PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMBENTUKAN JIWA NASIONALISME SISWA MTS KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.349Keywords:
Tiktok, Jiwa Nasionalisme, SiswaAbstract
TikTok adalah platform media sosial yang kerap digunakan oleh pelajar untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, dan berinteraksi dengan dunia luar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini responden yang diteliti untuk penelitian ini berjumlah 30 responden. Penlitian ini bertujuan untuk mengamati secara langsung aktivitas siswa terkait penggunaan tiktok terhadap pembentukan jiwa nasionalisme siswa di sekolah Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Uinsu Medan. Hasil penelitian menunjukkan parameter Setuju pada setiap pernyataan menjadi pilihan paling banyak, hal ini dapat dikatakan bahwa konten Tiktok memiliki dampak positif dalam membangun jiwa Nasionalisme Siswa.
Downloads
References
Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 6(2), 74–83. Https://Doi.Org/10.24252/Sosioreligius.V6i2.27617
Aldila Safitri, A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial Pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri Melalui Tiktok Terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i1.180
Anggaratni G, W., & Sulistiadi, W. (2022). Inovasi Sosial Media Dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(8), 908–914. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i8.2520
Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023a). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 346–352. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58401/Dirasah.V6i2.923
Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023b). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Dirasah : Jurnal, 6(2), 346–352.
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review And Research, 1(2), 86. Https://Doi.Org/10.26737/Jerr.V1i2.1675
Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675–1682. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1156
Astuti, C. N. (2021). Hubungan Kepribadian Neurotisme Dengan Fear Of Missing Out Pada Remaja Pengguna Aktif Media Sosial. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2). Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/21468
Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa Ma Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421–432. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V4i3.1977
Aubryla, H., & Ratnawati, V. (2023). Strategi Mengelola Penggunaan Tiktok Agar Tidak Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 611–621.
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Konstelasi: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). Https://Doi.Org/10.24002/Konstelasi.V2i1.5272
Habibah, I. H., & Putri, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar (Analisis Siswa Smk Muhammadiyah Sekampung Dan Man 1 Metro). Jsp: Jurnal Social Pedagogy (Journal Of Social Science Education), 4(1), 91–104.
Haq, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226. Https://Doi.Org/10.26740/Abdi.V8i2.21157
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 3(1), 112–119. Https://Doi.Org/10.37850/Ibtida.V3i1.300
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2972
Kusumawardhani, E., & Sari, D. S. (2021). Gelombang Pop Culture Tik-Tok: Studi Kasus Amerika Serikat, Jepang, India Dan Indonesia. Padjadjaran Journal Of International Relations, 3(1). Https://Doi.Org/10.24198/Padjir.V3i1.27758
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Ilmiah Society, 1(1), 1–10.
Muh. Umran, L. O., La Ode Herman, La Iba, Joko, Rajab, M., & Rasyid, M. R. R. (2023). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Sarana Proses Pembelajaran Pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–66. Https://Doi.Org/10.52423/Kongga.V1i2.17
Muhammad Lutfi, P. L. (2021). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri 24 Malang. Sosiolium, 3(7). Https://Doi.Org/10.17977/Um065.V4.I7.2024.2
Mutiaz, I. R. (2019). Konstruksi Realitas Simbolik Generasi Milenial Melalui Tema Fantasi Selebgram Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 18(1). Https://Doi.Org/10.5614/Sostek.Itbj.2019.18.1.9
Nu’man, A., Rahmawati, I., Zubaidi, A., Ainul, A., & Dewi, H. R. (2022). Improving Verbal Linguistic Intelligence In Early Childhood Through The Use Of Tiktok Media. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2316–2324.
Puspitasari, A. C. D. D. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta Pgri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1127–1134. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i3.1317
Putri, P. D. D., Lestari, B. A. H., & Ridhawati, R. (2024). The Influence Of Financial Literacy, Pocket Money, And Lifestyle On The Financial Behavior Of College Students Who Use Online Shopping Platforms. International Journal Of Asian Business And Management, 3(1), 59–76. Https://Doi.Org/10.55927/Ijabm.V3i1.7774
Rahmawati, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 3(2), 33–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33627/Gg.V3i2.497
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Of Science And Social Research, 3(1), 73–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54314/Jssr.V3i1.430
Silvia, N., & Ropida, I. (2022). Karakter Peduli Sosial: Pengaruh Aplikasi “Tik Tok” Padapeserta Didik Kelas V A Sd. Journal Of Basic Education Research, 3(1), 16–22. Https://Doi.Org/10.37251/Jber.V3i1.203
Sudarto, S., Amin, M., & Suriana, S. (2024). Pengaruh Media Smart Box Terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 216 Talungeng. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(10), 757–764.
Tambunan, M. S., & Simbolon, H. (2024). Pengaruh Self Image Terhadap Self Disclosure Pada Pengguna Instagram Dan Tiktok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2189–2202. Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V4i1.8150
Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i4.27068
Xiuwen, Z., & Razali, A. B. (2021). An Overview Of The Utilization Of Tiktok To Improve Oral English Communication Competence Among Efl Undergraduate Students. Universal Journal Of Educational Research, 9(7), 1439–1451.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten