PENGARUH SCHOOL WELL-BEING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1398Kata Kunci:
Pengaruh, School Well-Being, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Berbagai tantangan dan perubahan besar sedang dihadapi oleh sistem pendidikan tingkat SMK di Indonesia. Tuntutan dunia kerja dan industri tidak sepenuhnya dipenuhi oleh kurikulum SMK di Indonesia. Jumlah pengangguran di antara lulusan SMK menjadi cukup besar sebagai akibatnya. Apakah School Well-Being mempengaruhi hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Tondano atau tidak adalah tujuan dari penelitian ini. Metode survei digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Kuesioner dan tinjauan dokumen digunakan dalam pengumpulan data. Sebanyak 78 siswa dijadikan sampel pada penelitian ini. Korelasi Product Moment dan analisis regresi diterapkan dalam teknik analisis data. Diketahui dari hasil analisis product moment bahwa nilai rhitung lebih besar daripada rtabel yaitu 0,900 > 0,2227. Diketahui bahwa arah hubungan positif diindikasikan oleh koefisien korelasi sebesar 0,900. Model persamaan regresi diperoleh dari hasil analisis regresi, yaitu . Sehingga siswa dengan school well-being bagus juga memiliki hasil belajar bagus juga ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,850, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai thitung sebesar 17,952 > ttabel sebesar 1,668. Penelitian ini menyimpulkan bahwa School Well-Being memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Tondano.
Unduhan
Referensi
Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 76–86. http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/17/16
Fadhliana, & et al. (2023). Analisis Nilai-Nilai Motivasi Belajar Pada Buku Siswa Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Journal of Educational and Language Research, 2, 911–924. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/4796/3546
Ikhwani, M. I., Ade, F. S., & Okfrima, R. (2023). School Well-Being dengan Motivasi Belajar Siswa Administrasi Perkantoran Kelas XI SMKN 3 Padang. Psyche 165 Journal, 16(2), 72–78. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i2.231
Kekasih, A., & Affandi, G. R. (2024). Hubungan antara School Well Being dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMKN Prigen. 1, 14–23.
Khatimah, H. (2015). Gambaran School Well-Being pada Peserta Didik Program Kelas Akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485
Konu, A., Alanen, E., Lintonen, T., & Rimpelä, M. (2002). Factor structure of the School Well-being Model. Health Education Research, 17(6), 732–742. https://doi.org/10.1093/her/17.6.732
Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79
MARTINA. (2019). PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQHI DI KELAS V11 MTs DDI KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDRAP. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.
Mbado, Y. F., Gustaf, R., & Ama, T. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH : STUDI KASUS SCHOOL WELL BEING SISWA SMP DIDAERAH 3T ( TERLUAR , TERPENCIL TERDEPAN ) Universitas Cendekia Mitra Indonesia. 5(1), 283–293.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
O’Brien, M. (2008). Well-Being and Post-Primary Schooling: A review of the literature and research. NCCA Research Report, 6, 1–226. http://www.ncca.ie/en/Publications/Reports/Well-being_and_Post-PrimarySchooling_A_review_of_the_literature_and_research.pdf
Oktia, V. (2022). Pengaruh Academic Burnout dan Academic Engagament Terhadap School Well-Being Santri Pesantren. Nusantara Journal of Behavioral and Social Sciences, 1(3), 89–94. https://doi.org/10.47679/202213
Rachmah, E. V. A. N. U. R. (2016). Pengaruh School Well Being Terhadap Motivasi. Psikosains, 11(2), 99–108.
Wulandari, S., & Rahma, I. (2021). Efektivitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring Sri Wulandari, Indah Fitria Rahma. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Zakiyah, Z. (2020). Hubungan Antara Subjective Well-Being Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Nuraida Islamic Boarding School (Nibs) Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2760
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten