PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI SDN 9 PATOKAN TAHUN AJARAN 2023-2024
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1406Keywords:
Learning Model, Learning Outcomes, Class V StudentsAbstract
Permasalahan bahwa guru dalam mengajar menggunakan buku teks dan metode ceramah, sehingga siswa mengalami kejenuhan dalam belajar matematika. Kondisi yang demikian berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun, sehingga peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning dapat membantu minat siswa dalam belajar. Dimana minat siswa merupakan salah satu syarat penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Keberhasilan dalam suatu pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil test, tetapi dapat terlihat jika siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 9 Patokan pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar semester genap tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian terhadap hasil belajar siswa dengan rumus P = x 100% maka dapat dilihat persentase siswa yang telah tuntas belajar sebesar 88,23%, dibandingkan dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan yang hanya sebesar 52,94%. Dengan demikian dapat diinterpretasikan dari hasil perhitungan sebagaimana di atas adalah ada efektivitas penggunaan metode Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 9 Patokan pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar semester ganjil tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: Rineka cipta.
Dirgantoro, A. (2015). PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA MENGHADAPI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 1–7.
Email, W. T., Yang, T., Esa, M., No, I. U. U., Nasional, S. P., No, P. P., & Pendidikan, S. N. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. JURNAL PENDIDIKAN: Riset & KonseptuaL, 2(3), 320–325.
Jatining, Y. (2010). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN PANGKAT DAN AKAR PANGKAT DUA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMEKAR 08 KECAMATAN SEMBORO. Pancaran Pendidikan, 4(1).
Kusnandi. (2017). MODEL INOVASI PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI IMPLEMENTASI KONSEP “DARE TO BE DIFFERENT.” Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144.
Manam, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Buzz Disertai Media Lidi Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 024 Rambah Tahun Pelajaran 2016/2017. Indonesian Journal of Basic Education, 2(2).
Mawati, Y. T. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 90/Ii Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1).
Meidawati, Y. (2014). Influence Of Supervised Instructional Enquiry Approach On Mathematical Problem Solving Ability Of Junior High School Students Yenny. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 1–10.
Nasution, T., Khoiri, N., Firmani, D. W., & Rozi, M. F. (2022). Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia dan Singapura Toniikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1847–1859.
Prananda, G. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningk atan Keterampilan Berpik ir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sek olah Dasar. In Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2).
Yahya, I. H. M., & Mahande, I. R. D. (2023). Belajar dan Pembelajaran Kejuruan. In Indonesia Emas Group.
Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 53–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten