya saing di masyarakat dan di dunia kerja. Sebagai penghasil guru yang bervisi dan misi prodeo et patria bagi Tuhan dan Ibu pertiwi maka kampus ini berkewajiban menyelearaskan kurikulum dengan tuntutan perkembangan zaman. Kemampuan tingkat tinggi atau higher order thinking / HOTS ada kemampuan yang harus dimiliki oleh luaran dari universitas HKBP Nommensen Medan. pembelajaran kimia yaitu stoikiometri adalah salah satu materi perkuliahan yang mendapatkan attention yang tinggi dalam mengembangkan HOTS mahasiswa dan metode pembelajaran MPABI (Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inquiry) merupakan metode yang sangat cocok digunakan. Hal ini terlihat dari ketercapaian pembelajaran dari sisi isi sebesar 25 % pada tiap item sandarisasinya dan sisi kontruk aspek assesmen dan evaluasi sebesar 15%, lingkungan belajar 16%, dampak instruksional sebesar 16%, dampak pendukung 18%. Hal ini menggambarkan keberhasillan penggunaan MPABI dalam peningkatan HOTS di materi stoikiometri.
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, H., Wildan, W., & Loka, I. N. (2020). The Effect Of Guided Inquiry Learning Model On Chemistry Learning Towards Critical Thinking Skills Students At Class Xi Mia Sman 7 Mataram 2019. Chemistry Education Practice, 3(2), 99–103. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V3i2.1817
Agustin, Lady, Haryanto, Z., & Efwinda, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 56–64. Https://Doi.Org/10.30872/Jlpf.V1i01.80
Agustin Mutia. (2021). Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Sub Tema 3 Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 18–24. Https://Doi.Org/10.51836/Je.V7i2.234
Asiah, N., Muhiddin, M., & Rachmawaty, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mts Miftahul Muin. Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/12411
Betti, W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Berbantuan Google Classroom Terhadap Berpikir Kreatif. Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/16929
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11.
Farhan, M., & Arisona, R. D. (2022). Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Pakis (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20527/Pakis.V2i2.5861
Hasmi Syahputra Harahap, & Harahap, N. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Modified Free Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 1 Kotapinang. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 25–34. Https://Doi.Org/10.31849/Bl.V8i2.7690
Hayati, L., Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V2i2.1364
Herman, H., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Analisis Instrumen Tes Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 88–101. Https://Doi.Org/10.51574/Jrip.V1i3.65
Hutagalung, R., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Pengaruh Metode Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Sriwijaya University.
Izzati, N., & Febrian, F. (2021). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Tes Hasil Belajar Kategori Higher Order Thinking Skill. Jurnal Gantang, 6(1), 75–82. Https://Doi.Org/10.31629/Jg.V6i1.2672
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar Ipa Siswa Sd Di Daerah Tertinggal Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I2.P103-111
Lestari, P. B., & Hartati, T. W. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(01), 22–28. Https://Doi.Org/10.33503/Ebio.V4i01.307
Liwa Ilhamdi, M., Novita, D., & Nur Kholifatur Rosyidah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Sd. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 49–57. Https://Doi.Org/10.46772/Kontekstual.V1i02.162
Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36–42. Https://Doi.Org/10.30596/Jp.V6i1.7674
Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i2.2369
Oktaviandany, D. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots (Higher Order Thinking Skill) Siswa Sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3).
Purwandari, P., & Yusro, A. C. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 2(1). Https://Doi.Org/10.21067/Mpej.V2i1.2369
R, N., & Mucti, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Lkm Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal Of Honai Math, 2(2), 117–128. Https://Doi.Org/10.30862/Jhm.V2i2.67
Rachamatika, T., Sumantri, M. S., Purwanto, A., Wicaksono, J. W., Arif, A., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sdn Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1), 59–69.
Salamudin, C., & Amelia, E. M. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Siswa Di Sman 14 Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–7.
Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni, 2(2019), 552–557.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. Jp3m (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68.
Waleulu, A., & Muharram, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (Cer), 8–16. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/18911
Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Of Education Action Research, 5(1), 126–132. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V5i1.32255
Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327–1333. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.752
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten