PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMBENTUKAN JIWA NASIONALISME SISWA MTS KELAS VIII

Authors

  • Grace Jessica Nadeak Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Parlaungan Gabriel Siahaan Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Novridah Reanti Purba Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Naufal Mahendra Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Daniel Tarigan Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Ribi Zuhriah San Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Sulvin Kurnia Gulo Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Najwa Athifah Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.349

Keywords:

Tiktok, Jiwa Nasionalisme, Siswa

Abstract

TikTok adalah platform media sosial yang kerap digunakan oleh pelajar untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, dan berinteraksi dengan dunia luar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini responden yang diteliti untuk penelitian ini berjumlah 30 responden. Penlitian ini bertujuan untuk mengamati secara langsung aktivitas siswa terkait penggunaan tiktok terhadap pembentukan jiwa nasionalisme siswa di sekolah Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Uinsu Medan. Hasil penelitian menunjukkan parameter Setuju pada setiap pernyataan menjadi pilihan paling banyak, hal ini dapat dikatakan bahwa konten Tiktok memiliki dampak positif dalam membangun jiwa Nasionalisme Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Grace Jessica Nadeak, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Parlaungan Gabriel Siahaan, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Novridah Reanti Purba, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Naufal Mahendra, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Daniel Tarigan, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Ribi Zuhriah San, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Sulvin Kurnia Gulo, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Najwa Athifah, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 6(2), 74–83. Https://Doi.Org/10.24252/Sosioreligius.V6i2.27617

Aldila Safitri, A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial Pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri Melalui Tiktok Terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i1.180

Anggaratni G, W., & Sulistiadi, W. (2022). Inovasi Sosial Media Dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(8), 908–914. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i8.2520

Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023a). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 346–352. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58401/Dirasah.V6i2.923

Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023b). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Dirasah : Jurnal, 6(2), 346–352.

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal Of Educational Review And Research, 1(2), 86. Https://Doi.Org/10.26737/Jerr.V1i2.1675

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675–1682. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1156

Astuti, C. N. (2021). Hubungan Kepribadian Neurotisme Dengan Fear Of Missing Out Pada Remaja Pengguna Aktif Media Sosial. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2). Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/21468

Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa Ma Miftahul Ishlah Tembelok. Islamika, 4(3), 421–432. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V4i3.1977

Aubryla, H., & Ratnawati, V. (2023). Strategi Mengelola Penggunaan Tiktok Agar Tidak Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa. Prosiding Semdikjar (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 611–621.

Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Konstelasi: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). Https://Doi.Org/10.24002/Konstelasi.V2i1.5272

Habibah, I. H., & Putri, M. R. (2023). Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar (Analisis Siswa Smk Muhammadiyah Sekampung Dan Man 1 Metro). Jsp: Jurnal Social Pedagogy (Journal Of Social Science Education), 4(1), 91–104.

Haq, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226. Https://Doi.Org/10.26740/Abdi.V8i2.21157

Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 3(1), 112–119. Https://Doi.Org/10.37850/Ibtida.V3i1.300

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2972

Kusumawardhani, E., & Sari, D. S. (2021). Gelombang Pop Culture Tik-Tok: Studi Kasus Amerika Serikat, Jepang, India Dan Indonesia. Padjadjaran Journal Of International Relations, 3(1). Https://Doi.Org/10.24198/Padjir.V3i1.27758

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Muh. Umran, L. O., La Ode Herman, La Iba, Joko, Rajab, M., & Rasyid, M. R. R. (2023). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Sarana Proses Pembelajaran Pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–66. Https://Doi.Org/10.52423/Kongga.V1i2.17

Muhammad Lutfi, P. L. (2021). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri 24 Malang. Sosiolium, 3(7). Https://Doi.Org/10.17977/Um065.V4.I7.2024.2

Mutiaz, I. R. (2019). Konstruksi Realitas Simbolik Generasi Milenial Melalui Tema Fantasi Selebgram Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 18(1). Https://Doi.Org/10.5614/Sostek.Itbj.2019.18.1.9

Nu’man, A., Rahmawati, I., Zubaidi, A., Ainul, A., & Dewi, H. R. (2022). Improving Verbal Linguistic Intelligence In Early Childhood Through The Use Of Tiktok Media. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2316–2324.

Puspitasari, A. C. D. D. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta Pgri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1127–1134. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i3.1317

Putri, P. D. D., Lestari, B. A. H., & Ridhawati, R. (2024). The Influence Of Financial Literacy, Pocket Money, And Lifestyle On The Financial Behavior Of College Students Who Use Online Shopping Platforms. International Journal Of Asian Business And Management, 3(1), 59–76. Https://Doi.Org/10.55927/Ijabm.V3i1.7774

Rahmawati, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 3(2), 33–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33627/Gg.V3i2.497

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Of Science And Social Research, 3(1), 73–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54314/Jssr.V3i1.430

Silvia, N., & Ropida, I. (2022). Karakter Peduli Sosial: Pengaruh Aplikasi “Tik Tok” Padapeserta Didik Kelas V A Sd. Journal Of Basic Education Research, 3(1), 16–22. Https://Doi.Org/10.37251/Jber.V3i1.203

Sudarto, S., Amin, M., & Suriana, S. (2024). Pengaruh Media Smart Box Terhadap Hasil Belajar Ipas Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 216 Talungeng. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(10), 757–764.

Tambunan, M. S., & Simbolon, H. (2024). Pengaruh Self Image Terhadap Self Disclosure Pada Pengguna Instagram Dan Tiktok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2189–2202. Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V4i1.8150

Tawaang, F., & Mudjiyanto, B. (2021). Mencegah Radikalisme Melalui Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i4.27068

Xiuwen, Z., & Razali, A. B. (2021). An Overview Of The Utilization Of Tiktok To Improve Oral English Communication Competence Among Efl Undergraduate Students. Universal Journal Of Educational Research, 9(7), 1439–1451.

Published

2024-12-23

How to Cite

Nadeak, G. J., Siahaan, P. G. ., Purba, N. R. ., Mahendra, N. ., Tarigan, D. ., San, R. Z. ., … Athifah, N. . (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMBENTUKAN JIWA NASIONALISME SISWA MTS KELAS VIII. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.349

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.