ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DIGITAL YANG BERDAMPAK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DISTRIBUTOR ALAT KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1162Keywords:
Pemasaran Digital, Kepuasan Pelanggan, Peningkatan Volume PenjualanAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan dalam rangka menganalisa pengaruh pendidikan digital marketing terhadap kepuasan customer yang berdampak langsung pada peningkatan volume penjualan. Secara teori peningkatan penggunaan internet seharusnya dapat menjadi peluang untuk melakukan promosi melalui tools digital maketing, tetapi kasus yang terjadi di perusahaan PT. X yaitu penurunan volume penjualan. Metode yang digunakan menggunakan metode analitik deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuisioner. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 85 responden, dan metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media, email marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan website tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kepusaan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan sedangkan email marketing dan sosial media tidak berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan.
Downloads
References
Ahmadi, R. S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Sosiohumaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537
Azizah, S. N., & Sri Wahyuningsih. (2020). Flexible Working Space (FWS) Solusi Kerja New Normal di Indonesia. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2). https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.286
Caruana, A. (2002). Service loyalty: The effects of service quality and the mediating role of customer satisfaction. European Journal of Marketing, 36(7–8), 811–828. https://doi.org/10.1108/03090560210430818
Christiani, J., & Fauzi, A. (2022). ANALISA STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P (PRICE, PRODUCT, PLACE, PROMOTION) PADA USAHA PROL TAPE SARI MADU JEMBER DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 16–23. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.328
Gerritsen J. (n.d.). retailing Table of Contents Introduction Literature review 2 . 1 Online customer journey 2 . 2 Free sample / Product trial marketing Methodology Results 4 . 1 Free sample / product trial marketing Discussion Limitations & Recommendations Conclusion Refere.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.
Harahap, D. (2019). Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 9–14.
Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324
Istiyanatul, M. S. (2021). Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan E-Commerce Pada Kab. Sumenep. Behavioral Accounting Journal, 4(1), 239–248.
Komalasari, R., Harto, B., & Setiawan, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19. Ikraith-Abdimas, 4(1), 1–7.
Madrianah, M., Kausar, A., Muchsidin, F. P., & Verawaty, V. (2023). Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 34. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1659
Maharani, Y., & Marheni. (2022). STRATEGI KEBIJAKAN DALAM MENGATASI KRISIS EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19: (STUDI KASUS INDONESIA). Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(02). https://doi.org/10.35449/jemasi.v17i02.532
Manajemen, M. (2019). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1). https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i1.4917
Megawati, Nurhingwahyu, S., & Krisdianto, D. (2019). Penerapan Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk Alat Kesehatan. Jiagabi, 8(3), 141–147.
Mubarok, A. H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dan Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Produk Buku Metode AlBidayah Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid 19. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Nenze, V. B. (2019). Impact of Social Media on Customer Satisfaction: a Case Study of Nmb Bank Plc.
Pratiwi, L. E. (2021). Analisi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Nusantara Mart Pacitan). IAIN Ponorogo.
Ramadan, B. S., Hapsari, S. B., Pramesti, A. L., & Ikhlas, N. (2019). Analisis Kuantitatif Sistem Manajemen Lingkungan Berdasarkan Klausul ISO 14001:2015. Jurnal Presipitasi : Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 16(1). https://doi.org/10.14710/presipitasi.v16i1.1-7
Ratna, G. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153.
Sa’di, M. D., & Suyanto, A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Perilaku Konsumen Terhadap Volume Penjualan Treadmill Pada CV. GAF Tridaya Mandiri. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 226–239.
Safitri, M., & Juliati Nasution, Y. S. (2023). Analisis Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Cat Jotun (Studi Kasus : Cv. Tebar Jalur Mas Kompleks Cemara Asri). Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 46–53. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.188
Saleem, U., yi, S., Bilal, M., Topor, D. I., & Căpuṣneanu, S. (2022). The impact of website quality on customer satisfaction and eWOM in online purchase intention: The moderating role of gender in risk-taking. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.945707
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Sarwono, J., & Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square (PLS SEM). Penerbit ANDI.
Setiawan, Z. (2016). Informasi SS, Pusat J, Studi P, Informatika M, Pusat (XII).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1). https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Wijaya Kesuma Dewi, S., & Oktalia Utami, B. (2019). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA FITUR COD (CASH ON DELIVERY). In Jurnal Sain Manajemen (Vol. 3, Issue 2).
Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36216
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DE_Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten