PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.1266Keywords:
Pengembangan LKPD, Project Based Learning, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tahapan pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning; kelayakan LKPD Berbasis Project Based Learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pembelajaran (Guru); 3) penilaian peserta didik terhadap LKPD Berbasis Project Based Learning; dan 4) peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VI SDN Pejaten Timur 15 Pagi sesudah penggunaan LKPD Berbasis Project Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4 D. Penilaian kelayakan LKPD dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/ kuesioner. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tahap pengembangan 4 D menghasilkan produk berupa LKPD Berbasis Project Based Learning yang layak digunakan; 2) penilaian kelayakan LKPD Berbasis Project Based Learning menghasilkan skor dari ahli materi sebesar 92,9% (Sangat Layak), dari ahli media 95,5% (Sangat Layak), dari ahli bahasa sebesar 95,8% (Sangat Layak), dan dari praktisi pembelajaran sebesar 98,1% (Sangat Layak); 3) uji coba lapangan diperoleh skor 74,7 (Sangat Tinggi), dan 4) peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan LKPD dari nilai rata-rata 66,1 menjadi nilai rata-rata 84,8.
Downloads
References
Aprianti, N. P. C. D., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10738
Cahyani, N., & Prapanca, A. (2021). Efektivitas Blended Learning Dengan Model Student Centered Menggunakan Media Project Management System Berdasarkan Lembar Kerja Siswa Di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 685–692. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/41616
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari motivasi berprestasi siswa kelas iv sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201–212. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.4090
Fitz, A. I., Murtini, W., & Schuller, G. (2022). A Project-based Learning Model to Improve Learning Outcomes for 8th Grade 4 Satap Kismantoro Wonogiri Students. Journal of Research in Vocational Education, 4(10). https://doi.org/10.53469/jrve.2022.04(10).04
Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi stem untuk mengingkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. https://doi.org/Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018).
Irdalisa, I., Amirullah, G., Hanum, E., Elvianasti, M., & Maesaroh, M. (2023). Developing STEAM-based Students’ Worksheet with the Ecoprint Technique in Biology Subject. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(1), 132. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.6775
Irdalisa, I., Elvianasti, M., Maesaroh, M., Yarza, H. N., & Fuadi, T. M. (2021). Improving Student’s Curiosity by ICT-Assisted Guided Inquiry Models. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 156–163. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.402
Khairunnisa, S. A., Dayu, D. P. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1166–1185. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1058
Lestari, T. P., Sarwi, S., & Sumarti, S. S. (2018). STEM-based Project Based Learning model to increase science process and creative thinking skills of 5th grade. Journal of Primary Education, 7(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v7i1.21382
Mahardika Arsa Putra, G. Y., & Tri Agustiana, I. G. A. (2021). ELKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Meristin, A. (2022). Lembar Kerja Laboratorium Berbasis Proyek Pembuatan Koloid dengan Pemanfaatan Daun Cincau Perdu (Premna Oblongifolia). Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 160–170. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i2.15015
Musa Azhari, B., Alifia Puteri, H., Azizah, I., Kamila, N., Azifatun Nazwa, H., & Andriatna, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 250. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1058
Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, Y. (2018). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School through STEM Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357
Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application of Project Based Learning Model for Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4090
Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 155–163. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.47031
Putri, D. Y. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Pengembangan Model Learning Cycle 7e Setting Peer Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 238. https://doi.org/10.17977/um019v7i1p238-245
Putri, Y. P., & Supatmo, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CUKIL HARDBOARD PADA KELAS IX SMP NEGERI 1 BAWEN. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(3), 70–92. https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i3.40511
Ramadhani, W. N., Putra, P. D. A., & Novenda, I. L. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) PADA TOPIK PEMANASAN GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062
Ratnawati, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII MTs Madani Alauddin. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/16107
Sholeh, A., & Fahrurozi, F. (2021). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1743–1753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022
Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Model Panyabungan. ITTIHAD, 5(1).
Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Tematik. Mimbar Ilmu, 26(3), 381. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138
Wahyuni, N., Purwati, D., Karmila, K., Jaenudin, J., & Ikhwan, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Matakuliah Speaking menggunakan “Rawa Mbojo” untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5271–5277. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1265
Widiastuti, D. A. (2021). Peranan Model Pembelajaran berbasis Proyek dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPS SMPN 4 Pangalengan. Pelita Bumi Pertiwi, 2(02), 55–69. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpbp/article/view/129
Wulandari, K., & Cintamulya, I. (2022). Validitas LKS Elektronik dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 yang Berorientasi Problem Based Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 159–172. https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3894
Yulianti, I., Supriadi, N., & Dinda Pratiwi, D. (2021). ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(2), 200–211. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i2.3256
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten