GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI INOVASI MANAJEMEN KELAS DIGITAL: STUDI EKSPLORASI PADA GURU-GURU DI MTSN 2 AGAM

Authors

  • Agus Salim Zakir Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Supratman Supratman Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Yusri Yaldi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Lalu Sayuti Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1358

Keywords:

Google Classroom, Classroom Management Innovat.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi di era digital berdampak pada setiap aspek kehidupan manusia. Inovasi teknologi terus dikembangkan untuk membuat pekerjaan semakin mudah. Inovasi Pembelajaran membantu siswa merancang, mengelola, dan melaksanakan pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan manfaat Google Classroom dalam mengembangkan kreativitas calon pendidik ketika merancang pembelajaran berbasis digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan bersifat studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan Google Classroom sebagai inovasi dalam manajemen kelas digital di MTsN 2 Agam. Studi ini berfokus pada pemahaman guru-guru terhadap Google Classroom, pengalaman mereka dalam mengimplementasikan platform ini, serta persepsi mereka tentang efektivitas dan tantangan dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classroom efektif dalam meningkatkan akses dan perhatian Siswa terhadap pembelajaran, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui Google Classroom. Jadikan Siswa menjadi pembelajar aktif, sebagai Alat Digital, ini memberikan umpan balik yang berarti bagi Siswa dan Guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 30 times

References

A. Collins & Halverson R. 2009. Rethinking Education In The Age Of Technology: The Digital Revolution And Schooling In America. New York: Teacher College Press,.

Aswan Zain, Syaiful Djamarah Bahr. 2006. Strategi Belajar Mengajar,. Jakarta : PT. Rineka Cipta,.

Asy-Syuyuthi, Jalaluddin & Jalaluddin Muhammad Ibn Ahmad Al-Mahalliy. 2009. Terj. Tafsir Jalalain,. Tasikmalaya: Pustaka Al-Hidayah,.

Evi Aulia Rachma, Ratna Nurdiana, and Abdul Ghofur. 2020. “The Effect of the Implementation of Google Classroom Digital Media for the Easy of Teachers in Assessing Learning Outcomes.” Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 2 (2): 119–25. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i2.37.

Febriani, Eka Asih, Kokom Komalasari, Elly Malihah, Delmira Syafrini, Reno Fernandes, Lia Amelia, Khairul Fahmi, et al. 2022. “Digital Press Social Sciences and Humanities Utilization of Google Classroom in Developing Student Creativity in Designing Digital-Based Learning Utilization of Google Classroom in Developing Student Creativity in Designing Digital-Based Learning.”

Katili, Funixman, Rikardo Butar-Butar, Daniel Agustin, and Candra Gunawan Marisi. 2018. “Model Pembelajaran Blended Learning Dan Google Classroom Dalam Mengefektifkan Proses Belajar Mengajar Di Era Revolusi Industri 4.0.” Real Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3 (2): 65–72.

Khoiriyah, Nurul ., and Anni Holila Pulungan. 2022. “The Effectiveness of Google Classroom in Learning.” Linguistik Terapan 19 (1): 40. https://doi.org/10.24114/lt.v19i1.34327.

Lestari, Siti, and Marhamah Marhamah. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Online.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 9 (2): 146–54. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.37057.

Maharani, N., & Kartini, K. S. n.d. “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.” Pendipa : Jurnal Pendidikan Sains, Universitas Bengkulu, 3(3), 167–173. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2), 30–36. https://doi.org/http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. n.d. “Keefektifan Virtual Class Dengan Google Classroom Dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19.” JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669.

Rahmat Hidayat, Rustam, Amiruddin Siahaan. 2016. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam,. Medan : CV. LPPPI Press,.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. n.d. “No TitleManajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–312. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Salman Rusdie. 2020. Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas,. Surabaya : Reality Publisher.

Published

2024-09-18

How to Cite

Zakir, A. S., Supratman, S., Yaldi, Y. ., & Sayuti, L. . (2024). GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI INOVASI MANAJEMEN KELAS DIGITAL: STUDI EKSPLORASI PADA GURU-GURU DI MTSN 2 AGAM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 841–848. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1358